Kulkas Pintar IoT: Apa Bedanya dengan Kulkas Biasa?

Konsep digitalisasi menginternalisasi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, terlebih dengan adanya kulkas pintar IoT atau smart fridge. Pada dasarnya, fungsi kulkas pintar ini sama dengan kulkas pada umumnya yaitu sebagai pendingin ruangan.

Akan tetapi, perpaduan antara kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan internet of things (IoT) membuatnya berbeda dari kulkas biasanya.

Lantas, apa bedanya kulkas pintar IoT dengan kulkas biasa? Bagaimana caranya kerjanya? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, mari simak pembahasannya pada artikel di bawah ini!

Mengenal Kulkas Pintar IoT

Kulkas pintar IoT adalah jenis kulkas yang memadukan teknologi internet of things untuk mewujudkan konsep smart home di rumah Anda. Internet of things itu sendiri adalah sebuah program komputer yang bekerja dengan mengirim dan mengolah data melalui jaringan tanpa perangkat.

IoT bisa bekerja berkat gabungan beberapa unsur, seperti artificial intelligence (AI), sensor, konektivitas, dan active engagement. Dengan teknologi IoT ini, kulkas pintar menawarkan fitur-fitur canggih yang bisa diakses dengan konektivitas internet.

Teknologi yang terhubung dengan internet ini memungkinkan Anda untuk mengakses informasi dan fitur yang ada di kulkas melalui smartphone atau gadget. Dengan mengunduh aplikasi yang telah tersedia dari merek kulkas tersebut, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan mudah dengan 1 kali klik saja.

Cara Kerja Kulkas Pintar

Lantas, bagaimana cara kerja kulkas pintar IoT itu sendiri? Sederhananya, kulkas pintar ditanamkan sistem operasi atau operating system (OS). OS ini umumnya diimplementasikan pada gadget atau smartphone.

Dengan kata lain, OS ini lah yang bekerja untuk mengatur sumber daya sehingga perintah yang diberikan oleh Anda (pengguna) bisa terlaksana. Dalam sistem operasi ini, terdapat beberapa unsur IoT yang diterapkan.

Pada dasarnya, sistem operasi bekerja layaknya manusia dengan menggabungkan teknologi AI. Dalam AI, segala informasi berupa data dan jaringan dikumpulkan menjadi satu. Kemudian, informasi tersebut diolah untuk menjalankan perintah yang diminta.

Misalnya, Anda ingin mengecek ketersediaan air dalam kulkas. Biasanya, Anda harus membuka kulkas terlebih dahulu dan mengecek apakah air yang tersisa masih cukup atau tidak.

Namun, pada kulkas pintar IoT, Anda bisa langsung mengeceknya dengan menyentuh layar sentuh yang ada di bagian luar. Informasi mengenai ketersediaan air akan muncul sehingga memudahkan Anda untuk memeriksanya.

Tidak hanya itu saja, konektivitas internet pun menjadi aspek yang berperan penting dalam berjalannya sistem operasi smart fridge. Dari konektivitas ini, Anda bisa mengakses informasi seputar ketersediaan bahan makanan dalam kulkas melalui aplikasi yang sudah terhubung.

Perbedaan Kulkas Pintar (Smart Refrigerator) dengan Kulkas Biasa

Agar Anda memiliki gambaran lebih jelas, berikut ada beberapa perbedaan kulkas pintar (smart refrigerator) dengan kulkas biasa pada umumnya:

1. Tampilan Kulkas

Dari segi tampilan, kulkas pintar dilengkapi dengan layar sentuh yang berada di bagian pintu. Layar sentuh tersebut berfungsi untuk melihat informasi dalam kulkas, berupa suhu dan kelembaban ruangan, ketersediaan produk dalam kulkas, daftar belanjaan yang harus dibeli, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, kulkas biasa tidak memiliki layar sentuh. Dengan kata lain, pemeriksaan suhu dan kelembaban ruangan serta pengecekan ketersediaan produk harus dilakukan secara manual.

2. Fitur yang Tersedia

Salah satu tips memilih dan membeli kulkas adalah memperhatikan fitur yang tersedia. Fitur menjadi aspek pembeda utama mengenai fungsi sebuah kulkas biasa dan kulkas pintar.

Fitur pada kulkas biasa umumnya tidak banyak dan hanya berpusat pada kecanggihan kompresor dan pengatur suhu ruangan. Akan tetapi, kulkas pintar menyediakan beberapa fitur canggih, seperti:

  • Fitur notifikasi isi kulkas: Fitur ini berfungsi untuk menampilkan ketersediaan produk makanan yang ada dalam kulkas;
  • Fitur pengingat: Fitur pengingat berfungsi untuk menampilkan informasi jadwal pembelian bahan-bahan rumah tangga setiap bulannya. Selain itu, fitur ini juga bisa berfungsi sebagai pengingat produk yang akan kedaluwarsa.
  • Fitur kamera internal: Fitur ini berfungsi agar Anda bisa mengecek kondisi dalam kulkas secara langsung tanpa harus membukanya. Jadi, Anda dapat mengaksesnya dari jarak jauh selama sudah terhubung dengan aplikasi dan jaringan internet.

3. Pengaturan Suhu Kulkas

Pada dasarnya, fitur umum yang tersedia baik pada kulkas pintar maupun kulkas biasa adalah fitur pengaturan suhu. Akan tetapi, kulkas biasa tidak menawarkan pengaturan suhu otomatis. Jadi, Anda perlu mengatur dan mengeceknya secara berkala agar suhu dan kelembaban ruangan tetap terjaga.

Sementara itu, kulkas pintar memiliki sistem pengatur suhu dan kelembaban otomatis guna menjaga kesegaran produk di dalamnya. Hampir sama dengan kulkas inverter, kompresor pada kulkas inverter memungkinkan suhu ruangan dalam kulkas tetap stabil. Hal ini disebabkan karena fungsi inverter pada kulkas tersebutlah yang menjadikan kompresor tetap aktif.

4. Kepekaan Sensor

Pada kulkas biasa, sensor lampu dalam kulkas biasanya akan mati dan menyala secara otomatis. Jika pintu dibuka, lampu akan menyala dan begitu pun sebaliknya.

Sementara itu, pada kulkas pintar, sensor tidak hanya diterapkan untuk lampu saja. Kulkas pintar memungkinkan Anda untuk membuka dan menutup pintu secara otomatis berkat adanya sensor.

Kelebihan adanya sensor pada kulkas pintar dari kulkas biasa adalah Anda tidak perlu khawatir produk di dalamnya tidak segar akibat pintu tidak tertutup rapat. Dengan sensitivitas sensor yang tinggi, pintu kulkas pintar akan menutup otomatis jika Anda tidak sengaja menutupnya dengan tidak rapat.

Kulkas Multi Door AQR-CTD746RAG dengan Fitur IoT untuk Smart Home Anda




Dari penjelasan di atas, apakah Anda jadi tertarik untuk menggunakan kulkas pintar IoT? Jenis kulkas ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan sehingga jarang beraktivitas di rumah.

Jika menggunakan kulkas biasa, Anda tentu akan kesulitan untuk mengecek produk apa saja yang sudah habis, bahan makanan yang akan kedaluwarsa, hingga mengingat kapan terakhir belanja bahan kebutuhan rumah bulanan. Dengan kulkas pintar, Anda bisa melakukan aktivitas-aktivitas di atas dengan mudah berkat adanya fitur smart WiFi yang terhubung dengan aplikasi kulkas. Jadi, Anda tidak akan takut lupa belanja stok makanan di kulkas meskipun sedang sangat sibuk.

Salah satu produk smart fridge dengan fitur IoT canggih yang bisa Anda coba adalah Kulkas Multidoor AQR-CTD746RAG. Produk ini menawarkan sejumlah keunggulan seperti yang sudah disebutkan di atas. Ditambah lagi dengan adanya teknologi fresher field, bahan makanan Anda akan terjamin kesegarannya.

Selain itu, kulkas keluaran AQUA Elektronik ini juga dilengkapi dengan sistem Twin Inverter. Twin inverter berfungsi untuk mengurangi kebisingan dan menghemat energi. Jadi, Anda tidak perlu terganggu lagi dengan suara kulkas yang cukup bising seperti pada kulkas biasa.

Itulah beberapa pembahasan seputar kulkas pintar IoT mulai dari pengertian, cara kerja, hingga perbedaannya dengan kulkas biasa. Manfaatkan fitur dan kecanggihan sistem operasi pada smart fridge untuk wujudkan konsep smart home yang Anda idamkan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003