Mengenal Teknologi Heat Pump dan Cara Kerjanya pada Mesin Cuci

Pada era modern sekarang ini, mesin cuci sudah seperti menjadi kebutuhan dalam rumah tangga karena mempermudah proses pencucian pakaian. Ditambah dengan fitur-fitur canggih yang ada pada mesin untuk membantu pencucian lebih cepat dan lebih hemat.

Pada dasarnya, mesin cuci menggunakan pemanas untuk mencuci dan mengeringkan pakaian lebih cepat. Namun, ternyata pemanas konvensional tersebut berpotensi lebih cepat merusak pakaian dan boros enegeri. Dari permasalahan tersebutlah hadir teknologi heat pump pada mesin cuci.

Lantas, apa itu teknologi heat pump? Bagaimana cara kerjanya? Apa fungsi dan manfaatnya bagi mesin cuci? Mari cari tahu jawabannya pada pembahasan artikel di bawah ini!

Apa Itu Heat Pump pada Mesin Cuci

Heat pump adalah salah satu teknologi pada mesin cuci untuk menghantarkan panas dengan cara memindahkannya dari satu tempat ke tempat lainnya.

Tidak seperti sistem konvensional yang mengalirkan panas dari satu tempat secara langsung tanpa perantara terlebih dahulu. Untuk memindahkan aliran panas ini, heat pump menggunakan sistem aliran termal yang mencakup proses penguapan, pemampatan, kondensasi, dan ekspansi.

Fungsi Heat Pump pada Mesin Cuci

Heat pump pada mesin cuci sendiri memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

1. Efisiensi Energi

Fungsi utama dari heat pump adalah mewujudkan konsep efisiensi energi. Efisiensi di sini berkaitan dengan penggunaan daya listrik mesin cuci.

Karena konsep dasar heat pump adalah menghantarkan panas, daya listrik yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Jika dibandingkan dengan mesin cuci biasa, tentunya berbeda karena mesin cuci biasa menghasilkan panas yang membutuhkan energi lebih besar.

Daya listrik yang bisa dihemat bisa mencapai 30% hingga 60%. Jadi, Anda pun akan lebih hemat dari segi pemakaian energi dan pengeluaran pembayaran tagihan.

2. Kurangi Emisi Karbon

Selain hemat energi, ternyata heat pump juga berperan dalam pengurangan emisi karbon. Hal ini disebabkan karena heat pump menggunakan panas dari udara sekitar dan mengalirkannya kembali dari satu tempat ke tempat lain. Berbeda dengan mesin cuci biasa yang menghasilkan panas dan bisa merusak lingkungan sekitar.

3. Memindahkan Panas Ruangan ke Air Cucian

Fungsi heat pump lainnya adalah untuk memindahkan aliran udara panas luar ke media lainnya dan salah satunya adalah air cucian. Tujuan pemindahan ini adalah agar energi bisa digunakan kembali secara maksimal. Pengaliran panas ke air ini melalui siklus kompresi dan dekompresi yang menggunakan perantara.

Cara Kerja Teknologi Heat Pump pada Mesin Cuci

Cara kerja mesin cuci heat pump pada dasarnya hampir sama seperti mesin pada kulkas atau AC (air conditioner). Teknologi ini mengalirkan udara panas yang kemudian akan menjadi dingin dan berlangsung secara berulang.

Udara di sekitar mesin cuci akan ditarik oleh kompresor. Kemudian, udara tersebut akan dikompresi menjadi panas yang lebih tinggi. Setelah itu, udara akan dialirkan ke media air atau media lain untuk didinginkan.

Manfaat Teknologi Heat Pump pada Mesin Cuci

Penerapan teknologi heat pump pada mesin cuci tentu berikan sejumlah manfaat dalam penggunaannya, antara lain:

1. Hemat Listrik

Salah satu kelemahan utama mesin cuci biasa adalah daya listrik yang digunakan terlalu besar karena harus menghasilkan panas. Sebagai solusinya, teknologi heat pump bantu penghematan listrik lebih maksimal.

2. Kurangi Risiko Merusak Pakaian

Pakaian yang terkena panas terus-menerus berisiko cepat mengalami kerusakan. Akan tetapi, teknologi heat pump ternyata memiliki sistem untuk mengesktrak kelembaban dari pakaian. Dengan kata lain, teknologi ini akan bantu untuk menjaga kualitas pakaian Anda.

3. Perawatan Lebih Mudah dan Murah

Sama seperti alat elektronik lainnya, mesin cuci pun perlu dirawat agar lebih tahan lama. Akan tetapi, mesin cuci biasa umumnya sulit dibersihkanendapan di kondensornya.

Berbeda dengan heat pump yang sudah dilengkapi dengan filter berupa serat. Filter ini berfungsi untuk menguraikan dan melindungi gulurangan rumit dari hasil resirkulasi udara.

Dengan teknologi ini, Anda bisa langsung menempelkan selang dan air akan mengalir langsung ke luar lewat floor drain atau wastafel.

4. Mesin Cuci Lebih Awet

Terakhir, teknologi heat pump juga bisa menjaga mesin cuci jadi lebih awet. Ha ini bisa terjadi karena fitur di dalamnya bisa mengurangi tekanan pada komponen lainnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi heat pump memiliki sistem kerja yang berikan sejumlah manfaat bagi mesin cuci. Teknologi ini disinyalir lebih efisien dan hemat energi dibandingkan mesin cuci yang menggunakan mesin pemasan konvensional. Jadi, secara tidak langsung, Anda pun berperan dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fossil berlebih dan mengurangi emisi karbon.

Guna menghindari baju susah kering, Anda bisa menggunakan mesin cuci FQW-1580BS dari AQUA Elektronik. Produk ini sudah dilengkapi dengan teknologi heat pump yang bisa bantu proses pengeringan pakaian jadi lebih cepat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi baju apek ketika musim hujan karena bisa cepat kering kapan pun di cuaca apa pun.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003