7 Efek Samping Jika Suhu AC Terlalu Dingin, Apa Saja?

AC dingin

Hawa panas dari luar memang paling tepat dinikmati dengan menyalakan AC (air conditioner) dalam ruangan. Suhu dingin AC juga akan membuat tidur lebih nyaman pada malam hari.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata ada efek samping jika suhu AC terlalu dingin? Ya, ternyata AC yang terlalu dingin berdampak buruk bagi kesehatan hingga kualitas AC itu sendiri.

Lalu, apa saja efek sampingnya? Apakah ada cara mengatasi AC yang terlalu dingin? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, mari cari tahu jawabannya pada artikel berikut ini!

Efek Samping Jika Suhu AC Terlalu Dingin

Ada beberapa efek samping jika suhu AC terlalu dingin baik bagi kesehatan tubuh maupun kualitas AC, yaitu:

1. Berpengaruh Terhadap Kesehatan Saluran Pernapasan

Berada dalam ruangan ber-AC yang terlalu dingin dalam waktu yang lama ternyata berpengaruh terhadap kesehatan saluran pernapasan dan paru-paru. Pada dasarnya, AC tidak secara langsung akan membuat kesehatan paru-paru Anda terganggu.

Akan tetapi, ketika AC dinyalakan dan terlalu dingin, kelembaban udara dalam ruangan tentunya akan berkurang. Kelembaban udara yang rendah dapat berakibat pada iritasi pernapasan.

Alhasil, produksi lendir dalam saluran pernapasan berkurang sehingga sulit untuk menyaring debu dan virus yang masuk. Itulah mengapa Anda akan berpotensi besar mengalami sakit flu atau batuk ketika berada dalam AC yang terlalu dingin.

2. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Udara yang lembab akibat AC terlalu dingin juga berpengaruh terhadap penurunan sistem kekebalan tubuh. Udara yang terlalu lembab akan membuat mata jadi lebih sensitif dan kering.

Anda mungkin akan mengalami mata berair dan berujung pada sakit seperti flu atau batuk. Terlebih apabila Anda langsung masuk ke ruangan AC yang terlalu dingin setelah dari luar ruangan yang panas.

3. Kulit Kering

Sejatinya, kulit akan terus memproduksi keringat untuk menjaga kelembaban dalam tubuh. Namun, jika Anda terlalu lama berada dalam ruangan AC terlalu dingin, produksi keringat akan berkurang. Hal ini terjadi karena suhu udara rendah dan udara terlalu lembab.

Itulah mengapa kulit akan menjadi lebih kering dan sensitif ketika berada dalam suhu lingkungan yang dingin.

4. Sakit Kepala (Kepala Pusing)

Pernahkah Anda mengalami pusing padahal merasa tubuh fit dan tidak sehabis beraktivitas padat? Bisa saja pusing tersebut diakibatkan oleh AC yang terlalu dingin.

Tubuh dipaksa untuk terus bekerja menyesuaikan suhu lingkungan sehingga berujung pada kontraksi pembuluh darah. Kontraksi inilah yang mengakibatkan sakit kepala, juga tidur pun menjadi kurang berkualitas.

Perlu diingat bahwa efek sakit kepala ini mungkin tidak akan dialami oleh semua orang. Efek ini bisa timbul pada Anda yang sudah lansia atau sedang tidak fit saat berada dalam ruangan ber-AC.

5. Nyeri Sendi

Sensasi kulit tertusuk-tusuk saat terkena udara dingin ternyata merupakan efek samping dari pengaturan suhu AC yang terlalu dingin. Nyeri sendi dan tulang ini bisa terjadi sebagai respons tubuh untuk mempertahankan diri dari suhu yang dingin.

Dilansir dari Alodokter, sensasi nyeri ini muncul akibat adanya pembengkakan jaringan tubuh akibat tekanan udara yang menurun. Alhasil, terjadi desakan ruang sendi yang menimbulkan stimulus nyeri pada otak.

6. Kualitas AC Menurun

Sama seperti alat elektronik lainnya, AC yang tidak diatur ke suhu yang tepat justru akan menurun kualitasnya. Hal ini bisa terjadi karena AC dipaksa bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara yang dingin.

AC Anda berpotensi tidak akan maksimal ketika diatur ke suhu yang tepat. Anda pun perlu rutin melakukan pemeliharaan atau service agar kualitas tidak menurun.

7. Tagihan Listrik Meningkat

Efek samping jika suhu AC terlalu dingin yang terakhir adalah terjadinya peningkatan tagihan listrik. Memang suhu udara yang dihasilkan akan lebih dingin dan maksimal. Akan tetapi, Anda harus membayar tagihan listrik yang lebih mahal.

Pasalnya, AC akan mengeluarkan tenaga yang lebih besar dan menarik listrik yang lebih tinggi pula. Itulah mengapa tagihan Anda berpotensi membengkak.

Cara Mengatasi AC yang Terlalu Dingin

Lantas, bagaimana cara mengatasi AC yang terlalu dingin agar tetap nyaman dan kualitas produk tidak menurun? Mari simak langkah-langkahnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Atur AC ke Suhu Optimal

Suhu AC yang normal dan ideal adalah 22°C s.d. 25°C. Suhu tersebut sudah dianggap standar untuk ruangan Anda.

Ruangan tidak akan menjadi terlalu dingin atau terlalu panas. Dengan kata lain, Anda akan merasakan sensasi sejuk dan nyaman selama berada di dalam ruangan.

AC AQUA AQA KCR19VSW

Suhu AC optimal ini pun bisa diwujudkan dengan penggunaan AC AQA-KCR19VSW dari AQUA Elektronik. Produk ini sudah dilengkapi dengan fitur Eco Sensor yang bisa menyesuaikan suhu AC dengan suhu lingkungan sekitar. Jadi, Anda akan tetap nyaman selama beraktivitas dalam ruangan tanpa perlu khawatir suhu AC akan terlalu dingin.

Tidak hanya itu saja, produk ini pun sudah dilengkapi dengan fitur precise humidity untuk menjaga kelembaban lingkungan melalui teknologi smart dry. Dengan begitu, aliran udara dalam ruangan akan lebih nyaman dan menghindari efek samping dari suhu AC terlalu dingin.

2. Aktifkan Fitur “Auto”

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah menyalakan fitur atau mode “auto” pada remote AC. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam pengaturan suhu yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Ketika ruangan sudah dirasa terlalu dingin, suhu ruangan bisa dinaikkan dengan mengaturnya terlebih dahulu dari fitur “auto”. Setelah beberapa jam atau beberapa waktu, suhu AC akan otomatis meningkat sesuai pengaturan.

3. Nyalakan Mode ‘Swing’ pada AC

Efek samping seperti pusing atau sakit kepala bisa terjadi akibat Anda terpapar semburan angin AC terus menerus dalam waktu yang lama. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyalakan mode “swing” pada remote AC.

Mode “swing” ini akan menggerakan AC secara menyeluruh sehingga semburan angin akan lebih merata ke seluruh ruangan.

Itulah beberapa efek samping jika suhu AC terlalu dingin yang perlu Anda perhatikan. Efek samping tersebut bisa dicegah dengan menerapkan cara mengatasi AC yang terlalu dingin seperti pembahasan di atas.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003