Inilah Cara Mencuci Kain Batik agar Lebih Awet

cara mencuci kain batik

Kain batik membutuhkan perawatan yang tepat supaya warnanya tidak gampang luntur dan bahan kainnya tidak cepat rusak. Biasanya, disarankan mencuci batik menggunakan tangan. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya, sehingga perlu menggunakan mesin cuci demi efisiensi waktu juga tenaga.

Nah, jika Anda memiliki kendala yang sama dan membutuhkan efisiensi waktu, simak cara mencuci batik yang benar berikut. Tetap aman meskipun pakai mesin cuci!

Cara Mencuci Batik yang Benar:

Menerapkan kebiasaan mencuci yang salah apalagi pakai mesin cuci, ternyata dapat merusak kain batik. Di bawah ini kami berikan tips bagaimana cara mencuci batik yang benar agar warnanya tidak luntur dan kainnya tetap lembut. Yuk, disimak!

1. Pisahkan dari bahan pakaian lainnya

Pakaian batik umumnya memiliki corak dan warna yang beragam terkadang mudah luntur atau pudar. Oleh karena itu, untuk mencuci pakaian batik sebaiknya Sobat AQUA harus memisahkannya dengan pakaian lainnya atau Sobat AQUA dapat mengelompokkan kain batik yang memiliki warna senada dalam satu wadah yang sama.

2. Gunakan deterjen khusus kain batik

Dalam prosesnya, mencuci kain batik sebaiknya dilakukan menggunakan deterjen khusus, karena apabila Sobat AQUA menggunakan deterjen biasa, kandungan kimiawi pada deterjen dapat merusak kain dan warna pada batik. Hal ini dapat terjadi karena senyawa kimia deterjen yang keras untuk menghilangkan noda.

3. Hindari menjemur langsung di bawah matahari

Ketika menjemur pakaian batik, hindari menjemur langsung di bawah sinar matahari. Menjemur batik langsung di bawah sinar matahari dapat membuat batik menjadi cepat kering, namun akan membuat warna dan tekstur batik akan rusak. Untuk itu, mengeringkan kain batik cukup di tempat yang teduh atau diangin-anginkan saja.

4. Gunakan Mesin Cuci Top Load dari AQUA Elektronik

Sobat AQUA dapat menggunakan mesin cuci top load dari AQUA Elektronik untuk mencuci pakaian batik. Sobat AQUA tidak perlu khawatir karena proses pencucian akan berlangsung menggunakan perlakuan khusus untuk kain batik, sehingga tidak akan rusak.

Fitur Mesin Cuci Top Load AQUA Elektronik

Kehadiran fitur batik mode serta berbagai fitur tambahan pada mesin cuci top load AQUA Elektronik. Tentunya memberikan kemudahan dan kepraktisan untuk Sobat AQUA dalam mencuci pakaian batik. Berikut fitur unggulan dari mesin cuci top load AQUA Elektronik:

1. DD Inverter

Pada mesin cuci seri AQW-1051678QD terdapat fitur DD Inverter yang membuat lebih sedikit gesekan pada dinamo, serta mengurangi yang kebisingan dihasilkan selama proses pencucian. Tidak hanya itu, proses mencuci yang dilakukan dapat lebih menghemat 30% listrik.

2. Pillow Drum Technology

Desain tabung pada mesin cuci top load AQUA Elektronik telah menggunakan teknologi Pillow Drum, sehingga membuat tabung bagian dalam yang terdiri dari 560 bantalan dan 720 lubang mikro. Tentunya hal ini dapat menjaga dan merawat pakaian agar tidak mengalami gesekan yang berlebihan pada saat proses pencucian.

3. Hand Wash Function

Pulsator dan Tabung berputar berlawanan arah dengan kekuatan arus Air (untuk merawat pakaian).

4. Low Water Pressure

Kebutuhan air pada saat proses mencuci merupakan salah satu hal yang menjadi masalah, terlebih lagi mencuci pada saat kondisi musim kemarau dimana ketersediaan air menjadi sangat minim. Kehadiran fitur low water pressure pada mesin cuci AQUA Elektronik mampu melakukan proses pencucian dengan hanya memerlukan tekanan air yang rendah atau kapasitas air yang sedikit

5. Batik Mode

Fitur mode batik adalah fitur yang dikhususkan untuk pencucian batik, proses pencucian dilakukan dengan lembut dan menyeluruh. Tidak hanya itu, proses pencucian mampu melakukan pembersihan lebih maksimal sekaligus dapat merawat batik.

Itulah, cara mencuci kain batik agar lebih awet. Sobat AQUA Elektronik dapat menggunakan mesin cuci top load dari AQUA Elektronik sebagai pilihan utama untuk mencuci kain batik apabila khawatir kain batiknya akan luntur saat proses pencucian. Dapatkan segera di official store AQUA Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003