Ketahui Cara Merawat Bahan Linen yang Benar Berikut Ini!

Ketahui Cara Merawat Bahan Linen yang Benar Berikut Ini!

Pemanfaatan bahan linen dapat dengan mudah kita temui. Bahan ini pun memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan tujuan pemanfaatannya. Beberapa jenis linen tersebut antara lain jenis linen Damask biasa ditemukan pada gorden, linen Holland untuk ornamen furniture, linen halus dan linen Cambric untuk pakaian, serta linen plain woven untuk handuk atau sapu tangan.

Bahan linen sendiri terbuat dari serat tanaman linen yang biasa disebut serat rami. Nah, seratnya ini mempunyai lapisan lilin nabati yang akhirnya menciptakan kesan kain yang berkilau setelah diproduksi. Karakteristik lain dari bahan ini adalah adem, lembut, serat kain yang tebal, dan juga kuat. Bahkan bahan ini lebih kuat dua hingga tiga kali dari bahan sutra dan katun, lho! Makanya, tak heran jika bahan ini memang disukai sejak dulu.

Cara Merawat Bahan Linen

Untuk menjaganya agar lebih awet, bahan linen tentunya membutuhkan perawatan tersendiri. Nah, biar Anda tak salah dalam merawatnya, berikut kami rangkumkan bagaimana caranya!

    Tidak Mengucek Terlalu Kencang

    Perawatan bahan linen bisa dikatakan gampang gampang susah. Anda bisa menguceknya dengan tangan saja. Namun, Anda tidak bisa menguceknya terlalu kencang. Cukup kucek dengan gerakan pelan saja. Nah, kalau Anda ingin mencucinya di mesin cuci, pastikan mode yang dipakai adalah mode pencucian sedang.

    Hal ini dikarenakan teksturnya yang lembut dan mengkilap. Dengan menguceknya terlalu kencang, dikhawatirkan akan membuatnya mudah rusak dan tampilannya menjadi tidak menarik. Jika terdapat noda membandel di beberapa titik, Anda bisa mengucek noda tersebut terlebih dahulu sebelum memasukkan ke mesin cuci.

    Jangan Gunakan Sembarang Detergen

    Pada proses pencuciannya, Anda wajib menggunakan air hangat dan campurkan dengan detergen. Detergen dengan bahan campuran pemutih harus Anda hindari ketika mencuci pakaian dengan bahan linen ini, ya. Karena kandungan pemutih bisa merusak serat kainnya.

    Hindari Merendam Terlalu Lama

    Kain berbahan linen tak perlu waktu yang lama untuk merendamnya. Setelah direndam beberapa saat, Anda bisa langsung menguceknya dengan pelan, dan menjemurnya dengan kondisi membalik kain. Ini dilakukan agar warna dari kain berbahan linen ini tidak mudah pudar.

    Setrika dari Bagian Dalam

    Bahan linen mempunyai karakter yang mudah lecek dan meninggalkan bekas lipatan dengan mudah. Anda bisa mulai menyetrikanya dari bagian dalam terlebih dahulu baru ke luar. Anda juga bisa menggunakan pelicin pakaian ketika menyetrikanya. Oh iya, pastikan juga Anda menggantungnya di hanger dan tidak dilipat.

    Untuk bahan yang digunakan pada gorden atau ornamen furnitur, Anda bisa melapisinya dengan kain halus diatasnya untuk menghindari kerusakan dari bahan tersebut.

Mesin Cuci AQUA Elektronik Tipe FQW-950BF dan FQW-1050BF Untuk Jaga Kualitas Bahan Linen

Nah, mesin cuci yang bisa mendukung Anda dalam menjaga kualitas bahan linen adalah mesin cuci dari AQUA Elektronik dengan tipe FQW-950BF dan FQW-1050BF. Dengan teknologi mutakhir khas Jepang, kedua mesin cuci ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat menjaga pakaian ataupun sprei berbahan linen.

Fitur andalan dari kedua mesin cuci ini adalah 525 Drum dengan diameter drum yang luas yakni hingga 525 mm! Dengan kemampuannya menampung kapasitas yang besar, Anda tak akan sulit jika mencuci sprei berbahan linen ini. Selain itu, kapasitas yang besar ini tak akan membuat pakaian Anda saling terlilit satu sama lain ketika dicuci. Baju atau sprei yang ada jadi tidak akan terlalu kusut, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan effort lebih ketika menyetrikanya. Dengan begitu, kualitas dari serat bahan linen pun dapat terjaga.

Selain itu, fitur Refresh juga hadir untuk menjaga kelembutan dari kain berbahan linen. Air yang ada nantinya akan dipanaskan pada suhu 60-65 derajat celcius selama 5 menit dan akan diubah menjadi uap kecil. Nah, uap kecil inilah yang akan menembus pakaian untuk melembutkan serta menghilangkan bau. Setelah itu, aliran udara dingin ditugaskan untuk menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk semula, sehingga dapat meminimalkan kerutan. Jadi, bye bye baju lecek!

So, tertarik untuk beralih menggunakan mesin cuci dari AQUA Elektronik untuk merawat kain bahan linen yang Anda miliki? Kunjungi www.aquajapanid.com untuk informasi selengkapnya dan juga tata cara pemesanan!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003