Macam-macam Showcase dan Cara Merawatnya

minum air

Bagi pemilik toko atau penjual makanan, keberadaan showcase tentu sangat membantu. Salah satu jenis pendingin ini berfungsi untuk menampilkan makanan atau minuman. Makanan yang disimpan di showcase biasanya berupa makanan mentah untuk diolah, seperti daging dan sayuran agar tidak mudah busuk. Sementara itu, minuman yang disimpan di showcase biasanya berupa minuman siap saji. Ada macam-macam showcase yang juga bermanfaat untuk menampilkan produk makanan maupun minuman yang dijual.

Pertama-tama, Anda perlu tahu bahwa showcase pendingin berbeda dengan lemari es biasa. Lemari es atau kulkas hanya berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minuman. Di dalam kulkas biasanya terdapat freezer untuk membekukan makanan. Sementara itu, showcase adalah lemari pendingin yang fungsinya antara mendinginkan atau membekukan. Rata-rata showcase memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan kulkas biasa. Tujuannya agar berbagai macam makanan atau minuman dapat masuk ke dalam showcase karena showcase sendiri lebih sering ditemukan di toko swalayan atau toko kelontong biasa.

Showcase juga memiliki pintu kaca agar makanan atau minuman yang ditaruh di dalamnya dapat terlihat dari luar. Hal ini tentu memudahkan pembeli saat hendak memilih minuman. Pembeli tidak perlu membuka pintu showcase terlebih dahulu jika ingin memilih minuman. Pintu showcase atau lemari pendingin biasa yang dibiarkan terlalu lama terbuka akan berpengaruh terhadap makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Dengan adanya pintu kaca, alhasil minuman pun tetap terjaga temperaturnya. Sama seperti lemari es biasa, pinggiran pintu showcase juga diberi karet sehingga pintu dapat dibuka dan ditutup dengan nyaman.

Makanan yang disimpan di dalam showcase akan lebih lama awetnya dibandingkan ketika disimpan di dalam kulkas. Selain makanan beku, showcase juga bisa dipakai untuk menyimpan decoration cake, puding, keju, ikan segar, dan lain-lain.

Mengenal Macam-macam Showcase

Bila Anda berencana membuka usaha toko, warung, atau rumah makan, maka Anda pasti membutuhkan showcase untuk menyimpan minuman dingin yang akan dijual ke pelanggan. Pertanyaannya, showcase jenis apa yang Anda butuhkan? Di pasaran sendiri sudah terdapat macam-macam showcase freezer yang tersedia dan memiliki fungsi yang sedikit berbeda.

Yuk, cari tahu lebih jauh tentang tipe-tipe showcase!

Open Showcase

Showcase pendingin ini fungsinya untuk memajang makanan, sayur, dan buah tetap segar dan tidak cepat busuk atau layu. Ukuran open showcase umumnya lebih besar dibandingkan macam-macam showcase lainnya. Sebagian open showcase menggunakan teknologi inverter sehingga lebih hemat listrik.

Display Cooler

Display cooler atau showcase cooler banyak digunakan untuk menjual minuman dingin. Showcase pendingin ini memiliki pintu kaca sehingga minuman dingin yang dijual dapat dilihat dari luar. Kemampuan pendinginan pada showcase cooler lebih cepat dibandingkan dengan kulkas biasa. Selain itu, kapasitas penyimpanan minuman showcase cooler lebih besar sehingga jika Anda merupakan penjual minuman, Anda dapat memasukkan banyak merek minuman sekaligus.

Cara Merawat Showcase

  • Supaya showcase dapat terus digunakan dan berfungsi secara maksimal, perawatannya tentu harus dilakukan secara baik dan teliti. Simak tips merawat showcase berikut ini.
  • Langkah pertama adalah memutus aliran listrik ke showcase. Hal ini penting supaya proses pembersihan aman dan Anda terhindar dari risiko tersengat listrik.
  • Lepas semua rak showcase lalu lap setiap rak sampai bersih. Anda juga bisa menggunakan sikat tangan atau spons untuk membersihkan rak showcase.
  • Bersihkan semua bagian dalam showcase dengan lap lembap, kemudian lanjutkan dengan lap kering.
  • Lap bagian kaca showcase dengan kanebo, kain lembut, atau lap microfiber. Menjaga pintu kaca showcase tetap bersih dan transparan sangatlah penting agar minuman yang dijual di dalamnya terlihat jelas dan bersih dari luar.
  • Semprot body bagian luar showcase freezer dengan cairan pembersih kaca atau air perasan lemon. Setelah itu, lap body dengan kanebo atau kain lembut hingga bersih dan kering.
  • Bersihkan juga lampu di dalam showcase secara hati-hati. Jangan sampai lampu di dalam showcase terkena air.
  • Jika ada embun menempel di pintu showcase, cek apakah pemanasnya bermasalah atau tidak. Pemanas pada showcase berfungsi menghangatkan pintu showcase sehingga uap air di sekitar pintunya tidak jadi embun. Jika pemanas showcase bermasalah, suhu di pintu akan menurun mengikuti suhu di dalam showcase sehingga uap air di sekitar pintu jadi mengembun.

Showcase Cooler AQB-340AB untuk Display Minuman

Anda sedang mencari showcase pendingin untuk menjual minuman? Jika bingung melihat macam-macam showcase yang ada, coba cek Showcase Cooler AQB-340AB persembahan AQUA Elektronik. Showcase pendingin ini dilengkapi High Performance Compressor yang mampu membuat proses pendinginan lebih cepat dan lebih stabil.

Showcase Cooler AQB-340AB memiliki fitur Anti Condensation Double-Layer Glass, yaitu kaca depan lapis ganda yang efektif mengisolasi kabut dan sinar UV. Tidak hanya itu saja, terdapat juga fitur Anti Fog & Anti Dew yang akan menjaga showcase terbebas dari kabut dan embun yang membekas. Minuman jualan Anda pun dapat tetap terlihat jelas dari luar karena kaca showcase selalu jernih.

Showcase Cooler AQB-340AB 320 liter memang pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki usaha toko kelontong dan berjualan minuman. Showcase pendingin ini memiliki perlindungan Bacteriostatic Inner Liner yang menahan erosi bakteri untuk waktu yang lama dan bau yang dihasilkan oleh bakteri.

Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang untuk mendapatkan showcase cooler ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003