Apa Arti Soak Pada Mesin Cuci? Ini Penjelasannya!

perempuan mencuci di mesin cuci

Ada banyak tombol yang bisa Anda temukan pada mesin cuci, salah satunya adalah tombol soak. Namun, mungkin selama ini Anda belum pernah menggunakannya atau belum paham betul apa fungsinya. Sebenarnya, apa arti soak pada mesin cuci?

Soak pada mesin cuci merujuk ke bahasa Inggris yang artinya merendam, dalam hal ini berarti merendam cucian. Selain mencuci pakaian, mesin cuci juga bisa digunakan untuk merendam pakaian dengan mengaplikasikan tombol soak tersebut.

Proses soak memang bisa dibilang sebagai proses tambahan dari pencucian. Soak biasanya dilakukan sebelum proses mencuci pakaian.

Saat mencuci dengan mesin cuci, Anda memasukkan pakaian kemudian tabung mesin cuci diisi air dan deterjen. Setelah itu, tabung akan berputar sebentar untuk melarutkan deterjen. Tabung lalu berhenti berputar untuk melakukan perendaman atau soak selama waktu yang sudah Anda atur di awal. Setelah itu, mesin cuci akan berlanjut melakukan pencucian.

Cara Menggunakan Tombol Soak

Jika Anda ingin menghilangkan noda membandel pada pakaian, Anda bisa memanfaatkan tombol soak yang ada pada mesin cuci. Begini caranya:

  1. Nyalakan mesin cuci dengan menekan tombol power.
  2. Tekan tombol start pada panel mesin cuci.
  3. Atur proses pencucian yang diinginkan, termasuk tekan tombol soak.
  4. Proses pencucian akan dimulai dengan soak atau perendaman terlebih dahulu.

Lama proses perendaman berbeda-beda pada tiap mesin cuci dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tak ingin merendam pakaian terlalu lama, Anda bisa mengatur proses soak selama 10 atau 15 menit di awal proses pencucian.

Kelebihan Fitur Soak pada Mesin Cuci

Kini Anda sudah mengerti arti soak pada mesin cuci. Tapi, tahukah Anda bahwa tidak semua orang menggunakan fitur soak pada mesin cuci? Ada yang merasa proses tersebut memperlama pencucian, dan ada pula yang merasa tidak memerlukannya.

Padahal, penggunaan fitur soak pada mesin cuci dapat membantu menghasilkan cucian jadi lebih bersih. Hal ini karena selama perendaman, kotoran yang menempel pada pakaian dapat lepas dengan sendirinya. Dengan begitu, saat dicuci, pakaian sudah terbebas dari kotoran sehingga pakaian pun jadi lebih bersih setelah proses pencucian.

Namun, Anda perlu cermat dalam memilih pakaian yang akan direndam. Sebab tak semua bahan pakaian dapat direndam dalam waktu tertentu. Oleh karenanya, jangan lupa juga untuk memperhatikan aturan mencuci yang tertera pada pakaian.

Berbagai Istilah pada Mesin Cuci

Selain soak, ada berbagai istilah lain pada tombol mesin cuci yang perlu Anda pahami fungsinya. Berikut contekannya:

1. Power

Tombol ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mesin cuci. Sebelum menggunakan mesin cuci, pastikan untuk memencet tombol ini dulu. Begitupun saat Anda telah selesai mencuci, jangan sampai lupa untuk mematikan mesin cuci dengan memencet tombol power.

2. Water Level

Istilah ini menandakan jumlah air yang diisi ke dalam tabung mesin cuci. Umumnya, mesin cuci bisa menentukan secara otomatis water level untuk pencucian berdasarkan banyaknya pakaian yang dimasukkan ke dalam tabung mesin cuci.

3. Rinse

Arti rinse pada mesin cuci adalah membilas. Pada mesin cuci, rinse dipilih apabila di akhir cucian Anda masih menemukan sisa buih deterjen pada pakaian. Begitupun saat hasil cucian dirasa belum harum atau berbau tak sedap, Anda dapat membilasnya kembali dengan menekan tombol rinse.

4. Spin

Arti spin pada mesin cuci adalah memutar cucian. Tombol spin pada mesin cuci berfungsi memeras air keluar dari cucian dengan cara memutar pakaian secara cepat. Dengan begitu, Anda dapat menjemur pakaian dalam kondisi setengah basah dan pakaian pun dapat kering lebih cepat.

Mesin Cuci Twin Tub QW-P1450T untuk Pencucian Lebih Bersih

Adanya tombol soak pada mesin cuci dapat menghasilkan cucian yang lebih bersih. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih mesin cuci Twin Tub QW-P1450T persembahan dari AQUA Elektronik yang dilengkapi dengan fitur Dynamic Soak Function. Fitur tersebut memudahkan kotoran cepat hilang dari pakaian yang dicuci. Selain itu, fitur Dynamic Soak Function juga akan meningkatkan performa pelembut apabila ditambahkan.

Anda yang menggunakan hijab juga akan sangat terbantu dengan mesin cuci ini. Fitur Hijab Mode dapat dipilih untuk pencucian khusus hijab atau pakaian lembut. Dengan mode pencucian tersebut, hijab dan pakaian lembut Anda akan tetap terjaga kelembutannya dan tidak mudah rusak meski dicuci berulang kali.

Ada juga fitur Air Dry Spin Lid yang akan menarik udara dari luar untuk mempercepat proses pengeringan dan mengurangi kelembapan pada pakaian. Anda juga bisa memilih arah air masuk ke tabung wash maupun spin dengan menggunakan fitur Water Selector.

Mesin cuci Twin Tub QW-P1450T ini akan membuat aktivitas mencuci jadi lebih mudah, cepat, dan bersih. Bagi Anda yang ingin memilikinya, segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk informasi serta keunggulan lain dari mesin cuci istimewa ini.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003