Cara Menentukan Ukuran TV yang Tepat untuk Ruang Keluarga


Bagi banyak orang, fitur dan resolusi televisi menjadi hal utama yang dipikirkan saat hendak membeli televisi. Padahal, hal lain yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah ukuran TV. Untuk tahu berapa ukuran TV yang tepat, Anda perlu membandingkannya dengan ukuran ruangan tempat TV akan diletakkan.

Di banyak rumah, TV ditempatkan di ruang keluarga. Sebab di ruangan ini, salah satu kegiatan favorit keluarga adalah menonton TV bersama. Oleh karena itu, pemilihan ukuran TV yang tepat menjadi penting agar kegiatan menonton bersama menjadi nyaman dan menyenangkan.

Di pasaran, tersedia TV dengan berbagai macam ukuran, mulai dari yang kecil, sedang, besar, hingga jumbo. Perlu diketahui, TV diukur secara diagonal. Misalnya, TV ukuran 42 inch berarti layarnya berukuran 42 inch dari sudut satu ke sudut yang berlawanan. Jadi, Anda bisa menghitung sendiri ukuran TV 32 inch berapa cm, TV 40 inch berapa cm, dan ukuran TV 50 inch berapa cm.

Agar tak salah pilih ukuran TV, simak penjelasan macam-macam ukuran TV berikut.

TV Ukuran Kecil

Yang termasuk dalam kelompok ini adalah yang TV dengan ukuran layar 20, 24, atau 28 inch. TV dengan ukuran ini banyak dipakai sebagai monitor kedua komputer atau laptop, dan diletakkan di meja kecil. TV ukuran kecil tidak bisa menampilkan resolusi maksimal seperti 4K UHD karena dibutuhkan piksel lebih banyak. Resolusi gambar di TV berukuran kecil maksimal HD atau SDR.

TV Ukuran Sedang

TV ukuran sedang mulai dari 32 inch hingga 49 inch. TV dengan ukuran sedang cocok diletakkan di kamar tidur yang tidak terlalu besar. Jika ruang keluarga tidak terlalu besar, Anda juga bisa memilih TV ukuran sedang.

TV Ukuran Besar

TV yang dianggap berukuran besar adalah yang memiliki ukuran layar sebesar 50 inch hingga 59 inch. TV ini cocok diletakkan di kamar atau ruang keluarga yang tak terlalu luas.

TV Ukuran Jumbo

Nah, kalau TV dengan ukuran jumbo memiliki ukuran layar 60 inch hingga di atas 70 inch. TV dengan ukuran ini cocok untuk diletakkan di ruangan yang sangat besar. Penggunaan TV berukuran jumbo juga akan memberikan pengalaman menonton yang luar biasa karena kualitas gambarnya sangat jernih dan biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Ukuran TV yang Pas untuk Ruang Keluarga

Untuk mengetahui ukuran TV yang pas dengan ruang keluarga, Anda cukup berpatokan dengan jarak menonton TV di rumah. Patokan umum jarak menonton TV yang aman adalah dua kali ukuran layar TV. Bila jarak menonton TV sekitar 2 meter, berarti ukuran TV yang pas adalah 32 inch atau 36 inch.

Namun, bila ruang keluarga Anda cukup besar, sebaiknya pilih ukuran jumbo untuk kenyamanan menonton. Jarak menonton TV di ruang keluarga yang besar kemungkinan sekitar 3 meter. Oleh karena itu, ukuran TV yang pas mulai dari 40 inch ke atas. TV yang berukuran besar dapat menampilkan tontonan yang lebih dramatis dan bisa dilihat dengan jelas dari posisi paling jauh.

Televisi AQT65S5UG: Android Smart TV yang Canggih untuk Ruang Keluarga yang Besar

Bila ruang keluarga di rumah Anda termasuk besar, maka perlu televisi dengan ukuran yang besar pula agar pengalaman menonton lebih nyaman. Bahkan, memilih smart TV yang dilengkapi berbagai fitur canggih dapat memaksimalkan kegiatan menonton bersama keluarga jadi lebih seru dan menyenangkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat memilih televisi AQT65S5UG persembahan dari AQUA Elektronik Indonesia. Android smart TV berukuran 65 inch ini menawarkan tampilan dan suara yang makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

Dengan 4K HDR, resolusi warna gambar jadi lebih tajam dan detail gambar semakin jelas dan hidup. Ada juga fitur HQ LED, yaitu teknologi TV LCD warna yang disempurnakan dengan presisi sehingga menyajikan lebih banyak level warna. Sementara, kontrol kecerahan yang tinggi menciptakan tingkat warna yang halus.

Di zaman smart TV seperti sekarang ini, televisi memang tidak hanya berfungsi sebagai sumber tontonan. Android smart TV AQT65S5UG juga berfungsi sebagai pusat ekosistem digital yang memungkinkan Anda mengontrol semua perangkat pintar di rumah secara optimal. Plus, dengan Intelligent Voice Control, Anda dapat cukup menggunakan perintah suara, dan kebutuhan informasi anda tersaji dengan segera.

Bukti kecanggihan TV AQT65S5UG yang lain adalah televisi ini dapat menampilkan berbagai tampilan video, foto atau gambar di ponsel pintar berkat fitur Chromecast built-in. Anda pun dapat menikmati berbagai konten tersebut di layar televisi yang lebih besar. Sementara, fitur Bezel Less, yaitu bingkai tipis pada unit TV ini, memungkinkan Anda untuk menonton tayangan di TV tanpa gangguan.

Jadi, jangan sampai salah ukuran TV, ya. Pastikan Anda memilih TV ukuran besar untuk ruang keluarga yang luas. Segera kunjungi official store AQUA Elektronik Indonesia untuk mendapatkan Android smart TV AQT65S5UG sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003