Hemat Energi, Ini Kelebihan Lain dari AC Inverter

Stereotipe tentang penggunaan AC menyebabkan pemborosan listrik masih diyakini banyak orang hingga saat ini. Padahal, teknologi AC terus berkembang selama beberapa dekade terakhir sehingga penggunaan daya listriknya jadi lebih efisien.

AC inverter adalah solusi efektif bagi Anda yang membutuhkan pendingin ruangan hemat energi supaya tagihan listrik tidak membengkak.

Kalau Anda tertarik menggunakan AC inverter, sebaiknya Anda menyimak ulasan lengkap berikut ini untuk mengenal kelebihan perangkat elektronik tersebut.

Mengenal Cara Kerja AC Inverter

Cara kerja AC inverter sama dengan perangkat elektronik berteknologi serupa. Dahulu sebelum teknologi inverter ditemukan, sebagian besar perangkat elektronik rumah tangga beroperasi dengan sistem daya Alternating Current (AC) atau arus bolak balik karena menyesuaikan sumber aliran listrik.

Keterbatasan tersebut membuat Nikola Tesla dan George Westinghouse berinisiatif menciptakan teknologi yang mampu mengubah arus listrik searah atau Direct Current (DC) menjadi AC. Tujuannya agar perangkat elektronik berbasis DC bisa beroperasi dengan mengandalkan arus listrik AC.

Selain memiliki kemampuan mengubah arus listrik DC menjadi AC, AC inverter adalah inovasi yang dapat mengkonversi daya tinggi menjadi rendah tanpa mengurangi performanya secara keseluruhan.

Saat AC inverter dinyalakan, kompresor akan berputar dengan cepat supaya suhu ruangan lekas mencapai pengaturan yang Anda inginkan. AC standard akan mematikan kompresor secara otomatis bila suhu ruangan sudah sesuai pengaturan, tetapi tidak demikian halnya dengan AC inverter.

Kompresor AC inverter akan tetap berputar secara lebih lambat untuk menjaga suhu ruangan supaya tetap konstan. Cara kerja tersebut membantu mengurangi lonjakan listrik yang kerap terjadi saat kompresor mulai menyala dari posisi mati. Itulah sebabnya penggunaan AC inverter sangat efektif menghemat konsumsi listrik sebanyak 30% hingga 50%.

Berbagai Kelebihan AC Inverter

Tak hanya unggul karena lebih hemat energi, beberapa kelebihan AC inverter berikut ini tentu membuat Anda tidak ragu memilihnya untuk meningkatkan kenyamanan ruangan:

  • Lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan: mitos soal AC inverter kurang dingin sebenarnya hanya isapan jempol belaka. Faktanya, jenis AC ini justru lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan karena kompresor bekerja dengan daya listrik besar ketika baru dinyalakan.
    Selanjutnya, perputaran kompresor baru melambat ketika suhu ruangan sudah sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan. Cara kerja tersebut juga membuat suhu dingin ruangan jadi lebih stabil dalam kurun waktu lama.
  • Tidak menimbulkan kebisingan: suara kompresor yang sedang menyala kerap kali terasa bising dan cukup mengganggu. Masalah tersebut sebenarnya tidak akan terjadi bila Anda menggunakan AC inverter.
    Sebab, jenis AC berteknologi inverter dilengkapi kompresor yang lebih kedap suara. Suhu ruangan yang sudah dingin membuat kinerja kompresor melambat sehingga bunyinya jadi lebih halus.
  • Pendistribusian udara dingin lebih merata: kelebihan lainnya yang dimiliki AC inverter adalah kemampuan mendistribusikan udara dingin secara lebih merata. Anda tak perlu khawatir kondisi dingin pada ruangan terasa kurang merata bila menggunakan AC inverter.
    Pilihlah AC inverter dengan ukuran PK sesuai kapasitas ruangan supaya proses pendinginan berlangsung maksimal.
  • Ramah lingkungan: pengoperasian AC standard kurang ramah lingkungan dibandingkan AC inverter. Sebab sistem AC inverter yang menggerakkan kompresor secara efisien bukan cuma hemat listrik, melainkan juga menghasilkan emisi lebih sedikit sehingga minim dampak buruk terhadap lingkungan.
  • Masa garansi resmi lebih lama: rata-rata produk AC inverter disertai jaminan berupa garansi resmi untuk servis dan kompresor yang lebih lama daripada AC standard. Masa garansi servis bisa mencapai 3 tahun, sedangkan garansi kompresor hingga 5 tahun.
    Jaminan tersebut menunjukkan kalau kualitas AC inverter sangat baik sehingga performanya tetap prima selama bertahun-tahun tanpa disertai kerusakan.

Tips Memilih AC Inverter

Memilih AC inverter untuk pertama kalinya mungkin terasa agak sulit dan membingungkan. Anda bisa memanfaatkan beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan AC inverter berkualitas sesuai kebutuhan:

  • Pilihlah AC inverter dengan ukuran PK sesuai kebutuhan. Semakin besar ruangan Anda, maka semakin besar pula PK AC yang Anda butuhkan. PK AC yang sesuai akan membuat ruangan dingin maksimal.
  • Cermati fitur-fitur canggih yang terdapat pada AC inverter. Misalnya, ada AC inverter yang mampu menyesuaikan suhu terhadap jumlah orang di dalam ruangan. AC tersebut akan menjadi lebih dingin bila ada banyak orang pada suatu ruangan dan sebaliknya.
  • Kenali jenis dan masa garansi yang diberikan saat hendak membeli AC inverter. Alangkah lebih baik jika Anda memilih AC inverter yang masa garansinya panjang sehingga kerusakan AC akibat masalah teknis tidak membuat Anda boros.
  • Bandingkan harga dengan teliti supaya bisa mendapatkan produk AC terbaik dengan harga terjangkau.

AC inverter memang punya banyak kelebihan, tetapi tak dapat dipungkiri kalau harganya lebih mahal dibandingkan AC standard. Bujet yang terbatas tentu membuat Anda cenderung memprioritaskan AC standard.

Saat ini, banyak pilihan AC standard yang tak kalah berkualitas dibandingkan AC inverter, salah satunya yaitu AC STANDARD AQA-KCR5AHQC dari AQUA Elektronik.

Produk AC berukuran ½ PK ini dilengkapi berbagai fitur unggulan yang bermanfaat bagi Anda, salah satunya yaitu Turbo Cooling yang mampu mencapai level suhu sesuai keinginan Anda dalam waktu 5 menit saja.

AC STANDARD AQA-KCR5AHQC juga mempunyai fitur Wide Voltage yang membuat kinerjanya tetap stabil dan optimal pada rentang voltase lebar (160 V- 240 V). Komponen AC ini dilengkapi fin berwarna biru dengan Silver Nano Coating yang menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau tak sedap.

Seluruh pipa refrigerant seri AC ini terbuat dari tembaga yang tingkat ketahanannya sangat baik dan anti karat. Nikmati sensasi ruangan nyaman dan dingin dengan dukungan teknologi Triple Air Flow yang mengalirkan udara secara lebih jauh, lebih cepat, dan lebih kuat.

Segera dapatkan AC berkualitas dari AQUA Elektronik agar ruangan sejuk dan nyaman tak lagi sekadar jadi impian! Anda bisa membeli produk terbaiknya di official store AQUA Elektronik sekarang.


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003