Simak Cara Mudah Membersihkan Kulkas 2 Pintu!

membersihkan kulkas 2 pintu

Beberapa dekade lalu, kulkas masih dianggap sebagai barang elektronik mewah yang hanya dimiliki masyarakat kalangan ekonomi atas. Kini, justru menjadi salah satu elektronik populer yang dimiliki mayoritas masyarakat Indonesia.

Jenis kulkas dua pintu memang sangat digemari karena memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu mendinginkan dan membekukan. Pengoperasian dan cara membersihkannya pun tergolong mudah. Apakah selama ini Anda sudah membersihkannya secara teratur?

Jangan menganggap remeh rutinitas tersebut. Sebab, kebiasaan baik pasti berkaitan kesehatan Anda sekeluarga, juga ketahanan kulkas yang sedang digunakan.

Mengapa Kulkas Harus Dibersihkan Secara Rutin?

Sebelum mempelajari cara membersihkan kulkas 2 pintu yang tepat, alangkah lebih baik jka Anda mengetahui alasan penting dibalik kebiasaan membersihkan kulkas secara teratur berikut ini.

1. Meminimalkan risiko perkembangbiakan bakteri

Kulkas yang kotor bisa menjadi biang keladi perkembangbiakan berbagai jenis bakteri, seperti E.coli, Salmonella, dan Listeria.

Risiko tersebut bahkan semakin besar bila Anda sering menyimpan bahan makanan segar, seperti ikan dan daging, telur, serta buah dan sayur yang belum diolah. Sebaliknya, jika kondisinya selalu bersih dan bebas bakteri penyebab penyakit, tentu dapat mendukung kesehatan Anda sekeluarga.

2. Menghilangkan bau tak sedap

Salah satu ciri kulkas kotor yang harus lekas dibersihkan adalah kemunculan bau tak sedap. Bahkan, bau tak sedap tersebut akan bertambah parah hingga mempengaruhi aroma makanan dan minuman bila Anda tidak pernah membersihkannya sama sekali.

3. Menjaga kestabilan suhu

Isi yang terlalu penuh dan kotoran yang menghalangi sistem ventilasi udara dalam kulkas akan membuatnya jadi kurang dingin. Oleh karena itu, membersihkan secara rutin merupakan langkah penting untuk menjaga kestabilan suhu sekaligus membuatnyas tak gampang rusak.

4. Menyeleksi makanan dan minuman

Manfaat lainnya adalah mendukung proses seleksi makanan dan minuman. Ketika mengeluarkan semua makanan dan minuman dari kulkas, Anda bisa melakukan proses sortir berdasarkan tanggal kedaluwarsa dan tingkat kesegarannya. Konsumsi terlebih dahulu yang mendekati tanggal kadaluwarsa atau yang mudah rusak, dengan begitu kecenderungan perilaku mubazir pun dapat diminimalkan.

Cara Membersihkan Kulkas 2 Pintu

Proses membersihkannya sebenarnya sangat mudah bila Anda sudah memahami langkah-langkahnya secara tepat.

Kalau selama ini Anda tidak terbiasa membersihkannya secara menyeluruh, maka sebaiknya Anda mengikuti cara membersihkan kulkas 2 pintu berikut agar hasilnya maksimal:

1. Kosongkan isi kulkas

Langkah pertama adalah mengosongkan isi kulkas, termasuk bagian rak pintu. Pindahkan makanan dan minuman yang masih segar ke wadah penyimpanan berisi es batu (cooler box) atau tempat lain. Jangan lupa lupa membuang makanan dan minuman yang sudah tidak layak konsumsi.

2. Bersihkan bagian dalam

Anda mesti menyiapkan kain lap bersih serta air yang dicampur dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Basuhlah seluruh bagian dalam kulkas memakai kain lap yang sudah dicelupkan dalam larutan sabun cuci piring, termasuk bagian rak sekatnya.

3. Perhatikan rak pintu

Selain bagian dalam, rak pintu juga tak boleh luput dari perhatian ketika Anda membersihkan kulkas. Basuhlah rak pintu dengan larutan sabun cuci piring secara teliti supaya semua kotoran terangkat.

Bila sudah bersih, celupkan kain lap dalam air bersih lalu gunakan sekali lagi untuk menyeka kedua bagian kulkas tersebut agar tidak ada sisa air sabun yang tertinggal.

4. Bersihkan saluran drainase

Rupanya banyak orang belum menyadari kalau kulkas juga memiliki saluran drainase yang terletak di belakang atau bawah bodi. Saluran drainase tersebut juga wajib dibersihkan secara teratur agar tidak menjadi tempat berkumpulnya kotoran.

Air pada wadah pembuangan yang menampung residu saluran drainase mesti dibuang setiap 1 hingga 2 minggu sekali. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sedotan minuman untuk menarik kotoran ke luar dari saluran drainase.

5. Akhiri dengan membersihkan bagian luar

Setelah kegiatan membersihkan bagian dalam dan saluran drainase selesai, Anda dapat mengakhirinya dengan membersihkan bagian luarnya. Gunakan lap kering untuk membersihkan bagian luar kulkas secara menyeluruh. Jangan lupa mengeringkan bagian-bagian luar yang masih basah supaya tidak menyebabkan karat.

Gunakan Kulkas Terbaik untuk Kebutuhan Rumah Anda

Kulkas bersih dan sehat yang bebas bau tak sedap pasti membuat Anda makin bersemangat beraktivitas di dapur. Jika sudah rusak akibat sudah terlalu lama digunakan dan tidak pernah dibersihkan, berarti Anda harus membeli yang baru dan mulai menerapkan kebiasaan membersihkannya secara teratur.

AQUA Elektronik mereferensikan KULKAS MULTIDOOR AQR-IM545AM sebagai pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda. Pendingin berkapasitas 469 liter ini memiliki teknologi Twin Inverter yang mempercepat pendinginan secara optimal sekaligus membuat penggunaan listrik jadi lebih hemat dalam jangka panjang.

Sistem Multi Air Flow yang disertakan pada produk ini juga memungkinkan pendistribusian aliran udara yang konsisten ke setiap sudut dan memastikan udara sejuk bersirkulasi secara menyeluruh pada semua bagian lemari es.

Fitur lainnya berupa Digital Touch Screen juga akan memungkinkan Anda mengontrol suhu tanpa harus membuka pintu. Anda dapat memilih mode yang berbeda dengan satu sentuhan sederhana.

Anda juga tak perlu khawatir akan kesulitan menyimpan makanan ketika menggunakan KULKAS MULTIDOOR AQR-IM545AM, sebab produk ini dilengkapi Flexible Shelves. Ketinggian raknya mudah diatur, dibongkar, dan dibersihkan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan yang berbeda-beda.

Satu lagi keunggulannya, yaitu teknologi Total No Frost yang memastikan ketiadaan masalah pembuangan air di freezer. Anda tak akan berhadapan lagi dengan masalah makanan kering karena kondisi penyimpanan jadi jauh lebih baik.

Kulkas baru yang jadi kesayangan akan senantiasa awet bila Anda merawatnya dengan telaten. Mari lakukan pembersihan secara rutin dan rasakan manfaatnya. Untuk mendapatkan produk kulkas terbaik dari AQUA Elektronik, Anda bisa membelinya langsung di official store AQUA Elektronik.


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003