Sudah Tahu Fungsi dari Tiap Bagian Kulkas?

Pembahasan seputar perangkat elektronik rumah tangga terasa belum lengkap tanpa menyebut kulkas. Penggunaan elektronik tersebut mulai familiar bagi seluruh kalangan masyarakat di tanah air sejak tahun 90-an karena fungsi kulkas memang sangat vital untuk mendukung kebutuhan rumah tangga.

Kendati demikian, sebenarnya masih banyak orang yang belum memahami fungsi dari setiap bagian kulkas sehingga tidak menggunakannya secara maksimal.

Ulasan berikut ini akan menambah wawasan Anda tentang fungsi kulkas secara detail supaya nanti Anda dapat memaksimalkan penggunaan perangkat elektronik tersebut di rumah.

Beragam Manfaat Kulkas

Penggunaan kulkas untuk kebutuhan rumah tangga dapat memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  • Menjaga kualitas bahan makanan mentah: aneka bahan makanan mentah seperti ikan, daging, dan sayuran lebih cepat membusuk jika disimpan pada suhu ruang, khususnya saat cuaca panas.
    Urusan penyimpanan bahan makanan jadi kian mudah bila Anda sudah memiliki kulkas berkualitas. Selanjutnya, Anda tinggal mengelompokkan bahan makanan dan menyimpannya dengan cara yang tepat, misalnya daging dan ikan disimpan di freezer sedangkan sayuran disimpan di chiller.
  • Menyempurnakan pembuatan beberapa jenis hidangan: proses pembuatan beberapa hidangan tertentu membutuhkan kulkas sebagai pendingin supaya hasilnya sempurna, misalnya puding, es krim, dan kue tiramisu.
  • Mengawetkan makanan dan minuman yang belum habis: Anda tak perlu langsung membuang makanan dan minuman yang belum habis karena bisa menyimpannya di kulkas.
    Selain efektif mengurangi jumlah sampah rumah tangga, Anda juga dapat menghemat pengeluaran karena sisa makanan dan minuman masih bisa dikonsumsi pada kesempatan lainnya.
  • Membuat es batu: kemampuan freezer kulkas untuk membuat es batu memang tidak sebaik chest freezer. Namun, setidaknya kulkas tetap bisa diandalkan bila Anda ingin membuat es batu untuk kebutuhan konsumsi saja.
  • Menyimpan barang selain makanan dan minuman: bukan hanya bahan makanan mentah atau makanan serta minuman saja yang dapat disimpan di kulkas. Manfaat kulkas juga tak kalah penting untuk menyimpan barang lainnya, seperti kosmetik, obat-obatan, kompres dingin, dan ASI.
    Fungsi kulkas sebagai tempat penyimpanan barang selain makanan harus disertai dengan perawatan yang tepat agar tidak mudah rusak.
  • Menyempurnakan estetika dapur: manfaat kulkas rupanya juga sangat berperan dalam menyempurnakan estetika dapur. Tampilan kulkas yang menarik dengan ukuran tidak berlebihan akan membuat dapur terkesan lebih menarik.
    Kini, produsen kulkas seakan berlomba membuat produk bernuansa elegan dengan material terbaik yang membuat kualitasnya makin istimewa.

Mengenal Fungsi dari Tiap Bagian Kulkas

Fungsi kulkas secara keseluruhan sebenarnya merupakan gabungan dari tiap-tiap bagian yang terdapat di dalamnya. Klasifikasi fungsi berdasarkan komponen tersebut dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Freezer: bagian yang satu ini merupakan area paling dingin dalam satu unit kulkas. Biasanya freezer terdiri dari rak atas dan rak bawah. Rak atas sebaiknya digunakan untuk menyimpan frozen food seperti nuget, es krim, dan sosis, sedangkan rak bawah untuk menyimpan daging dan ikan.
    Posisi penyimpanan tersebut bertujuan agar darah atau air dari daging dan ikan tidak menetes dan mengenai frozen food lainnya di dalam freezer.
  • Refrigerator: komponen refrigerator adalah komponen dengan ruang penyimpanan paling luas dalam kulkas. Anda leluasa menyimpan bahan makanan yang sudah dipotong-potong, camilan, dan sisa makanan pada setiap rak refrigerator.
    Usahakan menyimpan makanan dan minuman dalam wadah tertutup supaya tidak tumpah dan aromanya tidak bercampur satu sama lain.
  • Chiller: interior kulkas memiliki rak tertutup pada bagian tengah atau bawah yang disebut chiller. Kelembapan udara pada chiller lebih rendah daripada refrigerator sehingga cocok untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan.
    Alangkah lebih baik bila Anda melapisi sayur dan buah dengan kertas atau tisu sebelum menyimpannya di chiller agar tidak busuk karena kelembapan berlebihan.
  • Rak Pintu: satu lagi komponen kulkas yang juga menjadi tempat penyimpanan adalah rak pintu. Biasanya rak pintu juga dilengkapi sekat khusus untuk meletakkan telur. Bagian kulkas yang satu ini memiliki suhu paling tinggi karena pengaruh udara panas ketika pintu dibuka.
    Oleh sebab itu, rak pintu kulkas sebaiknya tidak digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman yang mudah rusak akibat perubahan suhu, misalnya susu. Anda bisa memanfaatkan rak pintu untuk menyimpan selai, air minum, dan berbagai jenis minuman dalam kemasan.

Jangan memaksakan diri untuk menggunakan kulkas lama bila kapasitasnya sudah tak mencukupi. Barangkali sudah waktunya Anda membeli kulkas baru yang kapasitasnya lebih besar dan fitur-fiturnya lebih canggih. Salah satu rekomendasi lemari pendingin yang cocok untuk Anda adalah Kulkas AQR-415IM dari AQUA Elektronik.

Fungsi kulkas dua pintu berkapasitas 357 liter ini sangat istimewa karena dilengkapi beberapa fitur canggih, yaitu:

Bigger Inside: kapasitas freezer dan vegetable box 10% lebih besar karena pintunya lebih tipis sehingga ruang interiornya bertambah tanpa mengganggu dimensi eksternal.

Twin Inverter: tak cuma mengurangi kebisingan, teknologi ini juga hemat energi bintang 5 dengan 2x lipat efisiensi kinerja.

-10 Chiller Box: zona ideal untuk mengawetkan ikan, daging, dan makanan dingin lainnya pada suhu -10 C. Anda bisa langsung mengambil makanan dari Chiller Box lalu mengolahnya tanpa proses pencairan terlebih dahulu.

DEO Fresh: solusi ampuh untuk menghilangkan bakteri dan mengurangi bau tak sedap dengan mengintegrasikan karbon aktif, jaring paladium, dan agen antimikroba.

Multi Air Flow: sistem pendingin yang mendistribusikan aliran udara secara konsisten ke setiap sudut sehingga udara sejuk bersirkulasi secara menyeluruh pada seluruh bagian lemari es.

AQUA Fast Cooling: fungsi pendinginan secara lebih cepat hanya dengan satu tombol.

Movable Twist Ice Maker: pembuat es portable yang bisa dikeluarkan atau dipindahkan saat Anda butuh ruang freezer lebih besar.

Flexible Shelves: rak yang mudah diatur, dibongkar, dan dibersihkan sehingga Anda bebas meletakkan makanan apa pun dalam posisi berbeda.

Kehadiran Kulkas AQR-415IM persembahan AQUA Elektronik pasti efektif menyempurnakan fungsi dapur rumah Anda. Rasakan pengalaman berkesan saat menggunakan kulkas canggih ini karena menyimpan dan mengolah makanan jadi lebih mudah.

Untuk mendapatkan kulkas berkualitas ini, Anda bisa membelinya di official store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003