Penasaran Bagaimana Cara Kerja Kulkas 2 Pintu? Ini Penjelasannya!

Keberadaan kulkas 2 pintu di rumah memang sangat penting untuk mendukung berbagai kebutuhan rumah tangga. Kulkas 2 pintu tidak cuma bermanfaat menyimpan makanan dan minuman, tetapi juga membantu Anda membuat es batu dan mengawetkan berbagai jenis bahan makanan mentah.

Berikut ini pemahaman lebih lanjut tentang komponen dan cara kerja kulkas 2 pintu untuk membantu Anda jadi lebih bijak dalam merawat dan menggunakannya.

Berbagai Komponen yang Terdapat dalam Kulkas 2 Pintu

Cara kerja kulkas 2 pintu didukung oleh beberapa komponen utama sebagai berikut:

  • Refrigeran: senyawa yang lebih populer dengan sebutan freon ini merupakan unsur pendingin yang mengandung hidrogen, bromin, dan klorin. Bentuknya berupa gas yang tidak berbau dan tidak berwarna.

Ada beberapa jenis freon yang lazim digunakan pada produk pendingin seperti Air Conditioner dan kulkas, antara lain R22, R32, R410A, dan R290. Di antara beberapa jenis freon tersebut, R32 paling sering digunakan karena bersifat lebih ramah lingkungan.

  • Kompresor: elemen utama kulkas 2 pintu ini berfungsi menghisap freon dari evaporator lalu mengalirkannya ke kondensor untuk didinginkan. Kompresor terdiri dari 3 terminal kelistrikan, yaitu Common (C), Starting (S), dan Running (R) yang lebih dikenal dengan sebutan CSR.

Biasanya, komponen ini berbentuk seperti tabung dan terletak di bagian belakang bawah kulkas.

  • Kondensor: kumparan pipa tembaga yang berfungsi mendinginkan freon. Bagian depan kondensor terdiri dari kipas untuk mempercepat proses pendinginan. Freon yang keluar dari kondensor akan berubah wujud menjadi cair karena suhunya menurun.
  • Katup ekspansi: keberadaan katup ini berfungsi menurunkan tekanan freon sebelum dialirkan ke evaporator. Katup ekspansi memiliki bentuk berupa pipa kapiler dengan dua buah lubang yang ukurannya berbeda.
  • Evaporator: berfungsi menyerap panas pada freezer dan kulkas. Energi panas yang diserap evaporator akan dimanfaatkan untuk mengubah wujud freon dari cair menjadi gas. Selanjutnya, freon akan dihisap kembali oleh kompresor lalu dialirkan ke kondensor untuk didinginkan sehingga membentuk satu siklus tertutup.
  • Termostat: berperan penting untuk mengendalikan kinerja kompresor sesuai pengaturan suhu yang Anda tentukan. Termostat akan mengatur perpindahan aliran listrik dari kompresor ke defrost ketika sistem defrost mulai diaktifkan.
  • Fan Motor: motor penggerak kipas atau fan motor penting untuk mendukung sirkulasi udara dingin di bagian dalam kulkas. Biasanya kulkas 2 pintu memiliki 2 fan motor, satu untuk meniupkan udara dingin evaporator dan satu lagi untuk membantu membuang suhu panas kondensor.
  • Overload: bermanfaat untuk mencegah beban berlebih pada kompresor. Saat arus listrik mengalir secara berlebihan, komponen bimetal akan memuai sehingga kontak dengan listrik terputus dan membuat kompresor mati sementara.

Kulaks 2 pintu modern dilengkapi dua jenis overload¸ yaitu di bagian dalam (overload internal) dan bagian luar (overload eksternal).

  • Door Switch (Saklar Pintu): komponen ini akan mengatur pengoperasian lampu dan kipas kulkas. Menutup pintu kulkas akan memberikan tekanan pada door switch sehingga lampu mati dan kipas menyala.

Memahami Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Jika dilihat sekilas, cara kerja kulkas 2 pintu memang sangat mirip dengan kulkas 1 pintu meskipun sebenarnya ada perbedaan mendasar. Prinsip kerja kulkas secara umum diawali masuknya freon berwujud uap dengan tekanan dan suhu tinggi (berkisar antara 800C hingga 900C) dari kompresor ke kondensor. Selanjutnya, kondensor akan mendinginkan freon agar bentuknya berubah jadi cair.

Freon cair akan dibawa menuju evaporator untuk menyerap udara panas dalam kulkas sehingga suhunya menjadi lebih dingin. Pada tahap terakhir, uap bertekanan rendah akan masuk ke kompresor kemudian diubah lagi agar tekanan dan suhunya meningkat. Siklus pendinginan inni akan berulang terus-menerus selama kulkas terhubung dengan aliran listrik.

Berbeda dengan kulkas 1 pintu, cara kerja evaporator kulkas 2 pintu didukung kipas khusus yang berperan mengatur aliran udara. Ada dua ruang evaporator yang dipisahkan dengan lubang ventilasi sehingga masing-masing ruang memiliki temperatur yang berbeda. Teknologi inilah yang membuat bagian freezer dan chiller kulkas mempunyai perbedaan suhu dingin yang cukup signifikan.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan kulkas 2 pintu adalah sebagai berikut:

  • Kapasitas penyimpanan lebih besar sehingga Anda leluasa menyimpan makanan dan minuman dalam jumlah banyak.
  • Efek pendinginan lebih maksimal sehingga kemampuan mengawetkan makanan dan minuman jauh lebih baik daripada kulkas 1 pintu.
  • Ukuran freezer lebih besar dibandingkan kulkas 1 pintu.
  • Penggunaan listrik lebih efisien karena sistem pendinginan pada freezer dan chiller kulkas berlangsung terpisah. Membuka pintu chiller tak akan mengganggu kestabilan suhu freezer dan demikian pula sebaliknya.
  • Tidak ada bunga es pada freezer karena semua kulkas 2 pintu dilengkapi komponen frost free.

Jika Anda sudah mengenal cara kerja kulkas 2 pintu dan tak ragu memilihnya untuk melengkapi dapur rumah, rekomendasi KULKAS AQR-350RBG(BK) dari AQUA Elektronik siap jadi solusinya.

Kulkas 2 pintu dengan freezer di bagian bawah ini memiliki kapasitas sebesar 324 liter yang membuat Anda bisa menyimpan makanan dan minuman dalam jumlah banyak.

Selain unggul karena kapasitas besar dan posisi freezer yang mudah dijangkau, KULKAS AQR-350RBG(BK) juga istimewa dengan berbagai fitur canggih sebagai berikut:

Twin Inverter: mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan sehingga kulkas lebih cepat dingin sekaligus mendukung penghematan listrik secara stabil.

Magic Cooling: bagian pendingin bernama Magic Room dengan pengaturan suhu yang bervariasi dari -50C hingga 180C. Anda bisa mengubahnya menjadi lemari es atau freezer sesuai kebutuhan. Kompartemen terpisah ini menjaga makanan agar tetap segar tanpa tercemar makanan lain pada lemari es atau freezer.

Soft Freezing: pengaturan suhu sebesar 70C di Magic Room menjaga kelembapan alami da kandungan protein pada bahan makanan sekaligus membuat Anda tak perlu menunggu waktu pencairan terlalu lama.

Humidity Control System: membran tanaman ekologis di Moist Zone yang dapat mengontrol kelembapan di laci hingga 90% sehingga buah dan sayur dapat mempertahankan kelembapan alami dan segar lebih lama.

Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.

360°C Air Flow: Sistem sirkulasi udara satu putaran penuh yang dapat mengalirkan udara dingin secara merata dan menyeluruh.

Glass Door: bahan kaca berkualitas menghasilkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya elegan.

Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.

Slide Tray: memudahkan Anda melihat dan menjangkau barang yang ada di belakang sehingga membuat penyimpanan lebih nyaman.

LED Light: sistem pencahayaan yang lebih terang, masa pakai lebih lama, dan konsumsi energi jauh lebih sedikit daripada lampu konvensional.

Double Ice Maker: membantu Anda membuat es batu secara mudah hanya dengan memutar knop.

Jadi, jangan tunda lagi keinginan untuk memiliki kulkas 2 pintu berkualitas dari AQUA Elektronik. Seri KULKAS AQR-350RBG(BK) yang super canggih akan mendukung kebutuhan rumah tangga Anda secara maksimal.

Yuk, segera dapatkan produk terbaik kulkas 2 pintu seri ini hanya di official store AQUA Elektronik!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003