Ini Ciri-ciri Dinamo Mesin Cuci Rusak dan Penyebabnya!

Ada begitu banyak komponen penting pada mesin cuci. Salah satu yang tidak banyak diketahui adalah dinamo, yaitu komponen yang berfungsi menghasilkan energi listrik untuk menggerakkan motor mesin cuci.

Dinamo mesin cuci biasanya terletak di bagian bawah dan berfungsi sebagai penggerak. Dinamo akan menggerakkan bak pengering dan juga pulsator sehingga mesin cuci dapat berputar dan bekerja, baik untuk mencuci baju ataupun pada saat proses pengeringan.

Untuk keperluan mencuci pakaian, dinamo didesain agar memiliki putaran mesin yang kuat. Tujuannya agar dapat membolak-balikan pakaian dengan tenaga yang besar. Sementara, pada proses pengeringan, dinamo didesain agar bisa menghasilkan perputaran yang cepat. Tujuannya adalah agar pakaian menjadi lebih cepat kering.

Berikut cara kerja dinamo mesin cuci:

  • Saat mesin cuci dinyalakan dan memulai proses pencucian, arus listrik akan mengalir menuju dinamo. Pada dinamo, terdapat 3 buah pin yang berfungsi sebagai konektor.
  • Pin pada bagian tengah berfungsi sebagai konektor untuk menerima tegangan dengan arus negatif. Sedangkan 2 pin yang terletak pada bagian pinggir berfungsi untuk menerima arus positif.
  • Ketika arus listrik masuk ke dinamo, arus akan menyentuh konektor bagian pinggir. Setelah berhenti sejenak di bagian tengah, lalu arus akan berpindah ke ujung konektor yang satunya lagi dengan putaran searah jarum jam.
  • Hal ini terjadi secara terus menerus dan berulang-ulang, sehingga menghasilkan perputaran atau gerakan bolak balik pada mesin cuci yang disebabkan oleh dinamo.

Mesin cuci yang berfungsi dengan baik harus dapat mencuci dan mengeringkan pakaian dengan sempurna. Bila mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo, kemungkinan ada masalah pada komponen tersebut.

Jika dinamo mesin cuci rusak, maka kerja mesin cuci akan terganggu atau bahkan mungkin berhenti berfungsi sama sekali. Tanpa ada dinamo, mesin cuci tidak dapat digunakan.

Ciri-ciri Dinamo Mesin Cuci Mengalami Kerusakan

Saat Anda merasa mesin cuci tidak bekerja dengan semestinya, kemungkinan besar ada masalah pada salah satu komponennya, termasuk dinamo. Lantas, seperti apa ciri-ciri dinamo mesin cuci yang mengalami kerusakan? Berikut penjelasannya.

  • Mesin cuci tidak berputar

Saat mesin cuci tidak menyala atau berputar ketika dinyalakan, ini bisa menjadi pertanda ada masalah pada komponen dinamo. Jika dinamo rusak, motor tidak akan menerima daya yang dibutuhkan untuk berputar dan mesin cuci tidak akan berfungsi.

  • Mesin cuci bergetar

Pernahkah mesin cuci di rumah bergetar dengan keras saat sedang dinyalakan? Berhati-hatilah karena ini juga bisa menjadi pertanda dinamo mesin cuci rusak.

Dinamo yang rusak dapat menyebabkan mesin cuci berputar terlalu lambat atau terlalu cepat, atau bahkan berhenti berputar sama sekali. Hal ini tentu mengganggu proses pencucian pakaian. Jika masalah ini tidak segera diatasi, nantinya juga bisa merusak mesin cuci.

  • Mesin cuci tidak berputar secara konsisten

Coba perhatikan kecepatan putaran mesin cuci. Bila Anda merasa putarannya lebih lambat atau tidak konsisten seperti sebelumnya, bisa jadi dinamonya bermasalah.

Dinamo yang rusak kemungkinan tidak bisa menghasilkan energi listrik yang cukup untuk menjalankan mesin cuci dengan efisien. Hal ini yang kemudian menyebabkan mesin cuci membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencuci. Bahkan, proses pencucian bisa jadi tidak maksimal sehingga hasil cucian juga tidak bersih seperti biasanya.

  • Proses mencuci jadi lama

Tanda lain yang bisa menjadi sinyal kerusakan pada dinamo adalah ketika mesin cuci mengeluarkan bunyi aneh saat dinyalakan. Dinamo yang rusak memang bisa membuat mesin cuci mengeluarkan suara aneh seperti gemuruh atau gemeretak. Dan, kondisi ini bisa menyebabkan proses mencuci jadi lama jika dinamo tidak segera diperbaiki.

Penyebab Dinamo Mesin Cuci Rusak

Kini Anda sudah mengetahui ciri-ciri dinamo mesin cuci yang rusak sehingga bisa langsung melakukan upaya perbaikan bila melihatnya terjadi pada mesin cuci Anda. Namun, tahukah Anda apa saja faktor yang dapat menyebabkan dinamo mesin cuci rusak? Berikut penjelasannya.

  • Kerusakan pada timer pengering

Timer berfungsi untuk mengatur mesin cuci. Jika timer rusak, maka pengering tidak akan bisa diputar. Biasanya, kerusakan pada timer pengering disebabkan oleh usia mesin yang sudah lama atau ada serangan hama seperti tikus yang menggigiti komponen pegas hingga aus.

  • Kerusakan pada dinamo

Jika dinamo rusak, maka mesin pengering tidak bisa berputar. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan dinamo rusak, tapi yang paling sering disebabkan karena lilitan dinamo putus dan membuat mesin pengering tidak mau berputar dan mengeluarkan suara dengungan.

  • Tenaga kapasitor berkurang

Kerusakan pada tenaga kapasitor dapat menyebabkan mesin pengering tidak berputar dengan cepat. Biasanya, masalah ini terjadi karena usia pakai mesin cuci yang sudah terlalu lama.

  • Sambungan kabel putus

Penyebab lain dinamo mesin cuci rusak adalah sambungan kabel yang putus. Hal ini biasanya disebabkan oleh gigitan tikus. Sambungan kabel yang putus akan memengaruhi mesin pengering sehingga tidak mau berputar.

  • Kapasitor mesin terbakar

Kerusakan pada kapasitor mesin juga bisa menyebabkan mesin pengering tidak berputar. Kapasitor mesin yang terbakar biasanya terjadi ketika mesin pengering digunakan secara terus menerus dan intensitas pemakaiannya cukup tinggi. Kapasitor mesin yang rusak juga dapat menyebabkan mesin pengering tidak berputar.

  • Kerusakan door switch

Penyebab dinamo mesin cuci rusak yang lain adalah karena ada kerusakan pada door switch atau saklar pintu. Komponen ini juga rentan rusak karena berada di dekat timer.

Kerusakan door switch dapat mempengaruhi kinerja mesin pengering. Komponen ini sering terkena air dan bisa membuat sensor pengering jadi rusak. Hal ini sering terjadi dan sering kali tidak disadari oleh pengguna mesin cuci.

Mesin Cuci FQW-1580BS Tahan Lama untuk Proses Mencuci Lebih Cepat dan Bersih

Adanya mesin cuci di rumah tentu sangat membantu dalam pencucian pakaian. Namun, tidak semua mesin cuci memiliki kualitas yang sama. Pastikan Anda memilih mesin cuci berkualitas yang dapat tahan lama dan mencuci lebih cepat dan bersih, seperti mesin cuci FQW-1580BS persembahan dari AQUA Elektronik.

Mesin cuci ini dilengkapi tabung FQW-1580BS XXL Superdrum yang mencuci 55% lebih cepat dan lebih bersih. Memiliki teknologi terkini diameter super besar 601mm dengan body lebih ramping untuk memberikan ruang yang lebih luas dan desain menawan untuk rumah modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.

Hasil cucian mesin cuci ini dapat lebih cepat dan bersih karena didukung oleh fitur-fitur canggih. Fitur Refresh, misalnya, menghilangkan bau dan kerutan sehingga membuat pakaian Anda bersih berkilau. Air akan dipanaskan pada suhu 60–65 derajat celcius selama 5 menit dan menjadi uap air kecil.

Mereka akan menembus pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau. Kemudian aliran udara dingin akan menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya sehingga dapat meminimalkan kerutan dalam 15–30 menit.

Sementara, fitur Steam dengan suhu tinggi yang efektif untuk menghilangkan bakteri dan tungau pada pakaian Anda. Air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super, sehingga dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen dan tungau yang efektif untuk menjaga kesehatan keluarga.

Ada pula fitur Dual Spray membantu menjaga keawetan mesin cuci. Ini adalah sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.

Fungsi ini makin optimal karena ada juga fitur Anti-Bacteria Treatment yang membuat mesin cuci bersih, hasil cucian juga lebih bersih. Perawatan Anti-Bakteri Eksklusif yang menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman yang diuji oleh VDE, memungkinkan laci deterjen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari, memastikan siklus cucian yang lebih higienis.

Tak ada alasan lagi untuk tidak memiliki mesin cuci dengan teknologi Eco Inverter yang sederhana, efisien, dan tahan lama ini. Suara motor mesin cuci jadi lebih halus sehingga membuat Anda nyaman saat mencuci.

Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan produk ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003