TV Digital Tidak Ada Sinyal? Mungkin Ini Penyebabnya!

tv no signal

Sejak 2022, siaran TV analog telah beralih ke TV digital. Namun, kadang masih terjadi kasus TV digital tidak ada sinyal sehingga tidak ada gambar yang muncul di layar televisi. Padahal, Anda juga sudah menggunakan set top box (STB) untuk menangkap sinyal. Bisakah masalah ini diatasi? Yuk, cari tahu berbagai penyebab TV digital tidak ada sinyal!

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

Gangguan pada siaran TV digital terjadi saat muncul tulisan “Tidak Ada Sinyal” ketika Anda menyalakan televisi. Ini artinya TV digital Anda tidak bisa menayangkan program siaran dari stasiun penyiaran. Jadi, bukan karena TV Anda yang rusak. Berikut berbagai penyebab TV digital tidak ada sinyal:

1. Kabel antena rusak

Bagaimana kondisi kabel antena Anda? Jika kabel sudah usang, rapuh, atau bahkan rusak, bisa jadi inilah penyebab TV digital tidak ada sinyal. Sebab STB masih memerlukan kabel antena tambahan untuk menangkap sinyal TV digital.

2. Kualitas antena buruk

Jika antena yang digunakan usianya sudah cukup lama atau sudah usang, kemampuannya menangkap sinyal bisa jadi lemah. Untuk memperkuat sinyal TV digital, sebaiknya Anda ganti dengan antena baru yang kualitasnya masih baik.

3. Arah antena kurang tepat

Agar siaran TV digital mulus, arah antena harus tepat. Jika arah antena tidak tepat, sinyal siaran TV bisa jadi tidak stabil. Jadi, pastikan Anda mengarahkan antena dengan tepat agar mendapat sinyal siaran TV yang bagus.

4. Gangguan sinyal

Tidak munculnya tayangan pada TV digital juga bisa disebabkan oleh gangguan sinyal. Mungkin jaringan yang terdistribusi terlalu rendah atau sedang mengalami perbaikan oleh sistem pusat.

5. Ada masalah pada jack TV

Jack TV adalah penghubung antara antena dengan STB. Jika ada kerusakan pada jack, maka hal itu yang menyebabkan pengiriman sinyal ke STB atau TV digital tidak maksimal sehingga tidak bisa memunculkan gambar di televisi.

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

Saat TV digital Anda tidak ada sinyal, tak perlu langsung mencurigai TV bermasalah. Cukup ikuti berbagai tips simpel ini untuk mengatasi TV digital tidak ada sinyal.

1. Gunakan antena dengan kualitas terbaik

Antena memiliki peran penting agar TV Anda dapat menangkap siaran digital. Maka itu, pastikan Anda menggunakan antena dengan kualitas terbaik. Jika di sekitar tempat tinggal Anda terdapat banyak bangunan atau pohon tinggi, sebaiknya gunakan antena luar yang memiliki kemampuan menangkap sinyal TV digital lebih baik.

2. Pastikan TV Anda mendukung fitur DVB-T2

Saat ini banyak televisi yang sudah terintegrasi dengan DVB-T2 sehingga bisa langsung menikmati siaran TV Digital. Dengan DVB-T2, Anda dapat menikmati saluran TV digital dengan kualitas HD secara gratis. Jika TV Anda bukan TV digital, cukup gunakan perangkat STB.

3. Cek sinyal siaran TV digital

Anda dapat mengecek sinyal siaran TV digital di wilayah Anda melalui aplikasi Sinyal TV Digital yang bisa diunduh pada ponsel. Sebelum memulai mengecek jangkauan sinyal, beri izin akses fitur lokasi pada aplikasi agar dapat memindai sinyal siaran TV digital di wilayah domisili Anda.

4. Sesuaikan arah antena

Langkah lain untuk mengatasi masalah sinyal TV digital adalah memastikan arah antena sudah tepat. Anda dapat memutar-mutar antena untuk mengetahui arah yang paling bagus untuk menangkap sinyal.

Meski sudah pakai STB, masalah tidak ada sinyal kadang bisa muncul. Cara mengatasinya kurang lebih sama dengan yang sudah disebut di atas. Selain mengecek perangkat TV, Anda dapat mengecek kembali kondisi STB seperti berikut:

  • Cek colokan STB. Bila ada komponen yang rusak karena kotor, penyok, atau tidak tersambung sempurna, maka dapat memengaruhi penerimaan sinyal.
  • Cek setelan STB. Pastikan Anda mengikuti panduan di buku manualnya agar pengaturannya tepat.

Televisi AQT75P750UX Hadirkan Kenyamanan Menonton Tayangan Siaran Digital

Kita sudah memasuki era tayangan siaran digital. Supaya kegiatan menonton makin seru, pastikan Anda menggunakan TV yang canggih, seperti televisi AQT75P750UX persembahan dari AQUA Elektronik.

Televisi AQT75P750UX dilengkapi berbagai fitur canggih yang akan memberikan Anda pengalaman menonton yang menakjubkan di rumah. Televisi berukuran 50 inci ini memiliki fitur 4K HDR, Dolby Vision & Dolby Atmos dan MEMC yang dapat menunjang segala kebutuhan menonton Anda.

Fitur 4K HDR membuat resolusi warna lebih tajam, detail gambar semakin jelas dan hidup. Sementara, Dolby Vision membuat gambar semakin hidup dan warna lebih akurat.

Ada pula fitur Dolby Atmos yang membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Selain itu, terdapat lebih dari 5000 aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Dengan Google TV, Anda cukup mengunduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play, lalu nikmati layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV Anda.

Luar biasa, bukan? Segera miliki AQT75P750UX di rumah Anda! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik dan temukan berbagai promosi menarik untuk Anda!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003