Sudah Paham Cara Membuang Air di Mesin Cuci?


Salah satu tanda mesin cuci berfungsi dengan baik adalah pembuangan airnya lancar. Bila bagian ini bermasalah, maka proses pencucian pun akan terganggu. Maka itu, penting bagi kita sebagai pengguna mesin cuci untuk mengetahui cara membuang air di mesin cuci dengan benar guna menghindari kerusakan pada mesin cuci dan agar mesin cuci dapat awet dipakai dalam waktu yang lama.

Hal itu penting diketahui karena kadang terjadi kesalahan umum dalam membuang air di mesin cuci tanpa disadari. Akibatnya, fungsi mesin cuci jadi terganggu. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah tidak mengikuti panduan dengan tepat.

Di sisi lain, ada juga beberapa faktor yang dapat menyebabkan air di mesin cuci tidak bisa keluar secara otomatis. Berikut infonya yang perlu Anda ketahui:

  • Terjadi sumbatan di dalam pipa
  • Terjadi kebocoran
  • Terdapat kendala pada filter pompa
  • Beban cucian terlalu berat

Cara Membuang Air di Mesin Cuci yang Mudah

Agar mesin cuci awet, Anda perlu juga mengetahui bagaimana cara membuang air di mesin cuci yang benar. Nah, caranya ternyata sedikit berbeda antara mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Simak tips cara membuang air di mesin cuci berikut ini, termasuk cara membuang air di mesin cuci AQUA.

Pada mesin cuci 1 tabung

  • Mesin cuci 1 tabung umumnya sudah otomatis. Pada mesin cuci otomatis, berbagai fungsinya sebenarnya sudah diatur secara otomatis. Biasanya Anda hanya cukup menekan satu atau beberapa tombol pengaturan, dan mesin cuci akan bekerja hingga pakaian bersih dan kering.
  • Pastikan mesin cuci masih terhubung dengan daya listrik.
  • Pastikan selang air dalam keadaan diturunkan.
  • Tekan “Power” untuk menyalakan mesin cuci otomatis.
  • Pilih fungsi “Spin” dengan tanda lampu indikator menyala pada “Spin” saja.
  • Tekan “Start” agar mesin cuci membuang air secara otomatis tanpa perlu diambil manual. Setelah menekan “Start”, proses membuang air akan berjalan sebelum proses pengeringan.
  • Bila air sudah habis, matikan dengan menekan “Power off”.

Pada mesin cuci 2 tabung

Bila Anda menggunakan mesin cuci 2 tabung, simak cara membuang air di mesin cuci pada mesin cuci 2 tabung berikut ini.

  • Pastikan proses pencucian sudah selesai. Caranya: kenop Wash sudah berada di posisi normal.
  • Turunkan pipa pembuangan mesin cuci.
  • Putar kenop Cycle Selector ke posisi Drain agar air terbuang lewat pipa pembuangan.
  • Pada proses pengeringan, biarkan kenop Cycle Selector pada posisi Drain dan tuas Water Supply Selector di posisi Spin.

Membuang air di mesin cuci secara manual

Ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan dulu untuk cara membuang air di mesin cuci secara manual, yaitu gayung, ember, dan kain lap atau kanebo. Setelah itu, ikuti langkahnya berikut:

  • Cabut aliran listrik mesin cuci.
  • Pindahkan pakaian yang sedang dicuci ke ember yang sudah disiapkan.
  • Setelah semua pakaian sudah dikeluarkan, maka kamu hanya perlu mengeluarkan sisa-sisa air yang ada di dalam tabung mesin cuci.
  • Gunakan gayung untuk membuang air yang masih ada di dalam tabung mesin cuci.
  • Terakhir, gunakan kain lap atau kanebo untuk membantu mengeluarkan air sisanya.

Mesin Cuci FQW-1580BS: Canggih dan Otomatis, Bikin Mencuci Jadi Lebih Mudah

Adanya mesin cuci di rumah sangat membantu memudahkan kegiatan mencuci pakaian keluarga. Apalagi jika mesin cuci memiliki fitur-fitur yang canggih dan otomatis. Anda cukup melakukan pengaturan seminimal mungkin dan mesin cuci akan bekerja sendiri membersihkan baju sembari Anda melakukan aktivitas lain.

Mesin cuci FQW-1580BS persembahan dari AQUA Elektronik mempunyai karakteristik seperti itu. Mesin cuci dengan tabung Super Drum ini dilengkapi berbagai fitur canggih yang dapat memudahkan Anda dalam mencuci pakaian.

Mesin cuci FQW-1580BS menggunakan teknologi terkini diameter super besar 601mm dengan body lebih ramping untuk memberikan ruang yang lebih luas dan desain menawan untuk rumah modern Anda. Dengan mesin cuci ini, mencuci bersih lebih cepat hingga 55%. Ditambah lagi dengan adanya Teknologi Eco Inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda nyaman saat mencuci.

Kecanggihan lainnya adalah fitur Refresh. Dengan fitur ini, air akan dipanaskan pada suhu 60-65 derajat Celcius selama 5 menit dan menjadi uap air kecil. Mereka akan menembus pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau. Kemudian aliran udara dingin akan menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya sehingga dapat meminimalkan kerutan dalam 15-30 menit.

Fitur Steam juga membantu membersihkan pakaian dari bakteri. Fitur ini bekerja dengan memanaskan air hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super, sehingga dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen dan tungau yang efektif untuk menjaga kesehatan keluarga.

Bagi Anda yang mencari kemudahan pada mesin cuci, segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga dan miliki mesin cuci canggih dan otomatis seri FQW-1580BS.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003