Mudah! Ini Cara Scan Ulang TV Digital!

Kini siaran televisi analog telah dihentikan di sebagian besar wilayah Indonesia. Penonton pun mulai beralih ke TV digital untuk menyaksikan tayangan favorit. Namun, untuk menemukan channel TV, pengguna perlu melakukan scan ulang dulu.

Lalu bagaimana cara scan ulang TV digital? Cara scan ulang TV digital bisa dilakukan dengan atau tanpa STB hanya dalam beberapa langkah saja.

Bila pernah memindai TV digital tapi ingin memindai ulang, Anda hanya perlu mengubah sedikit pengaturan televisi. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak dulu informasi di bawah inI!

Apa Maksud dari Scan Ulang TV Digital?

Scan ulang TV digital merupakan proses pemindaian frekuensi siaran televisi guna menemukan saluran baru atau memperbarui saluran yang sudah ada. Tahap ini menjadi kunci agar penonton memperoleh kualitas gambar dan suara optimal dalam siaran televisi digital.

Berbeda dari TV analog, siaran TV digital dikirim melalui sinyal dalam format digital sehingga kualitas gambar dan suaranya pun lebih jernih.

Mengapa Perlu Melakukan Scan Ulang TV Digital?

Sejatinya, sinyal TV digital bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi jika terjadi perubahan pada penyedia layanan atau pemancar siaran. Inilah salah satu alasan mengapa Anda perlu melakukan scan ulang TV digital secara berkala.

Selain memperbarui frekuensi siaran yang berubah, Anda juga bisa menerima saluran-salutan terbaru yang bisa diakses di wilayah sekitar. Proses pemindaian ulang TV digital pun perlu dilakukan ketika siaran hilang akibat cuaca buruk.

Cara Scan Ulang TV Digital Tanpa STB

Untuk televisi yang tidak memerlukan STB, berikut cara scan ulang TV digital:

  • Nyalakan Televisi

Siapkan remote TV dan pastikan antena telah terhubung dengan baik. Nyalakan TV dengan remote agar untuk scan ulang TV digital.

  • Masuk ke Pengaturan

Arahkan pointer ke menu Pengaturan dan cari halaman pencarian sinyal. Di sinilah proses pemindaian saluran akan dimulai.

  • Pilih ke DTV

Biasanya, televisi tanpa STB memiliki dua pilihan teknologi DVB – T2, yaitu ATV dan DTV. Pilih DTV jika Anda ingin scan ulang siaran TV.

  • Proses Pemindaian Berjalan Otomatis

Setelah memilih DTV, arahkan pointer ke opsi Auto Scan untuk mulai pemindaian ulang channel TV digital. Karena berlangsung otomatis, Anda hanya tinggal menunggu hingga proses selesai dan TV menyimpan siaran digital yang ditemukan.

  • Pilih Saluran yang Ingin Diperbarui

Untuk melakukan scan ulang, biasanya terdapat pilihan Pemindaian Saluran Terpilih atau Pemindaian Semua Saluran. Jika ingin memperbarui saluran tertentu, pilih opsi yang berkaitan lalu ikuti instruksi selanjutnya.

  • Ulangi Jika Diperlukan

Setelah selesai, layar TV akan menampilkan daftar saluran yang telah dipindai ulang. Pastikan semua saluran yang diinginkan telah terdaftar. Jika masih ada yang kurang, ulangi proses pemindaian atau periksa koneksi antena.

Cara Scan Ulang TV Digital dengan STB

Meski siaran analog telah dihentikan, bukan berarti televisi analog Anda tidak bisa digunakan lagi. Dengan STB (Set Top Box), TV analog Anda bisa menangkap siaran digital dengan mudah.

Cara scan ulang TV digital dengan STB juga mudah kok. Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  1. Nyalakan TV, pastikan layar sudah menampilkan sumber AV
  2. Nyalakan STB lalu masuk ke halaman Menu menggunakan remote bawaan dari STB
  3. Pilih opsi Pencarian Otomatis, Auto Scan, atau Auto Tuning, tergantung apa yang ditampilkan di layar
  4. Tunggu hingga proses pemindaian ulang selesai 100% lalu pilih opsi Simpan
  5. Setelah scan ulang, daftar siaran TV digital terbaru akan muncul di layar

Pada dasarnya, cara scan ulang TV digital untuk semua tipe Set Top Box sama saja. Tetapi, ada beberapa unit yang meminta Anda memasukkan kode pos atau kode area.

Sebelum memindai, Anda pastikan dulu kode area atau kode pos secara online melalui mesin pencarian atau aplikasi. Setelah itu, ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan menggunakan remote
  2. Pilih menu Saluran kemudian Pindai Saluran
  3. Pilih Pencarian Otomatis untuk memperoleh sinyal siaran secara otomatis
  4. Masukkan kode pos / kode area tempat tinggal
  5. Kemudian pilih Mode Penala ke Antena dan Tipe Saluran Digital
  6. Pilih opsi Cari lalu tunggu hingga proses pemindaian selesai dan siaran tersimpan secara otomatis.

Ingin menikmati tayangan digital dengan teknologi kekinian? AQUA Elektronik menghadirkanTELEVISI AQT43P750UX untuk memberikan pengalaman menonton yang menakjubkan di rumah Anda.

TV pintar ini dilengkapi dengan teknologi HQLED sehingga layar menampilkan beragam level warna yang lebih presisi. Kontrol kecerahannya dapat menciptakan warna yang halus dan tajam berkat fitur 4K HDR.

Terdapat juga teknologi Dolby Atmos dan Dolby Vision yang tidak hanya menghasilkan detail gambar lebih jelas dan hidup, tapi juga realisme suara yang menakjubkan. Tidak heran bila Anda merasakan pengalaman nonton di bioskop lewat AQUA TV berukuran 50 inci ini.

Tak hanya menonton, Anda juga bisa main game dan mengakses ribuan aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Dengan Hands – free Voice Control, mengoperasikan TELEVISI AQT43P750UX semakin mudah untuk menunjang segala kebutuhan menonton Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003