Apakah Smart TV Bisa Nonton Siaran TV Digital?

Smart TV adalah televisi yang tidak hanya digunakan untuk menonton TV seperti pada umumnya. Ciri utama smart TV adalah menggunakan koneksi internet sehingga TV ini bisa digunakan juga untuk mengakses hiburan lain seperti layanan streaming, web browser, aplikasi, serta permainan. Lalu, apakah smart TV bisa nonton TV digital?

Perbedaan utama smart TV dengan TV jenis lain adalah pada fitur internetnya. Smart TV dapat terkoneksi dengan internet karena dibekali perangkat penerima (receiver) sinyal WiFi dan sistem operasi bawaan.

Smart TV seperti memiliki komputer yang terpasang di TV. Jenis TV ini memiliki beberapa fitur utama yang membedakannya dari perangkat TV biasa. Karena terkoneksi dengan internet, smart TV dapat digunakan untuk mengakses beragam aplikasi video-on-demand atau streaming.

Sejak tahun 2022, siaran TV analog sudah beralih semua ke siaran TV digital. Meskipun demikian, tidak semua perangkat TV mampu menangkap siaran ini. Bagaimana dengan smart TV? Apakah smart TV bisa nonton TV digital? Tentu saja.

Smart TV dapat menangkap siaran TV digital bila perangkatnya sudah dilengkapi dengan dekoder DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial). Bila smart TV belum dibekali fitur dekoder DVB-T2, maka perlu menggunakan STB untuk bisa menangkap siaran TV digital. Itulah cara nonton TV digital di smart TV.

Berikut beberapa kelebihan smart TV:

  • Memiliki koneksi internet sehingga pengguna dapat mengakses konten online seperti video streaming, aplikasi, dan permainan.
  • Dapat dipersonalisasi sehingga pengguna dapat mempersonalisasi pengalaman menonton mereka dengan memilih aplikasi dan konten yang ingin mereka akses.
  • Kontrol suara dan gerakan yang mudah yang memudahkan pengguna untuk menavigasi TV dan mencari konten.

Bagaimana Mengetahui Smart TV Sudah Digital?

Apakah TV di rumah Anda dapat mengakses siaran TV digital? Bila belum, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara mengetahui smart TV sudah digital?

Tenang, ada tips mudah yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Kunjungi laman Siaran Digital Kominfo (https://siarandigital.kominfo.go.id/home) Setelah laman terbuka, klik menu “Sertifikasi STB”.
  • Lalu, pilih opsiSertifikasi TV Digital” pada bagian atas tengah.
  • Masukkan merek dan model TV Anda di kolom pencarian, kemudian klik tombolcari”.
  • Jika televisi Anda masuk dalam kategori TV digital, maka nama model TV akan muncul. Namun, jika pencarian tidak membuahkan hasil, artinya TV Anda masih analog.

Televisi AQT43P750UX Pilihan Terbaik untuk Nikmati Siaran Digital dengan Gambar dan Suara Yang Jernih

Sudahkah Anda menikmati siaran TV digital? Jangan lupa untuk menggunakan perangkat yang tepat agar dapat menonton dengan gambar dan suara yang jernih. Gunakan televisi AQT43P750UX persembahan dari AQUA Elektronik yang dilengkapi dengan fitur-fitur memadai.

Menonton siaran digital akan makin nikmat berkat fitur 4K HDR yang membuat resolusi warna lebih tajam, detail gambar semakin jelas dan hidup. Ditambah lagi dengan Dolby Vision yang membuat gambar semakin hidup dan warna lebih akurat.

Fitur Dolby Atmos akan membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Televisi AQT43P750UX HQLED berukuran 50 inci ini menggunakan teknologi TV LCD yang meningkatkan warna yang presisi sehingga menghadirkan lebih banyak level warna. Sementara, Kontrol Kecerahan Tinggi menciptakan tingkat warna yang halus. Abadikan semua detailnya, melihat gambar yang lebih jernih, menampilkan kedalaman warna.

Anda juga dapat menikmati Google TV melalui televisi ini dan menikmati lebih dari 5000 aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Cukup unduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play, lalu nikmati layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV Anda.

Fitur Hands-free Voice Control akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan tayangan. Jangan biarkan jarak jauh menghalangi. Katakan saja, dana Anda akan melihatnya. Cukup ucapkan "Hai Google" ("OK Google") untuk memulai.

Tunggu apa lagi? Segera miliki televisi canggih yang dilengkapi fitur memadai ini sekarang juga! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mendapatkan berbagai promosi menarik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003