TV QLED dan OLED, Apa Saja Perbedaannya?

TV LED banyak diminati masyarakat karena memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari desainnya yang tipis hingga kualitas gambarnya yang jernih. Tapi, apa sebenarnya perbedaan QLED dan OLED TV?

TV LED adalah jenis perangkat TV yang memiliki sistem pencahayaan menggunakan lampu diode (LED). Adanya teknologi LED membuat TV lebih hemat konsumsi listrik dibandingkan TV LCD.

QLED adalah singkatan dari Quantum Light-Emitting Diode. Secara umum, TV QLED sama seperti TV LED biasa. Perbedaan utamanya adalah QLED menggunakan partikel nano kecil yang disebut titik kuantum untuk meningkatkan kecerahan dan warnanya.

Sementara itu, OLED adalah singkatan dari Organic Light-Emitting Diode. OLED terdiri dari lapisan tipis komponen organik yang memancarkan cahaya saat arus melewatinya. Setiap piksel individu dalam panel OLED adalah lampu LED yang dapat menghasilkan cahaya dan warna dalam satu elemen.

Anda mungkin juga pernah dengar tentang TV AMOLED. Apa perbedaan OLED dan AMOLED? AMOLED terdiri dari lapisan tambahan transistor film tipis (TFT). Pada TV AMOLED, kapasitor penyimpanan digunakan untuk mempertahankan status piksel. Tampilan OLED jauh lebih hitam dibandingkan dengan tampilan AMOLED.

Menonton TV menggunakan TV QLED dan TV OLED memang akan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan TV konvensional. Kualitas gambar dan suara yang optimal tentu membuat kegiatan menonton jadi makin menyenangkan.

Perbedaan QLED dan OLED TV

Meskipun sama-sama memiliki teknologi LED, namun, panel layar TV QLED dan OLED memiliki sejumlah perbedaan. Berikut penjelasannya, termasuk perbedaan OLED 1 dan OLED 2.

  • Teknologi layar QLED dan OLED

Untuk menampilkan warna gelap, panel OLED akan mematikan piksel sehingga tidak ada cahaya yang memancar. Hal ini membuat tingkat kehitaman warna yang dihasilkan TV OLED jadi sangat gelap. Hitamnya pekat sehingga menimbulkan kesan elegan.

Sementara itu, panel QLED hanya akan menghalangi cahaya lampu sehingga layarnya masih menyisakan cahaya. Itu sebabnya, warna hitam pada panel QLED tidak sepekat warna hitam yang dihasilkan TV OLED.

  • Kontras warna

TV OLED memiliki tampilan warna yang lebih murni dan pekat. Panel TV OLED mampu menciptakan warna gelap yang absolut, yang tidak bisa dihasilkan oleh TV QLED. TV QLED terpaksa meredupkan lampu latar LED dan memblokir cahaya yang tersisa sehingga warna hitam yang dihasilkan biasanya agak pucat dan sedikit keabuan.

  • Tingkat kecerahan

Setiap piksel pada TV OLED tidak mampu memancarkan cahaya dalam jumlah yang sama. Oleh karena itu, TV OLED tidak dapat menghasilkan warna yang cerah di ruangan terang, misalnya pada siang hari.

TV QLED menggunakan titik kuantum untuk memaksimalkan cahaya tanpa kehilangan saturasi warna. Oleh karena itu, Anda bisa menonton dengan tampilan gambar dan warna yang lebih jelas walaupun berada di ruangan terang atau gelap sekali pun.

  • Kecepatan refresh (waktu respons)

Yang dimaksud dengan kecepatan refresh adalah waktu yang diperlukan piksel untuk beralih dari satu kondisi ke kondisi lainnya. Semakin cepat waktu responsnya, maka semakin tajam gambar yang dihasilkan, terutama saat adegan aksi cepat. Waktu respons pada TV QLED antara 2–8 milidetik, sedangkan TV OLED adalah 0,1 milidetik.

  • Konsumsi daya

Panel OLED tidak memerlukan lampu latar super terang sehingga lebih hemat energi. Selain itu, TV OLED juga memancarkan lebih sedikit panas daripada TV QLED.

  • Usia pakai

Secara umum, daya tahan TV tergantung pada pemakaiannya. Namun, TV QLED memakai backlighting LED yang memiliki masa pakai lebih lama atau lebih awet dibandingkan usia pakai TV OLED.

TV AQT65C900UX, Berkualitas dengan Teknologi OLED

TV OLED memang memiliki keunggulannya tersendiri. Bagi Anda yang ingin memiliki TV OLED di rumah, TV AQT65C900UX persembahan dari AQUA Elektronik adalah pilihan terbaik.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki TV AQT65C900UX. Pertama, TV ini dilengkapi teknologi OLED sehingga bisa menghadirkan kualitas gambar dengan warna natural. Berkat kualitas ini, Anda dan keluarga dapat menikmati pengalaman menonton yang mengagumkan.

Kedua, TV AQT65C900UX memiliki fitur 4K HDR yang membuat resolusi warna jadi lebih tajam, serta detail gambar jadi semakin jelas dan hidup. Keunggulan ini tentu sangat mendukung bagi Anda yang gemar bermain game yang menakjubkan.

Selain itu, TV AQT65C900UX juga dilengkapi dengan fitur Dolby Vision dan Dolby Atmos yang membuat gambar jadi makin hidup serta suara yang menyebar seperti di bioskop. Tentu akan sangat menyenangkan jika bisa menonton TV di rumah tapi dengan kualitas suara seperti saat menonton film di bioskop!

Dolby Atmos membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, miliki televisi berkualitas dengan teknologi OLED persembahan dari AQUA Elektronik! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik dan dapatkan berbagai promo dan hadiah menarik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003