Tahu Arti Baby Care Pada Mesin Cuci? Ini Jawabannya!

Kehadiran perangkat elektronik canggih di rumah sangat efektif meringankan pekerjaan rumah tangga, tak terkecuali aktivitas mencuci pakaian. Kalau rutinitas sehari-hari membuat Anda ekstra sibuk, tentu saja mesin cuci satu tabung dapat menjadi solusi yang tepat. Anda harus cermat mempelajari beragam fiturnya agar bisa menggunakannya secara efektif. Salah satu hal penting yang tak boleh luput dari perhatian adalah arti baby care pada mesin cuci.

Ingin tahu lebih detail seputar fungsi fitur baby care di mesin cuci? Mari simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini!

Mengenal Arti Baby Care pada Mesin Cuci

Secara sederhana, arti baby care pada mesin cuci dapat didefinisikan sebagai mode khusus untuk mencuci pakaian bayi. Sejak dahulu masyarakat terbiasa mencuci pakaian bayi secara manual karena ukurannya mungil, teksturnya dianggap rentan rusak, serta harus dibilas sampai bersih sempurna.

Kini, kehadiran fitur baby care pada mesin cuci dapat mempermudah aktivitas mencuci pakaian bayi sebab Anda dapat melakukannya secara praktis. Hasil pencucian dengan mode tersebut akan lebih bersih daripada mode lain tanpa menyebabkan kerusakan pada pakaian bayi.

Selain fitur tersebut, masih ada dua fitur lainnya yang tak kalah bermanfaat yaitu school care dan easy care. Arti school care pada mesin cuci menunjukkan bahwa mode tersebut dapat diandalkan untuk mencuci berbagai pakaian sekolah, seperti seragam, jas almamater, dan kaos kaki. Sementara itu, arti easy care pada mesin cuci adalah mode pencucian untuk pakaian dan benda lain yang terbuat dari bahan non-katun, seperti poliester, chifon, dan viscose. Beberapa jenis bahan tersebut tidak mudah kusut sehingga bisa dicuci secara mudah dengan mode easy care tanpa harus disetrika.

Proses Mencuci Pakaian Bayi Harus Benar-Benar Higienis, Mengapa?

Sistem kekebalan tubuh bayi tentu belum sekuat anak-anak dan orang dewasa. Itulah sebabnya bayi rentan tertular penyakit dari hal-hal sederhana, misalnya pakaian yang kotor. Selain itu, perlengkapan bayi sering terkena berbagai jenis kotoran, seperti sisa makanan, muntah, atau residu saat Buang Air Kecil (BAK) atau Buang Air Besar (BAB).

Kontaminasi kotoran yang tidak dibersihkan secara efektif berisiko mengganggu kesehatan kulit bayi di kemudian hari. Arti baby care pada mesin cuci sangat besar karena mempermudah proses mencuci perlengkapan bayi tanpa mengabaikan sisi kehigienisannya.

Ada beberapa aturan tak tertulis yang wajib dilakukan ketika mencuci pakaian serta perlengkapan bayi, yaitu:

  • Perlengkapan bayi yang baru harus segera dicuci sebelum dipakai.
  • Prioritaskan penggunaan detergen yang diformulasikan khusus untuk perlengkapan bayi.
  • Jangan menunda proses pencucian perlengkapan bayi yang kotor karena terkena sisa makanan, feses, atau urine.
  • Pisahkan baju bayi sesuai bahan, warna, dan tingkat kotornya ketika hendak mencuci.
  • Bilas baju dan perlengkapan bayi hingga benar-benar bersih supaya tidak ada sisa detergen dan kotoran yang tertinggal.

Cara Menggunakan Fitur Baby Care pada Mesin Cuci

Setelah mengetahui arti baby care pada mesin cuci, sekarang saatnya Anda memanfaatkan fitur tersebut untuk mencuci dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pisahkan pakaian bayi terlebih dulu: proses mencuci pakaian bayi harus diawali dengan memisahkannya terlebih dahulu. Jangan campurkan pakaian bayi yang tidak terlalu kotor dengan pakaian atau perlengkapan bayi lainnya yang mengandung sisa makanan, feses, atau urine. Kotoran yang melekat pada pakaian bayi harus dibuang terlebih dahulu sebelum pencucian berlangsung.
  • Masukkan pakaian ke mesin cuci: tahap berikutnya adalah memasukkan pakaian bayi ke mesin cuci. Usahakan untuk mengisi mesin cuci sesuai kapasitas. Jangan sampai Anda mengisi mesin cuci terlalu penuh sehingga performanya kurang maksimal. Kalau pakaian bayi yang hendak dicuci tergolong banyak, bagilah ke dalam beberapa sesi pencucian.
  • Pilih mode baby care: selanjutnya, Anda tinggal mengaktifkan mode baby care yang tersedia pada panel kontrol. Kalau mesin cuci Anda juga membutuhkan pengaturan level air secara manual, pilihlah level maksimal agar hasil bilasan bersih maksimal.
  • Tambahkan detergen ke cucian: sambil menunggu proses pengisian air ke mesin cuci, Anda bisa langsung menambahkan detergen ke pakaian yang hendak dicuci. Gunakan detergen khusus baju bayi dengan takaran secukupnya. Penggunaan detergen yang berlebihan malah berisiko meninggalkan residu ketika proses pembilasan sudah selesai.
  • Mulai mencuci: bila seluruh tahapan tersebut sudah Anda lakukan, berarti Anda tinggal menunggu proses pencucian rampung. Segera angkat baju dan perlengkapan bayi yang sudah bersih lalu jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung supaya warna dan teksturnya tahan lama.

Sekarang, proses mencuci pakaian bayi maupun jenis pakaian lainnya yang ekstra kotor akan semakin mudah bila Anda menggunakan MESIN CUCI FQW-1580BS persembahan AQUA Elektronik. Mesin cuci dengan tabung XXL Superdrum 601 mm berkapasitas hingga 15 kg ini dilengkapi berbagai fitur canggih yang mempermudah proses pencucian. Ada fitur Refresh yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran.

Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan. Selain itu, ada fitur Steam yang akan memanaskan air hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

MESIN CUCI FQW-1580BS juga dilengkapi perawatan anti bakteri eksklusif Anti-Bacterial Treatment (ABT) yang menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Teknologi ini memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.

Sistem pembersihan otomatis Dual Spray akan diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur tersebut dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal. Tak perlu khawatir soal suara mesin yang kerap bising karena mesin cuci AQUA Elektronik ini telah disertai teknologi eco inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Aktivitas mencuci baju bayi maupun jenis pakaian lainnya pasti terasa praktis bila Anda menggunakan mesin cuci canggih dan sudah menguasai berbagai fiturnya. Jadi, manfaatkanlah mode baby care di mesin cuci serta fitur-fitur lain secara maksimal untuk mendapatkan hasil cuci yang sempurna.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003