Kenapa TV Digital Berwarna Biru? Simak Penyebab & Cara Mengatasinya

TV digital yang beredar di masyarakat sekarang mengusung konsep tampilan warna jernih dan berkualitas. Namun, salah satu “penyakit” atau permasalahan umum yang terjadi pada TV digital adalah munculnya warna biru atau blue screen pada layar.

Padahal, seharusnya televisi menampilkan campuran warna yang optimal agar konten video terlihat bagus. Jika Anda pernah mengalami kejadian ini, Anda perlu tahu beberapa penyebabnya agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Lantas, kenapa TV digital berwarna biru? Bagaimana cara mengatasinya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari simak pembahasan lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Penyebab TV Digital Berwarna Biru

TV digital berwarna biru bukanlah muncul tiba-tiba tanpa sebab. Berikut ada beberapa penyebab umum yang menjadi inti masalah:

1. Kerusakan atau Gangguan pada Transistor Warna

Transistor warna pada TV adalah rangkaian sistem yang bertugas untuk mengolah sinyal warna pada televisi sebelum akhirnya tampil pada layar. Warna pada televisi terdiri dari 3 warna utama, yaitu RGB atau Red (merah), Green (hijau), dan Blue (biru).

Ketiga warna ini perlu diolah dan dicampur agar menghasilkan warna yang selaras sesuai konten video. Akan tetapi, jika salah satu transistor warna pada televisi mengalami kerusakan, tampilan warna pada layar tidak akan optimal. Pasalnya, pengendalian warna pada televisi ini mengandalkan transistor warna yang merekat pada PCB (Printed Circuit Board).

Tidak hanya itu saja, ketika transistor warna sudah mengalami kerusakan, Anda perlu lebih berhati-hati ketika akan memperbaikinya. Pasalnya, apabila Anda justru mengganti warna yang tidak rusak, hal tersebut akan memengaruhi keseluruhan transistor. Dengan demikian, kerusakan lebih banyak pun berpotensi terjadi.

2. Penurunan Tegangan pada Katoda

Tegangan katoda adalah tegangan yang berada dalam tabung vakum khusus tempat gambar dihasilkan akibat berkas elektron yang menabrak permukaan. Pada dasarnya, tegangan katoda ini memang digunakan untuk tampilan komputer dan diimplementasikan juga dalam televisi. Tegangan ini berada dalam tabung gambar yang berada dalam TV.

Jika terjadi penyimpangan atau ketidakstabilan tegangan pada katoda, warna yang dihasilkan tidak akan stabil. Warna layar televisi bisa berubah tampilannya menjadi warna biru seluruhnya atau lebih gelap dan layar TV muncul garis.

3. Masalah Resistor Akibat Arus Pendek

Penyebab warna TV tidak normal saat dinyalakan berikutnya adalah akibat permasalahan pada resistor. Resistor sejatinya berperan penting dalam perangkat elektronik karena berfungsi sebagai penghambat dan pengatur arus listrik. Resistor inilah yang bertugas untuk menjalankan sistem televisi.

Resistor ini akan membagi secara optimal besaran arus listrik yang masuk. Tujuannya adalah agar tidak terjadi lonjakan arus tinggi listrik secara mendadak. Resistor TV dipada pada PCB dengan posisi mana pun.

Permasalahan TV digital berwarna biru bisa muncul akibat resistor terkena voltase atau arus listrik tinggi dan memanjang. Akibatnya, resistor menjadi mudah putus. Resistor yang putus akan menghasilkan tampilan warna tidak stabil pada layar TV.

4. Kerusakan Mainboard (Motherboard)

Pada dasarnya, televisi memiliki sistem operasi seperti komputer sehingga mempunyai mainboard (motherboard) di dalamnya. TV digital berwarna biru bisa terjadi akibat adanya kerusakan pada mainboard.

Kerusakan ini umumnya terjadi akibat adanya gangguan pada kabel LVDS (Low Voltage Differential Signaling) yang terhubung langsung dengan controller board. Idealnya, posisi kabel tidak longgar dan berada pada posisi yang tepat. Permasalahan terjadi akibat kabel tidak sengaja tercabut atau terputus.

5. IC Kroma (Soket Tabung) Rusak

TV digital yang setiap hari dinyalakan tentu bisa berujung pada kerusakan akibat panas berlebih. Alhasil, panas berlebih tersebut bisa merusak soket tabung (IC Kroma) pada televisi hingga berkarat.

Tidak hanya akibat pemakaian terlalu sering, soket tabung TV juga bisa rusak karena umur televisi yang sudah terlalu tua. Akibatnya, soket tabung lebih cepat berkarat dan rusak. Jika area IC Kroma ini rusak, tidak heran jika TV digital berubah warna menjadi biru sepenuhnya.

Cara Mengatasi TV Digital Berwarna Biru

TV digital berwarna biru bukan berarti tidak dapat diatasi atau diperbaiki. Anda tidak harus mengganti produk dengan yang baru atau bahkan memanggil teknisi. Berikut beberapa cara mengatasi perubahan warna pada televisi Anda:

1. Perbaiki Mainboard TV

Langkah pertama yang bisa dilakukan guna mengatasi TV digital berwarna biru adalah memperbaiki mainboard. Pastikan bahwa kabel antena, kabel LDVS, dan kabel-kabel lainnya terpasang dengan ketat dan sesuai pada posisinya.

Jika ada kabel yang kendur atau terlepas, pasanglah kembali dengan benar dan pastikan terpasang dengan kuat. Selanjutnya, lakukan reset ulang pada sirkuit fleksibel atau FPCB. Apabila Anda mengalami kesulitan, Anda bisa memanggil teknisi yang ahli di bidangnya.

2. Reset Saluran TV

TV digital berwarna biru bisa saja terjadi akibat adanya kesalahan pada saluran TV. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah me-reset atau restart ulang tampilan TV.

Anda bisa mematikan televisi sebentar dan kemudian menyalakannya lagi. Jika tampilan layar belum berubah warna, Anda bisa melanjutkannya ke langkah berikutnya.

3. Ubah Pengaturan Warna Lewat Remote TV

TV digital umumnya sudah dilengkapi dengan remote yang bisa mengubah pengaturan warna. TV digital berwarna biru bisa diakibatkan adanya perubahan warna dan kontras pada televisi.

Untuk mengatasinya, Anda dapat langsung pergi ke menu pengaturan warna yang tampil pada layar. Setelah itu, cek kembali kontras dan pemilihan warna layar apakah ada perubahan warna menjadi biru yang tidak seharusnya terjadi.

4. Pastikan Kabel Antena Tidak Rusak atau Putus

Ternyata kabel antena juga bisa menjadi penyebab TV digital berwarna biru, loh! Kabel antena menjadi media penerimaan sinyal pada TV. Jika kabel tersebut rusak atau putus, warna dominan biru akan muncul pada layar televisi.

5. Lakukan Pengukuran Tegangan

Terakhir, Anda bisa melakukan pengukuran tegangan pada katoda RGB. Normalnya, angka tegangan pada katoda yang stabil adalah 75 – 125 VDC. Kemudian, periksa setiap jalur unit pada katoda untuk melihat apakah ada kondisi yang tidak normal.

Nikmati Pengalaman Nonton TV dengan Kualitas Terbaik Menggunakan AQUA K800UX Series

TV digital berwarna biru bisa dicegah selama Anda menggunakan televisi berkualitas terbaik seperti Televisi K800UX Series dari AQUA Elektronik. Resolusi layar 4K HDR memberikan warna yang lebih tajam dan detail untuk setiap konten yang ditampilkan.

Jadi, Anda bisa lebih nyaman dan mendapatkan pengalaman baru dalam menonton televisi. Tidak hanya itu saja, layar Bezel-Less akan membuat tampilan konten televisi menjadi lebih luas tanpa adanya batas berupa pinggiran hitam. Dilengkapi dengan RAM 2GB ROM 32GB untuk merespons tampilan layar lebih cepat tanpa delay.

Itulah beberapa penyebab TV digital berwarna biru yang perlu Anda perhatikan. Perubahan warna tersebut tetap bisa diatasi dengan mengimplementasikan beberapa cara efektif seperti pembahasan di atas.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003