Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju tanpa Merusak Kain

Noda minyak membandel di pakaian akan sangat merusak penampilan karena sulit dihilangkan. Terlebih bagi Anda yang mempunyai anak kecil aktif yang berpotensi besar membuat noda pada pakaian. Noda minyak umumnya dibersihkan dengan pemutih, tetapi berisiko besar merusak kain baju.

Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada cara menghilangkan noda minyak di baju tanpa merusak kain, loh! Lalu, bagaimana caranya? Mari simak beberapa cara menghilangkan noda minyak di baju pada artikel di bawah ini!

Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju Tanpa Merusak Kain

Agar baju tetap stylist tanpa perlu memudarkan warna dan kualitas, berikut ada beberapa caar efektif menghilangkan noda minyak di baju:

1. Menggunakan Cuka

Cara yang pertama adalah menggunakan cuka sebagai bahan utamanya. Cuka merupakan bahan dapur yang umum dimiliki di rumah sehingga tidak perlu repot dalam pengaplikasiannya. Cuka mengandung asam asetat ringan yang bisa menghilangkan noda minyak di baju tanpa merusak kain.

Inilah mengapa, seringkali banyak orang yang menggunakan cuka untuk menghilagnkan noda minyak di baju putih dan berwarna. Jika pakaian putih Anda luntur, Anda pun bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan warna luntur tersebut, loh!

Nah, lalu, bagaimana cara mengaplikasikan cuka dalam menghilangkan noda minyak di baju? Mari simak langkahnya berikut ini:

  1. Siapkan baju yang terkena noda minyak. Kemudian, tutupi noda minyak dengan cuka secara menyeluruh;
  2. Setelah itu, campurkan cuka dan air untuk merendam baju. Perbandingan antara air dan cuka adalah 1:2;
  3. Lalu, rendam baju dalam campuran tersebut. Tunggu selama kurang lebih 10 s.d. 15 menit;
  4. Kemudian, gosok perlahan noda minyak di baju. Anda bisa menggunakan sikat gigi atau sikat pakaian jika noda terlalu besar atau sulit dihilangkan;
  5. Apabila noda sudah terlihat memudar atau hilang, bilas baju dengan air bersih. Pastikan proses ini dilakukan secara terpisah dari pakaian tidak bernoda lainnya, ya;
  6. Terakhir, campurkan baju dengan noda minyak yang sudah hilang tadi bersama pakaian yang akan dicuci. Masukkan detergen dan lakukan proses pencucian seperti biasa.

2. Menaburkan Baking Soda pada Pakaian

Berikutnya, Anda bisa menggunakan baking soda (bubuk pengembang) untuk menghilangkan noda minyak di baju tanpa merusak kain. Kandungan senyawa Natrium Karbonat di dalam baking soda-lah yang menjadi pemeran utama dalam menghilangkan noda minyak.

Namun, perlu diperhatikan bahwa baking soda kurang cocok digunakan untuk pakaian berbahan sutera atau sifon, ya. Pasalnya, kandungan senyawa dalam baking soda justru akan merusak kain pakaian dan menurunkan kualitasnya sehingga tidak nyaman digunakan.

Jika Anda ingin mencobanya, berikut cara menghilangkan noda minyak di baju tanpa merusak kain menggunakan baking soda:

  1. Baluri noda minyak pada baju menggunakan baking soda. Pastikan noda tertutup sempurna oleh bubuk;
  2. Diamkan baju yang sudah ditaburi baking soda selama 30 menit. Pastikan Anda tidak melebihi waktu tersebut atau bahkan didiamkan hingga berhari-hari, ya;
  3. Kemudian, gosok noda minyak yang sudah ditaburi baking soda menggunakan sikat gigi atau sikat lainnya;
  4. Apabila masih ada terlihat noda, Anda bisa menambahkan sabun cuci cair atau sabun cuci piring untuk membersihkannya;
  5. Terakhir, bilas pakaian dengan air mengalir. Lalu, keringkan!

3. Mengoleskan Pasta Gigi

Si kecil sedang aktif-aktifnya mewarnai menggunakan cat? Jangan halangi kreativitas mereka karena takut baju terkena cat minyak yang sulit dihilangkan. Anda bisa menghilangkan noda cat di baju tersebut hanya dengan pasta gigi, loh!

Kandungan Fluoride dalam pasta gigi berperan sebagai peluruh kotoran pada gigi. Gigi yang kotor akibat zat asam bisa dibersihkan dengan Fluoride. Hal yang sama pun berlaku untuk menghilangkan noda minyak di baju si kecil atau milik Anda.

Nah, berikut adalah cara menghilangkan noda minyak di baju tanpa merusak kain dengan pasta gigi yang bisa diikuti:

  1. Oleskan pasta gigi dengan kandungan Fluoride di atas noda minyak. Diamkan selama kurang lebih 10 s.d. 15 menit;
  2. Kemudian, sikat noda tersebut menggunakan tangan/sikat gigi/sikat cuci hingga bersih;
  3. Jika dirasa masih ada noda tersisa, Anda bisa menambahkan sabun cuci piring untuk hasil maksimal;
  4. Bilas pakaian dengan air bersih. Lalu, keringkan di bawah terik matahari.

4. Menggunakan Potongan Lemon

Cara menghilangkan noda membandel pada pakaian berikutnya adalah menggunakan potongan buah lemon. Jenis buah jeruk yang satu ini mengandung 5% asam sitrat yang bisa meluruhkan noda kuning dan minyak pada pakaian. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian putih ataupun berwarna.

Selain itu, agar hasil lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan air cuka dengan air perasan lemon, loh! Kedua campuran tersebut akan menghasilkan natural bleaching yang maksimal tanpa merusak kain.

Apabila ingin mencobanya, ikuti cara menghilangkan noda minyak di baju tanpa merusak kain menggunakan potongan lemon di bawah ini:

  1. Siapkan baju yang bernoda minyak. Kemudian, gosokkan potongan lemon di atas noda tersebut;
  2. Sesuaikan ukuran potongan lemon agar nyaman saat menggosok noda;
  3. Jika sudah bersih, bilas dengan air mengalir sambil tetap digosok. Lalu, keringkan di bawah terik matahari!

5. Memakai Sabun Cuci Piring

Jika menyimak pembahasan sebelumnya, sabun cuci piring dijadikan alternatif untuk menghilangkan noda minyak di baju. Hal ini disebabkan karena sabun cuci piring memiliki kandungan Texaphon dan Camperlan yang berfungsi untuk mengangkat noda membandel.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa penggunaan sabun cuci piring ini tidak perlu atau disarankan tidak terlalu banyak, ya. Pasalnya, mencampurkan sabun cuci piring dengan detergen atau bahan aktif lainnya justru akan merusak pakaian.

Maka dari itu, Anda hanya perlu mengikuti cara menghilangkan noda minyak di baju menggunakan sabun cuci piring di bawah ini:

  1. Oleskan sabun cuci piring pada noda minyak di baju. Pastikan noda tertutup sempurna oleh sabun cuci piring;
  2. Kemudian, diamkan baju selama kurang lebih 10 s.d. 15 menit;
  3. Lalu, sikat dan bilas pakaian hingga benar-benar bersih dari noda minyak.

Mencuci Lebih Mudah dan Cepat dengan FQW-1580BS

Bagaimana? Cukup mudah, bukan, cara menghilangkan noda minyak di baju tanpa merusak kain di atas? Setelah menghilangkan noda, pastikan Anda langsung mencucinya kembali menggunakan deterjen agar keseluruhan pakaian tetap bersih, ya.

Agar proses pencucian lebih mudah dan cepat setelah menghilangkan noda, Anda bisa mencuci menggunakan Mesin Cuci FQW-1580BS dari AQUA Elektronik. Mesin cuci ini memiliki beberapa fitur unggulan, seperti Steam dan ABT (Anti-Bacteria Treatment).

Fitur Steam berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan tungau dengan tetap mempertahankan kualitas kain Anda. Steam akan mengatur suhu yang tepat agar tidak merusak kain.

Kemudian, fitur ABT berfungsi untuk menjaga kondisi mesin cuci tetap bersih sehingga aman pakaian yang dicuci terhindar dari bakteri.

Demikianlah cara menghilangkan noda minyak di baju tanpa merusak kain yang bisa Anda coba di rumah. Pastikan Anda memperhatikan langkah-langkah pengaplikasiannya agar kain pakaian tidak cepat rusak, ya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003