Ampuh! Ikuti Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Berikut Ini!

Pakaian yang bagus bukan sekadar soal harga, merek, atau model saja. Ada banyak kriteria lainnya yang membuat suatu pakaian terlihat bagus, salah satunya yaitu bersih dan rapi. Anda pasti percaya diri saat menggunakan pakaian bebas noda.

Itulah sebabnya, Anda harus memahami berbagai cara efektif menghilangkan kotoran penyebab noda, termasuk cara menghilangkan noda kunyit di baju.

Senyawa curcumin yang menjadi sumber pigmen kuning pada kunyit memiliki daya tahan tinggi sehingga warnanya terbilang sulit dihilangkan. Namun, jangan berkecil hati dulu karena ada berbagai trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah noda tersebut.

Jangan tunggu sampai Anda repot mencari cara menghilangkan noda kunyit di baju yang sudah lama. Bergegaslah mengatasi noda kunyit secara cepat dengan melakukan beberapa cara ini supaya baju Anda kembali bersih:

Lekas Bersihkan Baju yang Baru Terkena Noda

Cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan bahan apa pun paling ampuh dilakukan sesaat setelah baju terkena noda. Jadi, jangan biarkan noda kunyit pada baju telanjur mengering sebab hal tersebut malah membuat noda makin sulit dibersihkan.

Bila perlu, basahi noda kunyit dengan air dingin sebelum Anda mulai menggunakan bahan-bahan lainnya untuk membersihkan noda tersebut. Hindari penggunaan air panas sebab suhu tinggi malah membuat pigmen kunyit melekat lebih kuat pada serat-serat kain.

Gunakan Cairan Anti Noda

Cairan anti noda adalah pertolongan pertama yang paling efektif untuk mengatasi noda kunyit pada baju. Cara penggunaannya juga sangat praktis. Anda tinggal menuangkan sedikit cairan anti noda pada permukaan baju yang bernoda. Kemudian, kucek baju perlahan-lahan supaya nodanya memudar dan baju kembali bersih.

Manfaatkan Hidrogen Peroksida untuk Baju Putih

Jika baju putih Anda terkena noda kunyit, maka Anda bisa memanfaatkan hidrogen peroksida untuk mengatasinya. Bahkan, cara menghilangkan noda kunyit di baju yang sudah lama juga bisa dilakukan dengan mengandalkan bahan pemutih tersebut.

Buatlah campuran hidrogen peroksida 20% dan air dengan perbandingan 1:9. Masukkan larutan hidrogen peroksida ke botol lalu semprotkan cairan tersebut pada bagian baju yang bernoda. Selanjutnya, rendam baju dalam larutan detergen seperti biasa selama kurang lebih 4 jam. Cucilah baju yang sudah direndam sambil mengucek bagian yang bernoda sampai benar-benar bersih.

Pakai Gliserin untuk Hilangkan Noda Kunyit

Belum banyak orang tahu kalau gliserin juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang noda. Cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan zat pengental tersebut cukup mudah. Anda tinggal mencampurkan gliserin dengan sedikit air lalu oleskan pada noda kunyit di baju.

Tunggu sejenak hingga noda menghilang lalu bilas pakaian seperti biasa untuk menghilangkan sisa gliserin. Kalau noda kunyit masih membandel setelah diberi gliserin, Anda bisa menguceknya sebentar sampai baju jadi bersih seperti sedia kala.

Maksimalkan Khasiat Lemon

Khasiat lemon untuk menghilangkan noda pada baju memang tak perlu diragukan lagi. Kandungan asam sitrat dalam jeruk lemon ternyata ampuh menghilangkan noda kunyit yang meresahkan.

Mulailah dengan memeras lemon lalu tuangkan air perasan tersebut pada bagian baju yang terkena noda kunyit. Diamkan selama beberapa menit lalu sikat perlahan-lahan menggunakan sikat berbulu lembut. Kalau noda kunyit sudah hilang, cucilah baju dengan air dingin seperti biasa.

Hilangkan Noda dengan Hand Sanitizer

Siapa sangka hand sanitizer bisa dijadikan pertolongan pertama untuk mengatasi noda kunyit di baju. Sebelum menuangkan hand sanitizer, basahi bagian baju yang bernoda dengan sedikit air lalu keringkan air tersebut menggunakan kain lembut lain.

Langkah pertama tersebut penting untuk mengangkat noda yang masih basah dan belum melekat kuat. Kemudian, tuangkan hand sanitizer lalu ratakan menggunakan tusuk gigi. Diamkan sejenak agar noda menghilang kemudian Anda bisa mulai mencuci baju seperti biasa.

Atasi Noda Menggunakan Cuka Putih

Membahas seputar cara menghilangkan noda kunyit di baju tentu belum lengkap tanpa menyebut cuka putih. Kandungan asam dalam cuka memang bermanfaat memutihkan dan menghilangkan noda.

Buatlah campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:1 dalam jumlah agak banyak. Celupkan dan rendam baju yang terkena noda kunyit ke dalam larutan cuka putih selama beberapa menit. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, gosoklah bagian baju yang bernoda dengan sikat berbulu lembut lalu cuci baju seperti biasa jika noda sudah hilang.

Bukan hanya pemahaman tentang cara menghilangkan noda kunyit di baju yang harus Anda kuasai. Hal lainnya yang tak kalah krusial untuk mendukung proses membersihkan baju adalah penggunaan mesin cuci berkualitas.

Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya sekaligus mendapatkan hasil pencucian maksimal jika menggunakan produk mesin cuci terbaik seperti MESIN CUCI FQW-1580BS dari AQUA Elektronik.

Mesin cuci bukaan depan (front load) berkapasitas 15 kg ini memiliki berbagai fitur canggih sebagai berikut:

601 Drum: diameter drum yang besar (601 mm) dengan bodi lebih ramping memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk rumah modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.

Inverter Motor: teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Teknologi ini memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.

Refresh: fitur yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Steam: air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Konsistensi AQUA Elektronik dalam menghadirkan produk-produk canggih bagi Anda telah dibuktikan melalui MESIN CUCI FQW-1580BS. Jangan sia-siakan kesempatan merasakan kemudahan proses mencuci baju yang efisien dan hasil maksimal dengan kehadiran mesin cuci AQUA Elektronik di rumah.

Untuk mendapatkan produk seri ini, Anda bisa langsung mengunjungi official store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003