Cara Menghilangkan Bau Apek pada Ruangan Tertutup


Siapa disini yang pernah membuka pintu gudang dan “seng…” langsung mencium bau yang tak sedap? Tentu semua orang pernah ya. Gudang adalah salah satu diantara beberapa ruangan di rumah yang seringkali mengeluarkan bau tidak sedap. Selain gudang, beberapa ruangan yang seperti ini biasanya adalah kamar mandi dan dapur, khususnya yang tidak dilengkapi dengan jendela.

Tidak hanya hunian bertingkat. Masalah bau pada ruangan ini juga bisa ada di rumah tapak. Karena pada dasarnya, bau apek, lembab atau tidak sedap lainnya bisa jadi bukan hanya karena tidak ada jendela, tetapi juga karena ada bangkai, penggunaan karpet dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau apek pada ruangan yang tertutup? Berikut ini selengkapnya:

Cara Menghilangkan Bau Apek pada Ruangan Tertutup

1. Buka pintu secara berkala

Umumnya, ruangan di sebuah rumah akan dilengkapi dengan ventilasi atau jendela. Kalaupun tinggal di apartemen, biasanya sumber sirkulasi udara berasal dari jendela balkon atau belakang apartemen. Selain untuk sirkulasi udara, hal ini juga dibutuhkan untuk asupan cahaya alami dari matahari.

Toilet atau gudang di rumah Anda tidak memiliki jendela atau ventilasi yang memadai? Maka, jangan keburu menutup pintu setelah ia digunakan. Biarkan pintu terbuka selama beberapa waktu untuk memastikan udara lembab dari dalam kamar mandi keluar berganti dengan udara segar.

2. Gunakan baking soda

Lantai di beberapa jenis bangunan, seperti rumah di negara 4 musim atau masjid, seringkali dilapisi dengan karpet atau dalam konteks masjid adalah sajadah. Namun masalahnya, karpet adalah bahan yang menyerap bau, sehingga apabila lama tidak dibersihkan, ia akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menaburkan baking soda ke sekeliling ruangan tersebut. Biarkan baking soda tersebut selama beberapa jam atau bahkan semalaman, baru kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner.

3. Gunakan kopi

Selain baking soda, bahan alami lain yang dapat digunakan untuk menetralisir bau tidak sedap di sebuah ruangan adalah kopi. Caranya mudah, cukup masukkan bubuk kopi ke dalam mangkok dan letakkan mangkuk tersebut ke sudut-sudut ruangan yang mengeluarkan bau tidak sedap.

4. Menggunakan tanaman hias pembersih udara

Tanaman hias ada di sebuah ruangan di rumah tidak hanya untuk mempercantik rumah tersebut. Banyak jenis tanaman hias, seperti lucky bamboo yang memiliki manfaat menetralisir dan membersihkan udara secara alami dan membuat udara di sekitarnya jadi lebih segar dan sehat.

Tapi, tidak semua tanaman hias cocok untuk dirawat di kamar yang relatif tertutup. Pilihlah tanaman hias yang tidak membutuhkan sinar matahari langsung dan dapat hidup di area yang lembab dan hangat untuk memastikan ia dapat hidup dengan baik di area seperti ini.

5. Menggunakan pengharum ruangan

Agar kamar mandi, ruang tamu atau bahkan lemari rumah Anda tidak mengeluarkan bau kurang sedap, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan. Anda bisa memilih pengharum ruangan dalam bentuk air diffuser, pengharum ruangan gantung dan atau pengharum ruangan semprot untuk menetralisir bau sesuai dengan ukuran dan tingkat kelembaban ruangan.

Tidak harus beli, Anda juga bisa membuat pengharum ruangan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada, seperti parfum baju dan air hangat. Namun, pastikan wadah pengharum ruangan alami ini jauh dari jangkauan anak kecil ya.

6. Menggunakan dehumidifier dan air purifier

Dehumidifier dan air purifier adalah dua alat yang sebaiknya Anda dapatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap di ruangan tertutup di rumah maupun apartemen. Dehumidifier adalah alat yang berfungsi untuk mengurangi kelembaban di udara, sementara air purifier adalah alat yang berguna untuk membersihkan udara dari bakteri dan kuman. Kedua alat ini dibutuhkan untuk menjaga kualitas udara di rumah Anda agar tetap sehat dan segar.

7. Menggunakan AC

Tidak hanya mendinginkan, banyak AC dengan teknologi terkini yang dilengkapi dengan fitur sterilisasi untuk membersihkan dirinya sendiri maupun udara di sekitarnya dari polusi, kuman dan bakteri di udara. Akibatnya, udara yang Anda hirup selalu segar dan sehat.

Akan tetapi, perlu diingat juga kalau AC yang tidak terawat dengan baik bisa menjadi sumber bau tidak sedap itu sendiri. Biasanya, hal ini karena adanya indikasi masalah pada AC itu sendiri. Misalnya, AC mengeluarkan bau gosong karena ada kabel atau mesin di dalamnya yang terbakar.

8. Membersihkan ruangan secara rutin

Hal yang paling penting dalam menghilangkan bau apek di sebuah ruangan adalah dengan membersihkannya secara rutin. Hal ini karena bau tidak sedap dalam sebuah ruangan tidak hanya disebabkan oleh buruknya kualitas udara saja, tetapi juga karena hal-hal lain, seperti tikus atau cicak yang mati dan kotoran-kotoran lain yang bisa menimbulkan bau tidak enak jika tidak dibersihkan.

Penyerap Bau Ruangan Alami

tanaman di ruangan

Dari pembahasan di atas, dapat ditarik beberapa jenis penyerap bau ruangan alami, yaitu:

  • Kopi.
  • Baking soda.
  • Produk pewangi baju.
  • Tanaman hias, seperti lidah buaya, lidah mertua, lucky bamboo dan tanaman jenis succulent lainnya.

Tapi, ada banyak bahan lain yang bisa juga Anda coba, seperti:

  • Air lemon.
  • Cuka putih. Bahan ini juga bisa dicampur dengan pewangi buatan untuk memperkuat aroma pewangi tersebut.
  • Lilin aromaterapi.
  • Dupa. Meskipun terkesan mistis, namun membakar dupa dengan bau yang ringan dapat menghilangkan bau tak sedap di ruangan sekaligus membuat badan dan pikiran jadi lebih rileks.

Dengan campuran bahan-bahan di atas, Anda bisa membuat air diffuser alami dengan mudah. Misalnya, dengan mencampurkan air panas dengan produk pewangi baju dan cuka putih lalu meletakkannya di meja kamar.

Ciptakan Udara Segar dan Sehat di Rumah dengan AC CLEAN COOL AQA-KCR9VQCL

AQA-KCR9VQCL


Tentunya, selain menghindari apek, penghuni rumah juga mengharapkan hunian dengan udara yang bersih dan sehat. Nah, untuk mendapatkan hal tersebut, Anda dapat beralih ke AC CLEAN COOL AQA-KCR9VQCL.

Dengan teknologi Self Clean 99.9% Sterilization, AC ini dapat menghilangkan kotoran secara otomatis dan mengeluarkan udara yang tidak hanya segar tapi juga sehat bagi penghuni rumah.

Tidak hanya itu, AC ini juga memiliki fitur Inverter Plus yang menggunakan kontrol inverter PID sehingga bisa menghemat daya hingga 63%. Meskipun begitu, tidak perlu khawatir soal kemampuan pendinginanya, sebab AC CLEAN COOL AQA-KCR9VQCL sudah dilengkapi fitur Hyper PCB yang membuatnya memiliki kemampuan pendinginan yang optimal.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera rasakan kenyamanan udara bersih dan sehat di rumah Anda dengan AC CLEAN COOL AQA-KCR9VQCL!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003