Tak Perlu Panggil Tukang, Ini Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

Mesin cuci kini tak lagi menjadi barang mewah bagi kehidupan masyarakat modern. Sebaliknya, penggunaan mesin cuci merupakan kebutuhan penting bagi rumah tangga, khususnya jika Anda sibuk bekerja dan tidak sempat mencuci pakaian secara manual. Kebutuhan terhadap mesin cuci tersebut membuat Anda wajib merawatnya dengan teliti agar terhindar dari berbagai masalah, termasuk ketika mesin cuci bocor.

Tak dapat dipungkiri lagi kalau masalah mesin cuci bocor memang menjengkelkan dan menghambat aktivitas rumah tangga, terutama mencuci. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan hal tersebut asalkan sudah mengenali penyebab mesin cuci bocor dan mempelajari cara memperbaiki mesin cuci bocor secara mandiri di rumah.

Kebocoran Mesin Cuci Bukaan Atas (Mesin Cuci 1 Tabung dan Mesin Cuci 2 Tabung)

Penyebab mesin cuci bocor bisa dibedakan berdasarkan jenis mesin cuci. Beberapa jenis kebocoran yang kerap terjadi pada mesin cuci bukaan atas adalah sebagai berikut.

  • Bocor di bagian depan mesin cuci: jenis kebocoran ini biasanya disebabkan tabung yang tersumbat atau miring. Penyumbatan bisa terjadi jika Anda sering menggunakan detergen dalam jumlah terlalu banyak saat mencuci. Baju yang masih berbusa usai dicuci merupakan salah satu tanda bahwa Anda menggunakan detergen secara berlebihan. Selain faktor detergen, memajukan timer mesin cuci yang dengan fitur bilas semprot secara manual juga rentan menyebabkan kebocoran.
  • Bocor di bagian belakang mesin cuci: beberapa faktor yang menyebabkan kebocoran di belakang mesin cuci di antaranya seperti lupa melepas sumbat sebelum memasang selang pembuangan, posisi selang pembuangan yang tidak terpasang dengan benar, dan sambungan selang pengisi air dalam kondisi longgar.
  • Bocor di bagian bawah mesin cuci: masalah ini menunjukkan adanya lubang pada pompa air yang harus lekas diatasi supaya air tidak mengalir ke komponen motor.

Kebocoran pada Mesin Cuci Bukaan Depan

Jenis-jenis kebocoran yang kerap terjadi pada mesin cuci bukaan depan adalah sebagai berikut.

  • Bocor di bagian depan mesin cuci: masalah ini bisa disebabkan oleh kotoran dan sisa sabun yang tertinggal pada segel pintu (gasket). Akibatnya, pintu yang tidak tertutup sempurna membuat air dari tabung mengalir ke luar.
  • Bocor di bagian belakang mesin cuci: penyebab kebocoran pada bagian mesin cuci yang satu ini hampir sama dengan masalah pada mesin cuci bukaan atas. Posisi selang pengisi air dan selang pembuangan yang kurang tepat berisiko menimbulkan kebocoran. Selain itu, cucian yang menghasilkan busa terlalu banyak juga bisa memicu kebocoran di bagian belakang mesin cuci.
  • Bocor di bagian bawah mesin cuci: mesin cuci bukaan depan terdiri dari komponen drum pada bagian luar dan dalam. Biasanya, drum bagian luar terdiri dari dua bagian yang disatukan dengan baut. Oleh sebab itu, lapisan drum tersebut bisa bocor seiring dengan berjalannya waktu dan harus diperbaiki atau diganti.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor di Rumah

Jangan panik dulu bila Anda sedang menghadapi masalah mesin cuci bocor. Sering kali penyebab mesin cuci bocor tidak serumit yang Anda bayangkan. Langkah pertama yang patut Anda lakukan adalah memeriksa penyebab kebocoran secara cermat. Kemudian, Anda bisa memperbaiki mesin cuci yang bocor secara mandiri dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Mengembalikan posisi tabung mesin cuci supaya tidak miring lagi. Bila tabung sudah kembali ke posisi semula dan mesin cuci sudah tidak bocor lagi, maka Anda juga harus memastikan bahwa proses pencucian berlangsung dengan cara yang tepat. Jangan memasukkan cucian melebihi kapasitas mesin cuci atau menggunakan detergen terlalu banyak supaya mesin cuci dapat tetap berfungsi normal.
  • Memeriksa kondisi selang pengisi air dan selang pembuangan. Pastikan bahwa seluruh selang sudah terpasang dengan benar dan tidak tersumbat. Selang yang sudah getas hingga menyebabkan kebocoran harus lekas diganti dengan yang baru.
  • Memperbaiki atau mengganti komponen mesin cuci yang rusak. Selain kerusakan pada lapisan drum, penyebab mesin cuci bocor juga bisa berasal dari dinamo mesin atau gearbox yang sudah tidak mampu menahan air.

Mesin cuci yang sudah digunakan terlalu lama biasanya memang rentan bocor bahkan mengalami sejumlah masalah lainnya. Bila tak ingin boros memperbaiki kerusakan mesin cuci, berarti sudah waktunya Anda beralih ke mesin cuci baru yang canggih dan berkualitas. Aqua Japan telah menyiapkan berbagai rekomendasi mesin cuci terbaik untuk Anda, salah satunya yaitu mesin cuci Front Load FQW-700636QD 7kg ECO Wash Series.

Seri mesin cuci bukaan depan ini dilengkapi berbagai fitur unggulan, antara lain:

  • Inverter motor: teknologi eco inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.
  • Wave drum: desain drum kokoh yang mampu membuat gelombang air untuk membersihkan pakaian Anda.
  • Anti Bacteria Treatment (ABT): Perawatan Anti-Bakteri Eksklusif yang telah diuji VDE untuk menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.
  • Dual Spray: Sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela sehingga efektif menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.
  • Quick Wash: mode cuci cepat inovatif yang hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mencuci barang yang paling Anda butuhkan atau pakaian yang tidak terlalu kotor.

Mesin cuci Front Load FQW-700636QD 7kg ECO Wash Series dari Aqua Japan siap menjadi solusi untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Mencuci pakaian hingga bersih kini semakin mudah dengan dukungan mesin cuci unggulan persembahan Aqua Japan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003