Hati-hati, Ini Bisa Jadi Penyebab Mesin Cuci Nyetrum

memperbaiki mesin cuci

Saat mesin cuci mengeluarkan sengatan listrik, tandanya ada masalah pada alat tersebut. Anda pun pasti jadi tidak tenang saat mencuci karena takut tersetrum. Sebaiknya, segera cari tahu apa penyebab mesin cuci nyetrum supaya Anda dapat mencuci pakaian dengan aman.

Mesin cuci nyetrum termasuk permasalahan yang cukup umum terjadi. Alat elektronik rumah tangga yang dipakai secara rutin, seiring waktu mungkin saja mengalami masalah. Hal ini bisa disebabkan oleh fungsinya yang menurun atau ada komponen di alat tersebut yang sudah rusak dan perlu diganti.

Macam-macam Penyebab Mesin Cuci Nyetrum

Apa penyebab mesin cuci nyetrum? Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mesin cuci maupun bagian pengeringnya nyetrum.

1. Penempatan mesin cuci

Penempatan mesin cuci ternyata dapat memengaruhi performanya. Misalnya, jika mesin cuci ditempatkan di area yang lembap seperti di dekat kamar mandi atau bahkan di dalam kamar mandi, maka kemungkinan mesin cuci nyetrum jadi lebih besar. Oleh karenanya, sebaiknya letakkan mesin cuci di area yang kering kecuali saat mesin cuci sedang dinyalakan.

2. Kabel bermasalah

Jika mesin cuci sudah lama dipakai, mungkin saja kondisi kabelnya sudah tidak terlalu baik. Misalnya, kabel terkelupas akibat digigit tikus, akibatnya hal tersebut bisa menyebabkan sengatan listrik saat Anda menyentuh mesin cuci. Tak hanya itu, pengeringnya pun bisa jadi ikut rusak.

Masalah lainnya adalah bila ternyata tidak ada kabel grounding. Fungsi partisi ini melepaskan muatan listrik berlebih saat mesin cuci bekerja, dengan cara mengalirkannya ke tanah. Jika ada kabel grounding, tapi posisi pemasangannya tidak tepat, maka mesin cuci juga bisa nyetrum.

Bila ada kabel yang terkelupas, bungkus bagian tersebut dengan isolasi listrik. Namun, jika kondisi kabel yang terkelupas cukup parah, sebaiknya ganti dengan kabel baru. Untuk mengecek kondisi kabel grounding, Anda bisa memeriksa kabel pada kabel power yang memiliki tiga warna.

3. Dinamo motor bermasalah

Dinamo motor berfungsi sebagai penggerak mesin cuci. Akibat sering digunakan, mungkin saja dinamo motor jadi panas, terbakar, memicu korsleting listrik, dan menimbulkan sengatan listrik saat mesin cuci disentuh. Bila muncul bau gosong pada mesin cuci, Anda patut mencurigai dinamo motor terbakar. Segera panggil teknisi untuk memeriksa dinamo motor.

4. Korsleting pada komponen mesin

Korsleting juga bisa terjadi pada komponen lain yang terdapat di dalam mesin cuci, misalnya pada pengering. Terkadang, korsleting juga bisa mengakibatkan mesin cuci rusak dan tidak bisa bekerja sama sekali. Untuk mengetahui penyebab pengering mesin cuci nyetrum, Anda sebaiknya memanggil teknisi.

5. Listrik bocor dari motor dinamo

Tanda listrik bocor dari motor dinamo adalah Anda akan merasakan sensasi tersetrum saat memegang bagian luar mesin cuci. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memasang grounding yang sesuai dengan jenis mesin cuci. Dengan begitu, aliran listrik akan disalurkan ke tanah sehingga mesin cuci tidak akan nyetrum saat disentuh.

Tips Agar Mesin Cuci Tidak Nyetrum

Berikut tips lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mesin cuci nyetrum.

1. Gunakan detergen sesuai takaran

Gunakan detergen yang khusus untuk mesin cuci dan dengan takaran yang disarankan. Bila detergen menghasilkan busa terlalu banyak, dinamo motor harus bekerja keras untuk memutar mesin. Hal ini bisa memicu kerusakan yang indikasi pertamanya membuat kesetrum.

2. Tidak memasukkan logam ke dalam mesin cuci

Pastikan pakaian yang akan dimasukkan ke dalam mesin cuci tidak menyimpan logam. Logam yang masuk ke dalam mesin cuci, misalnya koin yang tertinggal di saku celana, dapat tersangkut di mesin atau masuk ke bagian dalam mesin. Hal ini bisa merusak mesin dan menyebabkan mesin mengeluarkan setrum.

3. Atur penggunaan mesin cuci sesuai jenis pakaian

Setiap jenis pakaian atau kain memiliki moda pengaturan tersendiri. Pastikan Anda mempraktikkan pengaturan ini saat mencuci pakaian. Dengan begitu, mesin cuci akan lebih awet dan terlindungi dari penyebab mesin cuci nyetrum.

Mesin Cuci Front Load FQW-120876QD: Tabung Lebih Besar, Muat Lebih Banyak Cucian

Jika masalah mesin cuci nyetrum tidak bisa diatasi lagi, mungkin ini saatnya Anda mengganti mesin cuci dengan yang baru. Apa pertimbangan utama Anda saat memilih mesin cuci? Bagi yang memiliki anggota keluarga cukup banyak di rumah, tentu membutuhkan mesin cuci yang bisa memuat banyak cucian. Nah, bila ini yang Anda cari, mesin cuci Front Load FQW-120876QD persembahan dari AQUA Elektronik ini bisa jadi pilihan tepat!

Mesin cuci Front Load FQW-120876QD memiliki diameter drum yang luas, yaitu 525 mm. dengan ukuran yang luas ini, Anda dapat memasukkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian yang dicuci juga tidak kusut dan terlilit serta akan bersih sempurna.

Keunggulan lain mesin cuci ini terletak pada fitur Direct Motion Motor, yang membuat mesin cuci hemat energi hingga 50%. Mesin cuci pun bekerja dengan suara yang lembut karena motor tidak berisik dan stabil. Kegiatan mencuci pakaian akan terasa lebih nyaman. Bila Anda senang mencuci sambil mendengarkan musik atau podcast favorit, suaranya tak akan kalah oleh suara mesin cuci.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki mesin cuci dengan tabung lebih besar yang dapat memuat lebih banyak cucian ini! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003