Remote AC Hilang? Ini Cara Menyalakan AC Tanpa Remote!

Semua orang tahu cara menyalakan AC adalah dengan menggunakan remote. Selama ini Anda mungkin berpikir jika tidak ada remote, maka AC tak bisa dinyalakan. Ternyata anggapan itu tidak benar. Sebab ada cara menyalakan AC tanpa remote.

Salah satu bukti kemajuan teknologi AC saat ini adalah memungkinkannya AC dinyalakan tanpa remote. Luar biasa, bukan? Info ini tentu menggembirakan, ya! Jika suatu saat remote AC di rumah rusak atau hilang, Anda tak perlu cemas akibat mengira AC tak bisa dinyalakan. Anda cukup mencoba sejumlah cara menyalakan AC tanpa remote untuk dapat menikmati kesejukan di rumah.

Lantas, bagaimana cara menyalakan AC tanpa remote? Berikut infonya.

Cara manual

Yang dimaksud cara menyalakan AC manual tanpa remote adalah dengan tombol daya pada AC. Banyak orang belum mengetahui bahwa beberapa merek AC menyediakan tombol “Power” pada unit AC indoor. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi bila remote AC anda sedang dalam keadaan rusak atau hilang.

Namun, letak tombol “Power” ini biasanya tersembunyi agar tidak mengganggu desain luar AC. Seperti yang diketahui, desain AC masa kini cenderung minimalis dan modern tanpa menyediakan area khusus untuk tempat tombol.

Biasanya, tombol “Power” terdapat di balik casing AC. Perlu diketahui juga, cara menyalakan AC manual tanpa remote ini hanya dapat dilakukan untuk menyalakan dan mematikan AC. Anda perlu ingat, dengan cara menyalakan AC manual tanpa remote, suhu AC hanya akan berada pada sekitar 24-26 derajat Celsius saja dan tidak dapat diubah sesuai keinginan Anda.

Memanfaatkan fitur remote pada smartphone

Cara yang kedua adalah cara menyalakan AC dengan HP. Sebagian HP kini sudah dilengkapi dengan fitur untuk menyalakan alat elektronik, sekaligus berfungsi sebagai pengontrol pusat alat elektronik. Jika Anda memiliki pusat kendali smartphone, maka Anda dapat menggunakannya untuk menyalakan HP tanpa perlu remote.

Cara menyalakan AC dengan HP cukup mudah. Pertama, pastikan smartphone Anda memiliki sensor inframerah. Kemudian, unduh aplikasi remote universal dari Google Playstore atau App Store. Setelah aplikasi terunduh, hubungkan AC dengan smartphone Anda melalui fitur infrared. Setelah smartphone terhubung dengan AC, Anda dapat mengoperasikan AC dengan leluasa meski tanpa remote.

Memutus sirkuit listrik AC

Cara menyalakan AC tanpa remote yang selanjutnya adalah dengan memutus aliran listrik secara langsung. Anda dapat mencabut colokan AC untuk mematikannya, dan memasangnya kembali untuk menyalakan AC.

Namun, cara ini cukup berisiko karena bisa merusak sistem pendingin udara secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya melakukan cara ini bila cara yang lain benar-benar tidak bisa dilakukan.

Cara Mengetahui Letak Tombol Manual pada AC

Langkah pertama dalam cara menyalakan AC manual tanpa remote adalah menemukan lokasi tombol manual. Ya, sebab tombol ini biasanya berada di bagian dalam body unit AC indoor sehingga tak kelihatan dari luar.

Bila Anda bingung bagaimana cara mencari letak tombol manual pada AC, ikuti saja langkah-langkah berikut untuk menemukannya:

  • Buka tutup atau casing unit AC indoor pada bagian atas.
  • Cari tombol kecil yang biasa digunakan untuk menyalakan AC.
  • Segera tekan tombol tersebut untuk menyalakan AC secara manual.
  • Untuk mematikan AC, Anda cukup tekan tombol yang sama pada AC.

AC Inverter AQA-KCRV10WXW: Menghadirkan Kesejukan yang Nyaman dengan Harga Ekonomis

Penggunaan AC bertujuan menciptakan udara sejuk di dalam ruangan. Karena AC biasanya dinyalakan dalam waktu yang cukup lama, banyak orang menganggap penggunaannya menyedot banyak energi listrik. Dengan kata lain, penggunaan AC bisa menaikkan tagihan listrik di rumah.

Padahal, kenyataannya tidak harus begitu. Bila jeli memilih AC, Anda bisa mendapatkan AC berkualitas yang hemat dayanya dan ekonomis harganya. AC indoor/outdoor AQA-KCRV10WXW persembahan dari AQUA Elektronik adalah contohnya. AC Inverter ini merupakan AC pertama di Indonesia yang memiliki rating 5 sebagai pengakuan tingkat penghematan daya.

AC AQA-KCRV10WXW dilengkapi fitur Turbo Cooling yang memungkinkannya untuk dapat mempercepat level suhu yang Anda pilih dalam waktu hanya 5 menit. Artinya, kesejukan yang Anda harapkan pun akan langsung terasa dalam kurun waktu tersebut. Sementara, dengan fitur Self Clean, unit AC dapat memberikan evaporator dengan hanya menekan satu tombol.

Kelebihan lainnya adalah fitur Eco Mode, yaitu 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160W untuk 1/2 pk. AC ini juga dilengkapi UVC Sterilization untuk menciptakan udara bersih dan sehat bebas virus dan bakteri. Anda dan keluarga dapat terlindungi dari COVID-19 saat di rumah.

Bagaimana? Anda tentu ingin merasakan kesejukan dan kenyamanan tanpa perlu khawatir biaya listrik akan melonjak. Tak bisa disangkal, AC Inverter AQA-KCRV10WXW adalah pilihan yang tepat.

Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mengetahui penawaran menarik lainnya! Temukan juga tips perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA Elektronik di situs kami.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003