Alami Masalah Kulkas Berair? Mungkin Ini Penyebabnya!

Walaupun suhu di dalam kulkas diatur sangat dingin, namun kondisi kompartemen kulkas semestinya kering. Maka itu, bila Anda melihat bagian dalam kulkas seperti berair, sebaiknya segera cari apa penyebab kulkas berair agar dapat diperbaiki dengan tepat.

Perlu diketahui, kondisi kulkas berair sebaiknya tidak disepelekan karena bisa menimbulkan sejumlah bahaya, baik pada kulkas maupun kondisi di sekitarnya. Misalnya, air dari dalam kulkas bisa bocor, membasahi lantai, dan bisa membuat orang terpeleset. Genangan dari kebocoran kulkas juga bisa menyebabkan korosi atau karat pada logam. Dampak buruk lainnya, bisa terjadi kerusakan pada sirkuit kelistrikan di dalam kulkas.

Macam-macam Penyebab Kulkas Berair Terus

Setelah mengetahui berbagai risiko dari kulkas berair, Anda tentu penasaran apa yang bisa menyebabkan kondisi tersebut. Berikut ini sejumlah penyebab kulkas berair terus dan cara mengatasinya.

Saluran pembuangan air tersumbat

Masalah ini bisa terjadi pada kulkas yang sudah dipakai cukup lama. Tak jarang, bagian dalam pipa dipenuhi kerak dan kotoran sehingga menyebabkan saluran jadi mampat. Akibatnya, aliran air yang berasal dari freezer tidak lancar atau tersumbat. Air pun meluber dan menggenang di bagian ruang pendingin kulkas, terutama di laci bagian bawah.

Cara mengatasi: Lepas pipa saluran pembuangan air, lalu bersihkan bagian dalam pipa dengan mendorong kotoran yang menyumbat pipa. Terakhir, bersihkan pipa menggunakan air bersih.

Pintu freezer terbuka

Pintu freezer yang terbuka menyebabkan udara dingin di dalamnya keluar. Kompartemen es akan menempel pada salju dan meleleh sehingga air tumpah dan kapasitas pendinginan freezer kulkas jadi berkurang.

Cara mengatasi: Periksa sistem pemanas kulkas, lalu sesuaikan tingkat panasnya sesuai dengan rekomendasi. Tak lupa, atur posisi makanan dengan tepat, misalnya dengan tidak memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam freezer.

Wadah penampung air pada kulkas rusak

Normalnya, air dari kulkas akan ditampung pada panci di bawah kulkas. Air ini akan menguap sendiri alias tidak mengalir ke lantai. Semestinya, panci ini tidak mudah berlubang atau retak. Namun, kadang masalah itu bisa saja terjadi sehingga menjadi penyebab kulkas berair terus.

Cara mengatasi: Periksa apakah wadah penampung air rusak. Lepaskan kisi-kisi atau pelat dari bagian depan bawah kulkas. Cari wadah atau panci besar dan datar di bagian bawah kulkas, lalu keluarkan secara hati-hati. Periksa apakah ada kerusakan. Jika memang terjadi kerusakan, segera datang ke toko elektronik terdekat untuk membeli penggantinya yang serupa.

Sistem ventilasi kulkas tertutup

Biasanya, penyebab kulkas berair yang ini terjadi karena terlalu banyak bahan makanan yang dimasukkan ke dalam kulkas. Sistem pendingin jadi terhalangi sehingga kulkas jadi tidak dapat melakukan proses pembekuan, dan terjadilah kebocoran.

Cara mengatasinya: Tata isi kulkas dengan saksama sesuai dengan kapasitas kulkas. Pastikan juga ventilasi pada dua kompartemen kulkas selalu tertutup dengan rapat.

Posisi kulkas tidak seimbang

Posisi kulkas yang benar adalah sedikit miring ke belakang, bukan sejajar dengan lantai. Dengan posisi ini, pendingin (refrigerant) dapat bekerja dengan baik. Jika posisi kulkas tidak tepat, cairan pendingin tidak bisa mengalir dengan baik. Hal ini akan menyebabkan terjadinya kondensasi atau pengembunan, dan muncul genangan air di bawah kulkas.

Cara mengatasinya: Perbaiki posisi kulkas agar sedikit miring ke belakang supaya air dapat mengalir dengan baik.

Terjadi kebocoran pada baki sayur

Penyebab kulkas berair yang terakhir adalah terjadi kebocoran pada baki sayur. Hal ini bisa terjadi bila Anda memasukkan sayuran dan dalam kondisi basah. Air akan mengendap, mengalir, dan membuat sayuran dan buah mudah busuk.

Cara mengatasinya: Pastikan sayuran dan buah yang disimpan di dalam wadah penyimpanan sayur dalam kondisi kering dan bersih.

Kulkas Multidoor AQR-IG745AM(GB) Dilengkapi Teknologi yang Dapat Mengontrol Kelembapan Laci Kulkas

Banyak fitur baru ditambahkan pada kulkas masa kini guna menjaga kesegaran makanan dan minuman di dalamnya lebih lama. Hal ini tentu memberi keuntungan tersendiri bagi konsumen karena stok makanan yang disimpan di dalam kulkas dapat lebih awet.

Anda bisa memiliki keuntungan tersebut melalui kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) persembahan dari AQUA Elektronik. Kulkas ini memiliki fitur HCS-Humidity & My Zone yang dapat mempertahankan kelembapan alami buah dan sayuran dan menjaga kesegarannya lebih lama. Dengan menyesuaikan ukuran pori, Membran Tanaman Ekologis di Humidity Zone dapat mengontrol kelembapan di laci sekitar 90%. Sementara, fitur My Zone menawarkan 3 pengaturan temperatur untuk memberikan pilihan suhu terbaik dalam menyimpan makanan.

Tampilan kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) pun tak kalah menarik. Dilengkapi Glass Door, yaitu bahan kaca berkualitas yang menghadirkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya yang elegan. Tak heran bila kulkas dengan kapasitas besar ini dapat menjadi elemen dekorasi yang turut memperindah area dapur Anda.

Sedang berencana meng-upgrade kulkas di rumah? Pilihlah kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) dari AQUA Elektronik. Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk memperoleh penawaran menarik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003