Praktis! Begini Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Sitrun

Meski fungsinya sebagai alat pembersih pakaian, mesin cuci juga bisa kotor. Berbagai kotoran dari pakaian bisa mengendap di bagian dalam mesin cuci. Bila dibiarkan, hal ini bisa membuat proses pencucian jadi tidak optimal. Oleh karena itu, mesin cuci juga harus dibersihkan secara berkala. Apakah Anda sudah pernah mencoba cara membersihkan mesin cuci dengan sitrun?

Proses membersihkan mesin cuci sebenarnya tidak sulit. Bahkan, Anda dapat melakukannya hanya dengan menggunakan bahan dapur sitrun. Sitrun sering disebut juga asam sitrun atau citric acid. Sitrun adalah senyawa alami yang terdapat dalam buah sitrus seperti jeruk atau lemon.

Asam sitrun yang dijual di pasaran berbentuk bubuk kristal berwarna putih dalam kemasan kecil. Bubuk sitrun ini sering digunakan sebagai penambah rasa dan pengawet makanan. Di samping itu, bahan dapur ini juga banyak dimanfaatkan sebagai pembersih alat rumah tangga alami. Bubuk sitrun mampu menghilangkan kotoran, minyak, dan kerak yang menempel di alat-alat masak. Sitrun juga mampu menjernihkan air dari kotoran. Maka, tak heran bila cara membersihkan mesin cuci dengan sitrun juga banyak dipraktikkan.

Cara membersihkan Mesin Cuci dengan Sitrun

Lantas, bagaimana tahapan membersihkan mesin cuci dengan sitrun? Simak tips berikut ini.

Kosongkan mesin cuci

Langkah pertama adalah mengosongkan mesin cuci dari pakaian. Jadi, lakukan pencucian mesin cuci saat Anda tidak berencana untuk mencuci pakaian.

Siapkan 7 bungkus sitrun

Jangan lupa siapkan bahan utama untuk pembersihan ini, yaitu sitrun. Untuk membersihkan mesin cuci dengan sitrun, Anda membutuhkan 7 bungkus sitrun.

Masukkan sitrun ke dalam mesin cuci

Sebelum menuangkan sitrun, Anda dapat membuka pulsator untuk mengecek seberapa banyak kotoran atau residu di dalamnya. Pulsator adalah komponen mesin cuci yang berfungsi sebagai pemutar cucian. Tuang sitrun ke dalam tabung mesin cuci, tepatnya ke bagian pulsator. Jika kotoran terlihat cukup banyak atau tebal, Anda dapat menuangkan lebih banyak sitrun ke dalam mesin cuci.

Rendam seharian

Selanjutnya, isi tabung dengan air secukupnya atau sampai penuh. Pastikan juga airnya bersih. Sitrun akan terendam dalam air dan merontokkan kotoran yang ada. Warna kotoran yang tadinya kecokelatan juga akan berubah menjadi putih. Biarkan perendaman ini berlangsung selama 24 jam.

Hidupkan mesin cuci

Keesokan harinya, pasang pulsator, lalu nyalakan mesin cuci selama 10 menit. Langkah ini akan memudahkan kotoran untuk luntur saat mesin cuci bekerja. Jika sudah, buang air rendaman.

Bilas hingga bersih

Setelah air rendaman beserta kotoran terbuang, bilas mesin cuci hingga bersih. Kadang ada kotoran yang sudah berkerak atau sudah menempel cukup lama. Pada kasus seperti ini, Anda cukup menggosoknya dengan lembut hingga kotoran itu lepas.

Nah, mudah sekali, bukan, cara membersihkan mesin cuci dengan sitrun? Yang pasti, penggunaan sitrun aman untuk pembersihan alat rumah tangga, termasuk mesin cuci.

Mesin Cuci AQW-1060DR: Dilengkapi Fitur-fitur Canggih dan Tahan Lama

Mesin cuci termasuk alat rumah tangga yang digunakan secara rutin. Oleh karena itu, sebaiknya pilih mesin cuci yang memiliki fitur canggih dan tidak mudah rusak mesti sering digunakan.

Mesin cuci AQW-1060DR persembahan dari AQUA Elektronik Indonesia adalah pilihan tepat bagi Anda yang mencari mesin cuci dengan fitur-fitur canggih serta daya tahan yang baik. Mesin cuci top load 10,5kg DD Inverter ini dilengkapi Direct Motion Motor, yaitu motor yang dirancang dan dibuat untuk bertahan lama. Motor beroperasi tanpa sabuk, terpasang langsung pada drum, mampu mengurangi kebisingan dan minim getaran, meningkatkan daya tahan sekaligus juga mengurangi konsumsi energi dan air. Proses pencucian pun jadi lebih tenang, andal, dan hemat energi berkat teknologi Direct Motion Motor.

Drum pada mesin cuci AQW-1060DR pun memiliki keunggulan tersendiri. Pillow Drum adalah drum kreatif berbentuk bantal merawat kain dan menghindari keausan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2.2 mm di antara tonjolan bantal juga mengurangi abrasi dan memberikan perawatan untuk pakaian yang paling lembut. Keunggulan drum ini membuat mesin cuci mampu merawat pakaian Anda agar tetap seperti baru.

Proses mencuci dengan mesin cuci AQW-1060DR juga akan terasa nyaman dan mudah berkat Rear Control, yaitu panel kontrol belakang yang ergonomis, memudahkan Anda mengoperasikan mesin cuci tanpa membungkuk. Setelah mencuci, saat mengeluarkan pakaian, Anda tidak perlu khawatir dengan percikan air di panel kontrol, serta mencegah sengatan listrik. Ditambah dengan Program I Wash yang memungkinkan pengguna untuk mengatur pencucian dan spin, jumlah pembilasan, level ketinggian air serta mengingat preferensi mencuci Anda secara otomatis, membuat pencucian berikutnya lebih mudah dan nyaman.

Segera miliki mesin cuci berteknologi canggih ini untuk kemudahan dan kenyamanan dalam mencuci. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik Indonesia sekarang juga untuk menemukan berbagai promo menarik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003