Fitur Quick Wash Pada Mesin Cuci, Apa Fungsinya?

Mode quick wash artinya mencuci cepat pada mesin cuci yang membuat pakaian bersih maksimal dalam waktu singkat asalkan dilakukan dengan cara yang tepat.

Mencuci pakaian kerap dianggap sebagai salah satu aktivitas rumah tangga yang melelahkan dan menyita waktu. Namun, hal tersebut kini tak lagi menjadi masalah karena ada mesin cuci yang membuat proses mencuci pakaian semakin praktis dan bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain.

Salah satu fitur mesin cuci satu tabung yang sangat bermanfaat adalah quick wash. Fitur quick wash artinya mencuci cepat. Fitur ini ada untuk memudahkan proses pencucian dengan mesin cuci.

Apakah selama ini Anda masih mengabaikan fitur quick wash pada mesin cuci?

Berarti sekarang saatnya Anda mengenal fitur tersebut secara lebih detail supaya bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Apa yang Dimaksud Quick Wash?

Secara harfiah, quick wash artinya mencuci cepat. Istilah tersebut memang lazim digunakan untuk menyebut fitur mesin cuci satu tabung yang memungkinkan proses pencucian secara lebih cepat dari biasanya.

Namun, ada istilah lain yang juga digunakan untuk menyebut mode cuci cepat, yaitu eco wash dan quick cycle. Mode pencucian pada mesin cuci satu tabung biasanya berkisar antara 40 menit hingga 2 jam tergantung dari jumlah air dan jumlah pakaian.

Sebaliknya, fitur quick wash membuat Anda bisa mencuci selama kurang lebih 30 menit saja. Bahkan, ada pula fitur serupa yang hanya membutuhkan waktu pencucian selama 15 menit.

Perbedaan quick wash dengan mode pencucian biasa adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pakaian dan detergen yang digunakan harus dikurangi supaya hasil pencucian maksimal.
  • Mesin cuci akan mengurangi intensitas pembilasan karena waktu cuci lebih singkat.
  • Fitur untuk menghangatkan air yang dimiliki jenis mesin cuci satu tabung tertentu juga tidak diaktifkan untuk menghemat waktu.

Kelebihan dan Kekurangan Quick Wash

Beberapa kelebihan dan kekurangan quick wash yang patut menjadi bahan pertimbangan Anda ketika mencuci pakaian adalah sebagai berikut:

Kelebihan quick wash:

  • Proses pencucian berlangsung jauh lebih cepat sehingga cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu senggang.
  • Penggunaan air dan listrik lebih hemat dibandingkan mode pencucian biasa.
  • Pakaian lebih cepat kering sehingga dapat langsung disetrika dan digunakan kembali.

Kekurangan quick wash:

  • Hanya cocok digunakan untuk mencuci pakaian yang jumlahnya sedikit supaya hasilnya efektif.
  • Quick wash artinya mencuci secara cepat sehingga kurang maksimal membersihkan pakaian yang ekstra kotor.
  • Penggunaan metode quick wash terus-menerus meningkatkan risiko kontaminasi bakteri dalam mesin cuci.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Metode Quick Wash?

Mode quick wash sebaiknya digunakan pada beberapa kondisi berikut ini:

  • Ketika Anda hendak mencuci baju yang jumlahnya sedikit, yaitu pada kisaran satu hingga tiga kilogram. Pakaian yang teksturnya lembut dan bobotnya ringan juga cocok dicuci dengan metode quick wash.
  • Jika baju yang dicuci tidak terlalu kotor, misalnya baju tersebut hanya digunakan di dalam mobil saat Anda bepergian. Baju yang terlalu kotor dan bernoda tidak akan bersih maksimal bila dicuci dengan mode quick wash.
  • Bila Anda berencana mencuci baju-baju bersih dari lemari yang sudah lama tidak digunakan.
  • Saat Anda ingin mengulang proses pencucian baju untuk kedua kalinya karena hasil cucian yang pertama masih kurang bersih.

Tips Mencuci dengan Mode Quick Wash Secara Efektif

Mencuci pakaian dengan mode quick wash memang tampak sangat praktis dan hemat waktu. Kendati demikian, bukan berarti Anda boleh melakukannya secara sembarangan. Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini agar hasil pencucian bersih maksimal:

  • Gunakan detergen khusus mesin cuci satu tabung untuk mendukung proses pencucian. Jenis detergen tersebut diformulasikan khusus sehingga minim busa dan tidak rentan merusak mesin cuci.
  • Takaran detergen harus ditentukan secara tepat sesuai jumlah pakaian yang akan dicuci. Jangan menggunakan detergen terlalu banyak karena mode quick wash membuat air dan waktu pembilasan lebih singkat. Penggunaan detergen secara berlebihan malah berisiko menimbulakn residu pada pakaian.
  • Pastikan kalau pakaian yang hendak dicuci tidak terlalu kotor dan bernoda sebab proses pencuciannya berlangsung sangat singkat.
  • Usahakan agar aliran air benar-benar lancar sehingga waktu pencucian tidak terhambat akibat suplai air yang tersendat. Pada umumnya, proses mencuci akan berlangsung jauh lebih lama saat aliran air sedang kecil atau berhenti mendadak.
  • Pisahkan pakaian berdasarkan warna sebelum melanjutkan proses pencucian. Tindakan sederhana ini sangat penting untuk mencegah risiko kelunturan.

Selain itu, warna pakaian pun akan bebas kusam jika Anda mengelompokkannya berdasarkan kesamaan warna. Misalnya, Anda membuat kelompok pakaian berwarna putih, berwarna gelap, dan batik.

Jika Anda hendak mencuci pakaian secara praktis dengan bantuan mesin cuci berteknologi canggih, kini ada mesin cuci QW-2070HT dari AQUA Elektronik yang siap membantu Anda.

Mesin cuci dua tabung ini dilengkapi motor spesial dan tabung stainless steel yang membuat proses pencucian lebih stabil, bebas bakteri, dan tidak berisik.

Keberadaan fitur Water Inklet Selection pada mesin cuci Aqua ini mempermudah perpindahan air masuk pada tabung cuci maupun bilas. Gerakan pulsatornya kuat karena didukung teknologi Storm Wash yang efektif menghilangkan noda kotor membandel.

Keistimewaan lainnya pada mesin cuci QW-2070HT juga terletak pada fitur Anti-Bacteria Pulsator yang dilapisi material khusus sehingga ampuh mencegah pertumbuhan bakteri sampai 99,99%.

Soal urusan proses pengeringan, seri mesin cuci AQUA Elektronik ini memiliki lubang Air Dry yang membantu sirkulasi udara pada tabung pengering berlangsung lebih maksimal. Pakaian Anda akan bebas bakteri dan kuman sehingga lebih bersih dan segar.

Tak perlu khawatir jika Anda sering mencuci banyak pakaian karena mesin cuci QW-2070HT memiliki beberapa pilihan kapasitas, yaitu 13, 15, dan 20 kg. Bagian tutupnya yang transparan memberikan kemudahan bagi Anda ketika mengamati proses mencuci.

Anda juga tak perlu resah dengan risiko kabel mesin cuci rusak akibat tikus sebab mesin cuci QW-2070HT dilengkapi Rat Guard Baseplate.Fitur Soak Wash yang terdapat di dalamnya juga akan membantu Anda melakukan perendaman selama 45 menit sebelum pencucian dimulai sehingga hasil pencucian lebih bersih.

Ada satu lagi fitur istimewa pada mesin cuci AQUA Elektronik tersebut, yaitu Hinge Top Lid yang merupakan tutup tabung pengering dengan karakteristik kuat dan kokoh sehingga tak mudah rusak atau hilang.

Mencuci pakaian tak lagi menyebalkan dan menyita waktu bila Anda mengandalkan mesin cuci QW-2070HT dari AQUA Elektronik . Mencuci praktis dengan fitur semi otomatis akan bikin Anda hemat waktu serta tenaga.

Untuk dapatkan produknya, Anda bisa membeli mesin cuci seri ini di official store AQUA Elektronik. Siap untuk mencuci dengan lebih praktis?


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003