Jangan Sampai Freezer Kulkas Kotor, Ini Cara Membersihkannya!

Cuaca panas yang melanda Indonesia dalam beberapa waktu terakhir memang menggugah siapa pun untuk menikmati minuman dingin. Kondisi tersebut membuat freezer kulkas di rumah terasa makin bermanfaat karena Anda leluasa menghilangkan dahaga tanpa harus membeli minuman dingin terlebih dahulu.

Fungsi freezer kulkas akan senantiasa optimal jika Anda melakukan cara membersihkan freezer kulkas yang benar secara teratur.

Sama seperti barang elektronik lainnya di rumah, kebersihan freezer kulkas juga harus selalu terjaga supaya kemampuannya untuk membekukan tidak terganggu. Jangan sampai perilaku malas membersihkan freezer mengakibatkan bagian kulkas tersebut jadi rentan rusak.

Kapan Harus Membersihkan Freezer Kulkas?

Cara membersihkan freezer kulkas yang benar harus ditunjang dengan intensitas pembersihan yang teratur. Idealnya, freezer kulkas patut dibersihkan secara rutin setiap satu bulan sekali.

Namun, Anda bisa melakukan proses pembersihan sesegera mungkin bila menemukan beberapa tanda berikut ini:

  • Freezer dipenuhi bunga es hingga membuat kapasitas muatan dan kemampuan mendinginkannya berkurang.
  • Muncul bau tak sedap dari dalam freezer.
  • Ada makanan atau minuman yang tumpah dan mengotori freezer.
  • Jumlah makanan dan minuman yang disimpan di freezer sudah berlebihan, bahkan ada yang sudah disimpan terlalu lama sehingga melewati tanggal kedaluwarsa.

Bagaimana Cara Membersihkan Freezer Kulkas yang Efektif?

Proses membersihkan freezer kulkas akan terasa mudah bila Anda mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Kosongkan freezer: tahapan pertama yang mesti Anda lakukan adalah mengeluarkan semua isi freezer tanpa terkecuali. Letakkan makanan dan minuman beku pada wadah pendingin berisi es batu (cooler) atau freezer lain supaya kesegarannya tetap terjaga.
  • Cairkan bunga es: upaya mencairkan bunga es pada freezer pasti lebih praktis jika kulkas Anda disertai fitur pencairan bunga es. Tekan tombol pencairan bunga es yang biasanya terletak pada sisi penutup freezer.

Kalau kulkas Anda tidak mempunyai fitur tersebut, Anda bisa menggunakan air hangat untuk mempercepat pencairan. Basuhlah dinding freezer yang ditutupi bunga es dengan air hangat sehingga esnya lekas mencair dalam waktu singkat.

  • Lepaskan kabel kulkas dari sumber listrik: jangan menganggap remeh proses melepaskan kabel kulkas dari sumber listrik. Langkah ini wajib dilakukan untuk mengurangi risiko korsleting yang rentan terjadi saat Anda membersihkan freezer.

Jika Anda menggunakan kulkas tanpa fitur pencairan bunga es, tahapan ini dapat dilakukan sebelum Anda memulai pembersihan freezer dengan air hangat.

  • Siapkan larutan pembersih: larutan pembersih freezer bisa dibuat dari bahan dasar sederhana, seperti campuran air dan cuka putih suling atau campuran air dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Aduk sebentar supaya larutan tersebut tercampur rata dan siap digunakan.
  • Basuh seluruh bagian dalam freezer: celupkan kain lap micro fiber ke dalam larutan pembersih lalu basuhkan pada seluruh bagian dalam freezer, khususnya bagian yang bernoda dan berbau tak sedap.
  • Bersihkan rak dan sekat freezer secara menyeluruh: jangan lupa pula membersihkan rak dan sekat freezer secara menyeluruh. Anda bisa melepaskan rak atau sekat terlebih dahulu agar proses pembersihan berlangsung maksimal. Pastikan bahwa tak ada sisa kotoran yang tertinggal pada rak maupun sekat freezer.
  • Keringkan dengan lap bersih: kalau semua bagian freezer kulkas sudah bersih, langkah berikutnya yaitu proses pengeringan. Siapkan lap bersih untuk mengeringkan bagian dalam freezer sampai tuntas. Jangan sampai ada sisa kotoran yang berisiko memicu bau tak sedap.
  • Pasang rak dan sekat freezer dengan benar: cara membersihkan freezer kulkas selanjutnya adalah memasang rak dan sekat freezer dengan benar. Jangan sampai ada rak atau sekat yang terpasang secara miring sehingga menyebabkan makanan dan minuman rentan tumpah.
  • Hubungkan kabel kulkas dengan sumber listrik: freezer kulkas yang sudah kembali bersih seperti sedia kala membuat Anda bisa segera menghubungkan kabel kulkas dengan sumber listrik.

Tunggu selama beberapa jam sampai freezer mencapai suhu yang Anda inginkan kemudian Anda bisa mulai mengembalikan bahan makanan dan minuman ke freezer bersih tersebut.

Bila selama ini Anda kerepotan membersihkan freezer yang posisinya di bagian atas kulkas, mungkin sudah saatnya Anda beralih menggunakan KULKAS AQR-350RBG(BK) dari AQUA Elektronik. Kulkas freezer bawah berkapasitas 324 liter ini terbilang hemat listrik karena hanya butuh daya sebesar 44 watt.

Selain itu, KULKAS AQR-350RBG(BK) juga dilengkapi berbagai fitur canggih bermanfaat, seperti Twin Inverter yang mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan sehingga kulkas lebih cepat dingin sekaligus hemat listrik.

Tak perlu khawatir seri kulkas unggulan dari AQUA Elektronik ini rentan berbau karena ada teknologi Deo Fresh yang menyerap bau tak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri agar kesegaran makanan terjaga dan aman dikonsumsi.

KULKAS AQR-350RBG(BK) juga dilengkapi fitur 3600 Air Flow atau sistem sirkulasi udara satu putaran penuh yang mengalirkan udara dingin secara merata dan menyeluruh.

Keunggulan seri kulkas ini yang lainnya juga tak kalah menarik, antara lain Glass Door yang mempercantik tampilan ruangan dengan desain pintu kaca elegan, Digital Temperature Control yang mempermudah pengaturan suhu dengan panel LED, Slide Tray yang mempermudah Anda mengambil makanan dari bagian belakang kulkas, Double Ice Maker untuk membuat es batu secara praktis, dan LED Light yang lebih terang dengan masa pakai lebih lama dan konsumsi energi lebih sedikit.

Kecanggihan KULKAS AQR-350RBG(BK) yang istimewa akan menyempurnakan fungsi dapur rumah Anda. Menyimpan bahan makanan dan minuman jadi makin mudah jika Anda mengandalkan kulkas AQUA Elektronik yang berkualitas.

Yuk, segera dapatkan produk terbaiknya hanya di official store AQUA Elektronik!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003