Ingin Menambah Channel TV Digital? Ini Caranya!

Migrasi TV Digital (Analog Switch Off atau ASO) yang berlangsung pada penghujung tahun 2022 membawa angin segar bagi masyarakat tanah air. Kebijakan berskala nasional tersebut membuat masyarakat berkesempatan menikmati tayangan TV digital yang lebih beragam dengan kualitas lebih baik.

Anda hanya perlu menyiapkan perangkat pendukung serta mempelajari cara menambah channel TV digital jika ingin mengakses berbagai tayangan menarik.

Jika selama ini Anda belum mengetahui cara menambah channel TV digital, maka sebaiknya Anda menyimak ulasan lengkap berikut ini!

Sekilas Tentang Saluran TV Digital di Indonesia

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada awal tahun 2023 mencatat bahwa Indonesia telah memiliki 564 siaran TV digital. Berdasarkan jumlah tersebut, 500 siaran sudah beroperasi dengan sistem digital secara penuh sementara sisanya masih melakukan simulcast (peralihan dari siaran analog ke digital).

Pencapaian tersebut didukung partisipasi beberapa Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) yang mengambil peran sebagai Lembaga Penyiaran Multiplexing (MUX), yaitu Media Group, Surya Citra Media (SCM), Trans, Media Nusantara Citra (MNC), dan Rajawali Televisi (RTV), Viva Group, dan Nusantara TV.

Lebih hebatnya lagi, penyelenggara MUX tersebut turut andil menyukseskan migrasi TV digital dengan cara berbagi Set Top Box (STB) gratis untuk masyarakat yang masih menggunakan TV konvensional (nondigital).

Kala itu, setiap rumah tangga yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) berhak menerima satu perangkat STB.

Syarat Menonton Siaran Digital

Menikmati tayangan digital berkualitas sebenarnya tidak sulit bila Anda sudah memahami caranya. Jadi, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa perangkat berikut ini sebagai syarat menonton siaran digital:

  • TV digital atau analog: perangkat utama yang wajib ada bila ingin menyaksikan siaran digital adalah TV, baik TV digital maupun TV analog. TV digital dapat menangkap dan menerjemahkan sinyal digital secara otomatis sehingga hanya butuh antena sebagai pendukung.

Sebaliknya, TV analog membutuhkan dukungan Set Top Box (STB) untuk menangkap sinyal digital dan menerjemahkannya menjadi gambar serta suara.

  • Set Top Box (STB): Anda wajib menyiapkan STB berstandar DVB-T2 Digital Video Broadcasting-Second Generation Terestrial (DVB-T2) bila masih menggunakan TV analog.

Kominfo pernah merilis daftar produk STB yang direkomendasikan karena kualitasnya dari segi akses sinyal digital sudah teruji. Kalau Anda masih menggunakan TV analog, maka cara menambah channel TV digital harus dilakukan melalui perantara STB.

  • Antena digital: antena konvensional yang menangkap sinyal analog sebenarnya juga bisa menangkap sinyal digital. Kendati demikian, performanya tergolong jauh tertinggal dibandingkan antena digital. Alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan antena digital untuk memaksimalkan performa STB atau TV digital dalam menangkap sinyal.

Cara Menambah Channel TV Digital

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah channel TV digital berdasarkan perangkat yang Anda gunakan, yaitu STB dan TV digital. Anda cuma perlu mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini untuk mendapatkan saluran TV baru:

Menambah Channel TV Digital Melalui STB

Langkah-langkah menambah channel TV digital melalui STB adalah sebagai berikut:

  • Lakukan proses instalasi STB ke TV analog terlebih dahulu. Biasanya, proses ini membutuhkan kabel AV (satu set kabel yang terdiri dari tiga warna, yaitu merah, putih, dan kuning). Pastikan kalau seluruh kabel sudah terpasang dengan benar.
  • Aktifkan STB lalu ubah mode TV menjadi AV.
  • Klik tombol menu pada remote STB.
  • Pilih opsi Pengaturan lalu pilih opsi pencarian Digital TV (DTV).
  • Gunakan metode manual untuk DTV kemudian masukkan nomor MUX dari menara pemancar.
  • Tunggu sejenak hingga sinyal saluran TV muncul pada layar. Proses ini bisa dilakukan sambil memperbaiki posisi antena untuk mendapatkan kualitas sinyal terbaik.
  • Klik opsi Start untuk memindai channel TV digital lalu tunggu sejenak hingga proses selesai.

Menambah Channel Melalui TV Digital

Proses menambah channel melalui TV digital lebih praktis bila dibandingkan dengan menggunakan STB karena Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sambungkan TV digital dengan antena digital. Usahakan agar posisi antena berada di luar ruangan supaya bisa menangkap sinyal secara maksimal.
  • Aktifkan TV lalu klik tombol menu pada remote.
  • Pilih opsi Program, Pencarian Saluran, dan Digital.
  • TV akan memindah channel digital secara otomatis sehingga Anda hanya perlu menunggu sesaat hingga prosesnya selesai.
  • Channel yang sudah selesai dipindai akan tersimpan secara otomatis dan bisa ditonton setiap saat.

Tak masalah jika TV analog Anda masih dalam keadaan baik dan bisa berfungsi normal untuk dipadankan dengan STB. Namun, kondisi TV analog yang mulai usang tentu membuat Anda makin mantap beralih menggunakan TV digital. Apalagi cara menambah channel TV digital jauh lebih praktis bila Anda sudah bermigrasi ke TV digital.

AQUA Elektronik senantiasa berkomitmen menghadirkan produk elektronik terbaik sesuai kebutuhan Anda, salah satunya yaitu Televisi AQT65S900UX . Android Smart TV ini memiliki layar berukuran 65 inci yang membuat pengalaman menonton TV terasa makin nyata dan sempurna.

Anda berkesempatan menikmati beberapa fitur canggih berikut ini jika memilih Televisi AQT65S900UX dari AQUA Elektronik:

QLED: menciptakan warna lebih luas dan akurat serta mampu mengontrol warna yang keluar secara tepat.

Google TV: unduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play dan nikmati layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV.

MEMC 120Hz: mengurangi blur pada setiap gerakan dan gambar berbayang serta meningkatkan kejernihan.

Dolby Atmos: membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara bergerak yang disertai realisme menakjubkan.

Hands-free Voice Control: tak perlu repot mengatasi kendala jarak ketika menonton TV. Cukup katakan “Hai Google” atau “Ok Google” untuk memulai perintah.

Dolby Vision: membuat gambar semakin hidup dan warna lebih akurat.

Jadi, tunggu apalagi?

Bergegaslah menghadirkan pengalaman menonton yang lebih memukau di rumah dengan dukungan TV pintar berkualitas dari AQUA Elektronik. Anda bisa dapatkan TV seri ini di official store AQUA Elektronik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003