Hati-hati, Ini Cara Membawa Mesin Cuci yang Aman


Mesin cuci adalah salah satu perangkat elektronik modern yang fungsinya sangat penting untuk mendukung aktivitas rumah tangga. Perawatan mesin cuci memang patut dilakukan dengan telaten agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Ada hal penting selain proses perawatan yang tidak boleh Anda remehkan sewaktu menggunakan elektronik tersebut, yaitu cara membawa mesin cuci yang benar.

Membawa mesin cuci ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan karena berisiko menyebabkan kerusakan. Mari pahami cara efektif membawa mesin cuci agar kinerjanya tetap maksimal sekaligus mempermudah Anda ketika memindahkannya.

Ketahui Cara Membawa Mesin Cuci yang Aman agar Tidak Rusak

Beberapa langkah yang patut Anda lakukan saat hendak membawa mesin cuci adalah sebagai berikut:

  • Periksa bagian dalam mesin cuci: cara membawa mesin cuci harus diawali dengan memeriksa bagian dalam mesin cuci. Anda wajib memastikan kalau laci detergen dan pelembut serta bagian filter sudah benar-benar bersih.

Bukalah pintu mesin cuci selama kurang lebih 24 jam supaya bagian dalamnya kering sempurna. Pada tahap ini, Anda tetap harus berhati-hati agar tak ada hewan kecil yang masuk dan terkurung di mesin cuci.

  • Lepaskan mesin cuci dari stopkontak dan sumber air: jika bagian dalam mesin cuci sudah kering sempurna, Anda bisa melepaskan selang suplai air serta kabel mesin cuci dari stopkontak. Jangan lupa meletakkan kain tidak terpakai di bawah sambungan antara selang mesin cuci dan sumber air untuk menyerap sisa kebocoran air.

Selanjutnya, putarlah ulir sambungan selang searah jarum jam supaya lekas terpisah dari sumber air. Jangan lupa pula melepas selang air buangan secara perlahan-lahan.

  • Amankan mesin cuci dengan pengikat yang kuat: siapkan tali untuk mengikat kabel, selang suplai air, dan selang air buangan. Proses ini penting agar Anda bisa mengangkut mesin cuci secara mudah tanpa terganggu kabel atau selang yang tersangkut.
  • Siapkan lakban untuk menutup pintu mesin cuci: kondisi pintu mesin cuci yang dibiarkan begitu saja rentan terbuka bahkan patah ketika mesin cuci dipindahkan. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan lakban untuk menutup pintu mesin cuci secara kuat.

Anda juga bisa menggunakan lakban tersebut untuk menempelken kabel, suplai air, dan selang air buangan pada bodi mesin cuci sesaat sebelum mesin cuci diangkat.

  • Lapisi bodi mesin cuci dengan selimut: jangan mengabaikan bodi mesin cuci ketika akan memindahkannya. Sebaiknya Anda menyiapkan selimut untuk membungkus bodi mesin cuci sehingga risiko rusak akibat goresan atau benturan dapat diminimalkan.
  • Angkat mesin cuci secara hati-hati: proses mengangkat mesin cuci membutuhkan minimal dua orang untuk meminimalkan risiko jatuh. Semakin berat bobot mesin cuci, maka semakin banyak pula jumlah orang yang dibutuhkan untuk mengangkat.

Orang-orang yang mengangkat mesin cuci harus melangkah perlahan-lahan, khususnya saat naik turun tangga atau melewati jalanan menanjak serta menurun.

  • Perhatikan rute perjalanan yang akan ditempuh: kalau mesin cuci akan dibawa menempuh jarak jauh dengan kendaraan bermotor, berarti Anda harus memperhatikan rute yang akan dilewati. Berusahalah melewati jalanan yang mulus dan minim polisi tidur untuk menjaga kondisi mesin cuci hingga tiba di tempat tujuan.
  • Letakkan di tempat baru yang tepat: tempat baru untuk mesin cuci harus berada dalam kondisi datar, bersih, dan kering. Lokasi yang miring dan atau basah berisiko mengganggu kinerja mesin cuci bahkan menyebabkan kerusakan parah.

Hindari Beberapa Hal Ini ketika Membawa Mesin Cuci

Jangan sampai mesin cuci Anda rusak saat dipindahkan hanya karena Anda melakukan beberapa kekeliruan berikut ini:

  • Mengangkut mesin cuci yang masih memuat cucian tanpa membereskannya terlebih dahulu. Bobot mesin cuci yang lebih berat serta bagian dalam yang lembap menyebabkan proses pengangkutan semakin sulit.
  • Mencabut kabel dan selang air pada mesin cuci secara kasar hingga mengakibatkan kerusakan.
  • Membawa mesin cuci dalam keadaan miring sehingga komponen di bagian dalamnya rusak.
  • Membiarkan kabel dan selang mesin cuci menjuntai sehingga sangat mengganggu proses pengangkutan.
  • Mengabaikan benturan dan goresan yang mengenai mesin cuci ketika sedang dibawa. Cara membawa mesin cuci yang kasar tidak cuma merusak bodi tetapi juga berisiko merusak komponen lainnya dalam mesin cuci.
  • Menggunakan kendaraan bermotor roda dua yang menyulitkan proses pengangkutan mesin cuci. Posisi mesin cuci yang tidak seimbang di atas kendaraan tentu membuatnya berisiko jatuh.

Ulasan tentang cara membawa mesin cuci kali ini tentu membuat Anda makin berhati-hati sewaktu memindahkan perangkat elektronik tersebut. Kalau mesin cuci lama Anda sudah rusak akibat proses penggunaan dan pengangkutan yang salah, berarti sudah saatnya Anda beralih ke mesin cuci baru.

Salah satu rekomendasi mesin cuci terbaik yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga Anda adalah MESIN CUCI FQW-1580BS persembahan AQUA Elektronik. Mesin cuci berkapasitas 15 kg ini dilengkapi diameter drum yang besar (601 mm) dengan bodi lebih ramping memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk rumah modern Anda.

Cucian bersih lebih cepat hingga 55%. Anda tak akan terganggu dengan suara berisik karena MESIN CUCI FQW-1580BS dibekali teknologi eco inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Perawatan anti bakteri eksklusif pada produk AQUA Elektronik ini mampu menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Teknologi tersebut memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.

Saat Anda menemukan kotoran yang melekat kuat pada pakaian, manfaatkan fitur Refresh yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

Mesin cuci bukaan depan ini mampu memanaskan air hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit. Sistem pembersihan Dual Spray otomatis diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Momen mencuci baju yang penuh drama tak akan terulang lagi bila Anda sudah memilih mesin cuci terbaik sesuai kebutuhan. Mari hadirkan mesin cuci AQUA Elektronik di rumah dan rasakan pengalaman mencuci yang praktis serta menyenangkan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003