Bolehkah Mengeringkan Sepatu di Mesin Cuci?

Sepatu adalah barang pribadi yang paling rentan kotor karena langsung bersentuhan dengan lantai. Sayangnya, banyak orang kerap lupa mencuci sepatu padahal proses pengeringannya butuh waktu cukup lama.

Sepatu memang lebih baik dicuci secara manual agar bersih maksimal. Selanjutnya, Anda bisa mengeringkan sepatu di mesin cuci agar tidak perlu menjemur sepatu terlalu lama.

Jawaban tentang pertanyaan bolehkah mengeringkan sepatu di mesin cuci memang masih simpang siur. Namun, Anda tak akan bingung lagi bila sudah mengenal bahan sepatu serta proses pencucian yang direkomendasikan untuk alas kaki tersebut.

Bolehkah Mengeringkan Sepatu di Mesin Cuci?

Boleh atau tidaknya mengeringkan sepatu di mesin cuci tergantung dari material sepatu tersebut. Ada beberapa material sepatu tertentu yang tidak boleh dikeringkan di mesin cuci, seperti kulit asli, vinyl, suede, dan karet.

Sementara itu, material sepatu lainnya seperti kanvas, katun, kulit sintetis, serta sol lunak tanpa gel bisa dikeringkan di mesin cuci. Anda hanya perlu melakukan proses pengeringan yang tepat supaya sepatu kesayangan kering maksimal tanpa disertai kerusakan.

Cara Efektif Mengeringkan Sepatu di Mesin Cuci

Proses mengeringkan sepatu di mesin cuci akan berlangsung maksimal bila Anda mengikuti beberapa tahapan berikut ini:

  • Periksa dulu label sepatu dan kenali materialnya: hal pertama yang mesti Anda lakukan bila ingin mengeringkan sepatu di mesin cuci adalah memeriksa labelnya terlebih dahulu.

Cermati apakah label tersebut menginformasikan bahwa sepatu boleh dikeringkan di mesin cuci atau tidak. Jika petunjuk pada label memperbolehkan pengeringan di mesin cuci dan materialnya pun tergolong aman, maka Anda bisa melanjutkan tahap berikutnya.

  • Ikat kedua tali sepatu dan masukkan ke dalam kemasan khusus: mengikat tali sepatu adalah hal penting bila Anda ingin mengeringkannya di mesin cuci. Jangan sampai tali sepatu yang terurai malah rentan tersangkut dan merusak mesin cuci. Ikatlah tali sepatu agar bentuknya lebih rapi dan ringkas.

Lepaskan sol dalam dari sepatu jika kondisinya memungkinkan supaya bagian sol tersebut kering maksimal. Anda juga bisa memasukkan sepatu dalam kemasan khusus yang bentuknya menyerupai jaring. Kemasan tersebut akan menjaga agar setiap komponen sepatu tidak terpisah atau tercecer selama pengeringan berlangsung.

  • Nyalakan mode pengering pada mesin cuci: kalau persiapan mengeringkan sepatu sudah beres, Anda bisa langsung menyalakan mode pengering (spin) pada mesin cuci. Tunggu selama beberapa saat hingga proses pengeringan selesai dan sepatu pun siap diangin-anginkan.

Pantangan yang Patut Diketahui saat Mengeringkan Sepatu di Mesin Cuci

Kalau bahan sepatu Anda memungkinkan untuk dikeringkan di mesin cuci, bukan berarti Anda boleh melakukannya secara sembarangan. Hindari beberapa hal ini supaya sepatu bersih dan kering sempurna dan kondisi mesin cuci pun tidak terganggu:

  • Memasukkan sepatu basah yang kotor di mesin cuci: sepatu basah yang masih dalam keadaan kotor tentu tak boleh langsung dikeringkan di mesin cuci. Anda harus mencucinya terlebih dahulu karena kotoran pada sepatu berisiko menyumbat filter mesin cuci. Jangan sampai mesin cuci Anda rusak akibat kebiasaan mengeringkan sepatu basah yang kotor.
  • Mencampur sepatu dan baju saat proses pengeringan: meskipun sepatu Anda sudah bersih dan siap dikeringkan, bukan berarti Anda boleh mencampurkannya dengan baju atau bahan lainnya.

Hal tersebut malah membuat risiko kelunturan semakin besar. Bahkan, baju dan sepatu bisa kusut akibat tersangkut satu sama lain. Beberapa komponen keras seperti ritlesting atau kancing baju rentan melubangi sepatu jika keduanya dikeringkan secara bersamaan.

  • Mengeringkan sepatu rusak di mesin cuci: sepatu yang rusak membutuhkan perhatian khusus supaya kerusakannya tidak semakin parah. Bila Anda belum sempat memperbaiki sepatu rusak tersebut, setidaknya jangan sampai Anda mengeringkannya di mesin cuci.

Putaran mesin cuci yang cukup keras selama proses pengeringan bisa membuat kerusakan sepatu makin parah. Jangan bertanya lagi tentang bolehkah mengeringkan sepatu di mesin cuci sebab hal tersebut sangat tidak direkomendasikan untuk sepatu yang rusak.

  • Meletakkan terlalu banyak sepatu dalam satu kali pengeringan: mengeringkan beberapa pasang sepatu secara bersamaan memang terdengar efisien. Faktanya, hal tersebut justru memicu kelunturan dan membuat proses pengeringan tidak berlangsung maksimal. Alangkah lebih baik jika Anda membagi proses pengeringan menjadi beberapa kali saat sedang mencuci banyak sepatu.

Kalau Anda butuh mesin cuci baru berkapasitas besar untuk mengeringkan sepatu dan berbagai jenis pakaian, bersiaplah menghadirkan MESIN CUCI FQW-1580BS di rumah. Mesin cuci AQUA Elektronik ini berkapasitas 15 kg dengan diameter drum yang besar (601 mm) dan bodi lebih ramping memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk rumah modern.

Soal urusan teknologi, MESIN CUCI FQW-1580BS dibekali eco inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Perawatan anti bakteri eksklusif pada mesin cuci bukaan depan ini mampu menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Teknologi tersebut memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.

Saat Anda menemukan kotoran membandel pada pakaian, manfaatkan fitur Refresh yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran.

Pada tahap akhir, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

MESIN CUCI FQW-1580BS dapat memanaskan air hingga mencapai suhu tinggi yang berfungsi sebagai disinfektan super ampuh untuk menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Sistem pembersihan Dual Spray otomatis diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fungsinya untuk membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Mengeringkan sepatu di mesin cuci jadi makin praktis dan cepat bila Anda sudah memahami caranya. Anda pun bisa memakai sepatu kesayangan yang kering maksimal secara tepat waktu berkat bantuan mesin cuci kesayangan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003