Sekilas Mirip, Apa Bedanya Chiller dan Showcase?

Kulkas adalah salah satu jenis elektronik yang dimiliki mayoritas rumah tangga di tanah air. Sayangnya, manfaat kulkas untuk mendinginkan sekaligus membekukan sering kali kurang memadai bagi kebutuhan bisnis.

Variasi perangkat pendingin lainnya seperti chiller dan showcase tentu lebih efektif untuk mendukung bisnis. Namun, hingga saat ini ternyata masih banyak orang belum memahami perbedaan chiller dan showcase.

Kalau Anda berkecimpung dalam bisnis yang membutuhkan lemari pendingin, sebaiknya Anda mengenal kegunaan showcase chiller serta berbagai perbedaannya agar lebih mantap menentukan pilihan.

Cermat Mengenali Perbedaan Chiller dan Showcase

Beberapa perbedaan mendasar antara chiller dan showcase yang patut Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli adalah sebagai berikut:

  • Fungsi utama: chiller adalah perangkat yang fungsi utamanya untuk mendinginkan makanan, minuman, atau bahan lainnya. Sementara itu, showcase berfungsi mendinginkan atau memanaskan sekaligus menjadi tempat memajang makanan dan atau minuman agar tampilannya lebih menarik. Showcase yang bersuhu panas kerap digunakan untuk menjajakan makanan hangat.
  • Bentuk: bila ditinjau berdasarkan bentuk, chiller terkesan lebih monoton karena penggunaannya hanya fokus untuk menyimpan, sedangkan showcase divariasikan dengan bentuk dan material yang lebih beragam supaya sedap dipandang.

Bentuk chiller juga bisa dikombinasikan menyerupai lemari dapur agar penggunanya lebih mudah menata barang-barang, sedangkan showcase besar diformulasikan secara vertikal menyerupai kulkas agar sesuai jangkauan penglihatan pelanggan.

  • Kapasitas: variasi kapasitas chiller tidak terlalu banyak sebab biasanya orang langsung membeli chiller besar supaya lebih ekonomis. Sementara itu, showcase mempunyai kisaran kapasitas antara 50 liter hingga lebih 1.500 liter.

Walaupun kapasitas showcase ukuran maksimal terkesan jauh besar, kenyataannya daya tampung showcase tidak sebanyak yang Anda bayangkan. Hal tersebut terjadi karena ada kapasitas ruang yang akan tersisa saat Anda memajang makanan dan atau minuman di showcase. Lain halnya dengan chiller yang memungkinkan Anda menyimpan makanan dan minuman dalam posisi padat sehingga lebih hemat ruang.

  • Suhu: kisaran suhu pada chiller dan showcase pendingin berada di angka -40C hingga 600C. Sementara itu, suhu showcase penghangat berkisar antara 850C hingga 850C.
  • Konsumsi daya listrik: Semakin rendah pengaturan suhu yang Anda tetapkan untuk chiller dan showcase pendingin, maka semakin besar daya listrik yang dibutuhkan. Hal serupa juga berlaku pada showcare penghangat yang konsumsi listriknya kian melonjak bila suhunya makin panas.
  • Pengaturan tata letak: bentuk chiller diformulasikan sedemikian rupa agar mudah diletakkan di tempat tertutup seperti dapur atau gudang secara ringkas. Sebaliknya, kegunaan showcase chiller membuat desainnya lebih menarik supaya memicu perhatian orang-orang yang melihatnya. Tak jarang pula orang tergugah membeli makanan atau minuman karena berawal dari ketertarikan terhadap konsep penataannya.

Klasifikasi Kegunaan Showcase Chiller Berdasarkan Jenisnya

Jika Anda sudah mengenal perbedaan chiller dan showcase lalu merasa bahwa showcase lebih cocok untuk bisnis Anda, maka kenali dulu beberapa jenis showcase berikut ini sebagai bahan referensi:

  • Multideck display: jenis showcase ini tersusun vertikal seperti kulkas tetapi bentuknya lebih lebar dan tidak dilengkapi pintu. Contoh showcase multideck display yang paling terkenal adalah tempat menyimpan minuman dingin dan keju di supermarket. Bentuk showcase tanpa pintu membuat pelanggan lebih mudah mengambil barang di dalamnya dan pebisnis pun bisa menata isi showcase secara leluasa tanpa kerepotan memegangi pintu.
  • Drinks fridge: bila Anda ingin menjual aneka minuman dingin, maka drinks fridge bisa jadi pilihan showcase yang tepat. Bentuknya menyerupai kulkas tetapi dilengkapi pintu kaca sehingga semua orang bisa melihat isinya tanpa harus membuka pintu terlebih dahulu.

Elemen berupa pintu kaca berkontribusi terhadap penghematan listrik karena buka tutup pintu showcase terlalu sering membuat udara dingin menguap dari bagian dalam showcase. Akibat kebiasaan tersebut membuat bagian dalam showcase sulit dingin maksimal dan konsumsi listrik meningkat.

  • Counter fridge: rak pendingin ini memiliki bentuk menyerupai meja dengan komponen kaca pada bagian atasnya. Bila drinks fridge diperuntukkan untuk minuman dingin, maka lain hanya dengan counter fridge yang diperuntukkan bagi makanan sehingga sering digunakan di kafe atau toko roti. Sebaiknya Anda tidak menumpuk banyak barang di atas showcase supaya elemen kaca di permukaannya tidak rentan pecah.
  • Warming showcase: satu lagi jenis rak pajangan yang diminati para pebisnis adalah warming showcase. Fungsi utama showcase ini adalah menghangatkan makanan sehingga rasa dan teksturnya lebih tahan lama. Ukuran warming showcase yang mungil membuatnya bisa dipajang di atas meja untuk memajang berbagai jenis makanan, salah satunya yaitu ayam goreng tepung.

Bisnis di bidang makanan dan minuman membuat Anda harus menyiapkan peralatan pendukung terbaik agar tahan lama. Salah satu rekomendasi showcase terbaik untuk mendukung bisnis minuman Anda adalah COLD CHAIN AQB-261 dari AQUA Elektronik. Showcase jenis drink fridge ini mempunyai kapasitas 170 liter sehingga dapat menampung minuman dalam jumlah banyak.

COLD CHAIN AQB-261 dilengkapi handle pintu besar yang mempermudah Anda ketika hendak mengambil minuman. Di samping itu, produk unggulan AQUA Elektronik ini juga dilengkapi fitur Anti Fog and Dew yang menjaga pintu kaca dari kabut dan embun sehingga minuman di dalamnya bisa dilihat secara mudah oleh calon pembeli.

Kelebihan lainnya yang terdapat pada showcase ini adalah Adjustable Shelves yang membuat Anda leluasa mengatur ketinggian rak sesuai ukuran minuman yang akan dipajang.

Aneka minuman dingin yang ditata secara apik pada showcase COLD CHAIN AQB-261 pasti bikin siapa pun tergugah untuk menikmatinya. Mari wujudkan kelancaran bisnis dengan kegunaan showcase chiller berkualitas persembahan AQUA Elektronik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003