5 Perbedaan TV Digital dan Smart TV, Intip di sini!

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang TV digital dan smart TV. Tapi, apakah Anda tahu apa perbedaan TV digital dan smart TV? Atau keduanya sebenarnya sama saja?

Sebagian orang menganggap TV digital sama dengan smart TV karena keduanya sama-sama menggunakan koneksi internet. Kenyataannya, hal itu tidak sepenuhnya benar.

TV digital adalah televisi yang mengandalkan sinyal digital untuk menayangkan gambar atau program. Karena menggunakan sinyal digital, gambar yang ditayangkan jauh lebih jernih dibandingkan dengan TV analog.

Sementara, smart TV adalah jenis televisi yang terhubung dengan internet dan memiliki fitur-fitur mirip dengan komputer, seperti browser web, aplikasi, dan sistem operasi. Berkat adanya koneksi internet ini, Anda juga bisa memainkan game hingga menjelajahi media sosial lewat layar televisi.

Perbedaan TV Digital dan Smart TV

Agar lebih mudah dipahami, Anda dapat melihat secara lebih detail perbedaan TV digital dan smart TV berikut:

  • Dari segi penggunaan koneksi internet

Secara singkat, TV digital tak harus menggunakan internet, sedangkan smart TV perlu internet untuk bisa mengakses saluran TV. Karena adanya koneksi inetrnet ini, dengan smart TV Anda bisa mengakses lebih banyak media hiburan seperti web browser, aplikasi streaming, dan permainan, yang tidak bisa diakses melalui TV digital.

  • Dari jenis sinyal yang digunakan

TV digital memerlukan sinyal digital yang bisa menangkap sinyal sampai jarak terjauh. Sementara, smart TV menggabungkan sinyal analog dan koneksi internet untuk dapat mengakses tontonan yang beragam.

  • Dari variasi tayangan yang tersedia

TV digital hanya mendapatkan tayangan dari siaran digital saja. Sementara, smart TV menyediakan akses tayangan yang lebih luas, bahkan dari aplikasi yang tersedia dalam perangkat televisinya.

  • Dari penggunaan antena

TV digital biasanya menggunakan antena jenis dalam, sedangkan smart TV menggunakan parabola.

  • Dari fitur pendukung yang ada

TV digital mempunyai fitur pendukung bernama DTV untuk mencari saluran TV digital sehingga Anda tidak memerlukan bantuan Set Top Box (STB). DTV ini memberikan kemudahan untuk mengonversi sinyal digital yang diterima ke dalam suara dan gambar untuk ditayangkan di TV digital.

Pada smart TV tidak ada fitur DTV karena tidak semua smart TV tergolong TV digital. Dengan kata lain, tidak semua smart TV mendukung pencarian siaran digital. Pengguna smart TV perlu menggunakan alat tambahan STB untuk bisa menikmati siaran tayangan digital.

Kelebihan TV Digital

Beda jenis TV, beda pula fitur yang dimiliki dan keunggulannya. Berikut beberapa kelebihan TV digital:

  • Memiliki kualitas gambar dan suara yang lebih baik
  • Menawarkan lebih banyak stasiun siaran TV
  • Memiliki fitur interaktif
  • Tidak ada biaya bulanan.

Kelebihan Smart TV

  • Memiliki koneksi internet

Berkat koneksi ini, pengguna dapat mengakses konten online seperti video streaming, aplikasi, dan permainan. Selain itu, TV juga dapat terhubung dengan perangkat rumah pintar.

  • Dapat dipersonalisasi

Smart TV memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi pengalaman menonton mereka dengan memilih aplikasi dan konten yang ingin mereka akses. Smart TV juga dapat menyediakan rekomendasi konten berdasarkan preferensi pengguna.

  • Kontrol suara dan gerakan yang mudah

Beberapa Smart TV dilengkapi remote control yang memiliki fungsi tambahan seperti microphone dan keyboard. Hal ini memudahkan pengguna untuk menavigasi TV dan mencari konten.

Televisi AQT43P750UX Bikin Pengalaman Menonton di Rumah Jadi Makin Seru!

Nonton TV di rumah bisa terasa makin seru bila didukung oleh perangkat yang tepat! Salah satunya televisi AQT43P750UX persembahan dari AQUA Elektronik. Televisi ini memiliki berbagai fitur untuk menunjang kebutuhan menonton Anda dan keluarga, seperti 4K HDR, Dolby Vision & Dolby Atmos dan MEMC.

Televisi AQT43P750UX HQLED berukuran 50 inci ini menggunakan teknologi TV LCD yang meningkatkan warna yang presisi sehingga menghadirkan lebih banyak level warna. Sementara, Kontrol Kecerahan Tinggi menciptakan tingkat warna yang halus. Abadikan semua detailnya, melihat gambar yang lebih jernih, menampilkan kedalaman warna.

Kenyamanan menonton makin maksimal berkat 4K HDR yang membuat resolusi warna lebih tajam, detail gambar semakin jelas dan hidup. Ditambah lagi dengan Dolby Vision yang membuat gambar semakin hidup

dan warna lebih akurat. Apa pun tontonannya, kejernihan gambar pada televisi AQT43P750UX akan membuat Anda terpukau.

Keseruan menonton TV dengan AQT43P750UX tak berhenti pada gambar yang jernih saja. Fitur Dolby Atmos akan membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Ayo, segera rasakan pengalaman menonton TV yang sangat seru di rumah! Nikmati juga lebih dari 5000 aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga, dan miliki televisi layar lebar AQT43P750UX agar kegiatan menonton televisi bersama keluarga semakin seru!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003