Flashdisk Tidak Terbaca di TV? Ini 7 Penyebabnya!

flashdisk ke laptop

Manfaat TV kini bukan sekadar untuk menikmati tayangan hiburan dari siaran digital. Elektronik tersebut dapat diintegrasikan dengan flashdisk untuk menampilkan konten audio visual dalam berbagai format. Kalau Anda sering menggunakan TV untuk aktivitas tersebut, berarti Anda patut memahami cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di TV. Jangan membiarkan kendala sekecil apa pun mengganggu keleluasaan Anda dalam memaksimalkan fungsi TV.

Ulasan lengkap ini akan membantu Anda mencari tahu penyebab flashdisk tidak terbaca di TV serta cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca di TV

Proses menampilkan data flashdisk ke TV memang mudah sebab Anda hanya perlu menyambungkannya saja. Namun, beberapa penyebab berikut ini rupanya bisa membuat flashdisk tidak terbaca di TV:

1. Flashdisk adalah produk palsu

Banyak sekali produk flashdisk palsu di pasaran yang menarik perhatian karena harganya sangat murah. Sayangnya, harga tersebut tak sebanding dengan kerepotan yang Anda rasakan saat flashdisk tidak terbaca di TV. Anda harus ekstra teliti mengenali ciri-ciri flashdisk orisinal supaya tidak terkecoh membuat produk palsu karena tergiur dengan harganya.

2. Format flashdisk tidak sesuai dengan spesifikasi TV

Mayoritas TV pintar di tanah air hanya bisa membaca flashdisk dengan format FAT32. Itulah sebabnya format flashdisk lainnya seperti NTFS, FAT, dan ExFAT gagal terbaca saat dihubungkan ke TV.

3. Port

Masalah yang membuat flashdisk gagal terbaca di TV rupanya bisa disebabkan oleh kerusakan port USB di TV. Penyebab ini tentu jarang ,pdisadari karena mayoritas orang cenderung hanya memeriksa kondisi flashdisk tanpa memperhatikan port USB TV.

4. Ada benda asing tersangkut di konektor flashdisk:

Penyebab flashdisk tidak terbaca di TV yang juga kerap luput dari perhatian adalah kotoran dalam konektor flashdisk. Kondisi ini biasanya rentan terjadi bila Anda menggunakan flashdisk tanpa tutup. Akumulasi kotoran dalam flashdisk tentu menghambat proses transfer data sehingga TV tidak mampu membaca isi flashdisk.

5. Kontaminasi Virus dan Malware:

Flashdisk yang terserang virus dan malware bukan hanya berisiko kehilangan data, tetapi juga bisa mengakibatkan gangguan lain seperti gagal teridentifikasi di TV. Masalah ini dapat muncul bila flashdisk kerap digunakan pada laptop atau komputer yang tingkat keamanannya rendah.

6. Flashdisk berstatus terkunci

penguncian flashdisk kerap dilakukan agar data-data yang terdapat di dalamnya tidak bisa disalin sembarangan. Di sisi lain, flashdisk yang berstatus terkunci juga dapat menyulitkan karena datanya tidak dapat diakses sewaktu disambungkan ke TV.

7. Sering mencabut flashdisk tanpa eject

Proses eject tidak boleh diabaikan ketika Anda hendak mencabut flashdisk dari laptop maupun komputer PC. Kebiasaan mencabut flashdisk sembarangan saat sedang menggunakannya berisiko membuat data-data dalam flashdisk jadi rusak (corrupted). Kerusakan tersebut mengakibatkan data-data flashdisk jadi sulit dibaca, termasuk ketika sedang disambungkan ke TV.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di TV

Jangan panik jika Anda mengalami masalah flashdisk tidak terbaca di TV. Cobalah melakukan beberapa cara berikut ini agar koneksi antara flashdisk dan TV berlangsung lancar:

1. Gunakan produk asli dengan format yang sesuai

Hal pertama yang mesti Anda lakukan supaya flashdisk terbaca di TV adalah memastikan bahwa perangkat tersebut adalah produk asli dengan format FAT32. Jangan sampai flashdisk palsu menyebabkan gangguan koneksi bahkan membuat Anda kehilangan data-data penting.

2. Buka kunci flashdisk terlebih dahulu

Bila flashdisk tidak terbaca di TV karena terkunci, maka Anda mesti membuka kuncinya terlebih dahulu sebelum menyambungkannya ke TV.

3. Bersihkan konektor flashdisk yang kotor

Usahakan untuk menjaga kebersihan konektor flashdisk secara telaten. Bersihkan bagian tersebut dengan cotton bad atau lap bersih yang kering supaya tak ada kotoran yang mengganggu fungsi flashdisk.

4. Lakukan proses format ulang

Keberadaan virus dan malware yang mengganggu kinerja flashdisk dapat diatasi dengan melakukan format ulang. Seluruh data yang tersimpan di flashdisk akan hilang setelah proses format. Namun, flashdisk akan kembali normal dan bisa disambungkan ke TV secara praktis. Tak cuma ampuh mengatasi virus dan malware, format ulang juga memulihkan flashdisk dari kerusakan data akibat penggunaan tanpa eject.

5. Perbaiki port USB TV yang rusak

Kerusakan yang terjadi pada port USB TV juga harus lekas diperbaiki supaya Anda bisa menyambungkannya dengan flashdisk. Proses perbaikan ini membutuhkan bantuan tenaga profesional agar hasilnya berkualitas tanpa memicu kerusakan pada bagian TV lainnya.

Rutinitas harian yang sering melibatkan teknologi membuat keberadaan TV pintar di rumah jadi semakin dibutuhkan. Jika dulu kehadiran TV analog sudah lebih dari cukup, sekarang TV pintar yang dapat tersambung dengan USB sangat esensial sebagai sarana hiburan berkualitas. Anda tak perlu bingung menentukan pilihan kalau saat ini sedang mencari TV pintar sebab AQUA Elektronik sudah merilis TELEVISI AQT55S900UX sebagai jawabannya.

Android Smart TV ini terdiri dari layar berteknologi QLED yang menciptakan warna lebih kuat dan akurat serta mampu mengontrol setiap warna yang keluar dengan tepat. TV berukuran 55 inci ini juga dilengkapi teknologi Dolby Atmos yang mewujudkan realisme suara menakjubkan seperti pengalaman menonton film di bioskop sertaDolby Vision yang membuat gambar semakin hidup.

Anda dapat Google Play untuk mengunduh berbagai aplikasi dan game favorit secara leluasa saat menggunakan TELEVISI AQT55S900UX. Akses mudah dari layar utama Google TV jelas membuat pengalaman menikmati aneka tayangan semakin menyenangkan. Selain itu, produk AQUA Elektronik ini juga dilengkapi fitur kontrol jarak jauh yang bisa dimulai secara mudah dengan mengatakan “OK Google”.

Jadi, tunggu apa lagi?

Mari bergegas menghadirkan fasilitas hiburan berkualitas di rumah dengan mengandalkan TV pintar AQUA Elektronik yang kecanggihannya menakjubkan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003