Jangan Bingung, Ini Cara Menggunakan Microwave yang Benar!

Kecanggihan teknologi yang berkembang pesat kini semakin mempermudah berbagai aktivitas rumah tangga. Sayangnya, masih banyak orang enggan memanfaatkan kemudahan tersebut karena merasa tidak bisa menggunakan perangkat elektronik canggih secara efektif, salah satunya yaitu microwave. Padahal, cara menggunakan microwave sangat praktis dan memberikan beragam manfaat untuk mendukung rutinitas di dapur.

Kalau Anda termasuk orang yang belum memahami prinsip kerja serta manfaat microwave, maka sebaiknya Anda menyimak ulasan ini agar makin yakin untuk menggunakannya.

Beragam Fungsi Microwave untuk Mempermudah Rutinitas di Dapur

Microwave adalah perangkat elektronik yang mengandalkan teknologi radiasi elektromagnetik pada frekuensi mikro untuk menghangatkan makanan. Cara menggunakan microwave sebenarnya mudah sebab Anda hanya perlu mengikuti petunjuk pemakaian serta memahami manfaatnya.

Hingga saat ini, banyak orang yang keliru membedakannya dengan oven listrik kemudian bertanya-tanya apakah microwave bisa untuk memanggang. Meskipun tidak dapat digunakan untuk memanggang, microwave mempunyai bermacam-macam fungsi lainnya, yaitu:

  • Memanaskan makanan secara cepat dalam hitungan menit.
  • Mencairkan makanan atau bahan makanan beku.
  • Memaksimalkan proses pengembangan adonan kue.
  • Mendukung proses memasak yang praktis, misalnya membuat sayuran kukus, pasta instan, pop corn atau jenis makanan lainnya.
  • Mengurangi kelembapan berlebihan pada makanan sehingga teksturnya lebih renyah dan tidak rentan berjamur.

Cara Menggunakan Microwave yang Benar agar Manfaatnya Maksimal

Beberapa hal penting yang patut menjadi perhatian Anda ketika hendak menggunakan microwave adalah sebagai berikut:

  • Ikuti instruksi pada buku manual: cara menggunakan microwave yang benar harus diawali dengan pemahaman terhadap instruksi di buku manual. Jadi, jangan memulai penggunaan elektronik tersebut tanpa membaca buku manual terlebih dahulu. Pada umumnya, buku manual memuat info seputar fungsi tombol, instruksi sederhana seperti cara menghangatkan makanan di microwave, serta proses perawatannya fungsinya maksimal sekaligus tidak gampang rusak.
  • Gunakan wadah yang aman: pemilihan wadah juga tidak boleh diabaikan ketika hendak menggunakan microwave. Beberapa jenis bahan wadah yang dapat digunakan pada perangkat elektronik tersebut, antara lain kaca dan keramik tanpa cat metalik, plastik berlabel microwave safe, serta kantong ziplock. Sebaliknya, jenis wadah yang tidak boleh digunakan di microwave, yaitu kardus, styrofoam, stainless steel, aluminium foil, dan plastik sekali pakai.
  • Hindari menyalakan microwave dalam keadaan kosong: menyalakan microwave yang kosong adalah kelalaian yang dianggap sepele tetapi bisa menimbulkan bahaya. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan microwave membutuhkan media berupa makanan untuk menyerapnya secara maksimal. Oleh sebab itu, microwave yang dinyalakan saat kosong akan membuat gelombang memantul sehingga berisiko merusak komponen dalam microwave bahkan memicu ledakan. Mulai sekarang, Anda harus lebih teliti menggunakan perangkat elektronik tersebut dan pastikan makanan sudah dimasukkan sebelum menyalakannya.
  • Jangan memanaskan air terlalu lama: penggunaan microwave bisa menjadi solusi cepat nan praktis untuk memanaskan air. Namun, sebaiknya Anda tidak memanaskan air terlalu lama pada elektronik tersebut karena suhu air yang terlalu tinggi dapat memicu ledakan. Suhu air yang dipanaskan di microwave memang dapat meningkat drastis dalam waktu singkat meskipun tidak ada kemunculan gelembung seperti air yang mendidih di kompor.
  • Panaskan beberapa jenis makanan secara terpisah: cara menghangatkan makanan di microwave sebaiknya tidak dilakukan secara sekaligus demi alasan penghematan waktu dan listrik. Perbedaan tekstur dan suhu makanan membuatnya butuh waktu dan suhu berbeda-beda sewaktu dipanaskan dengan microwave. Alangkah lebih baik jika proses pemanasan beberapa jenis makanan dilakukan terpisah sehingga hasilnya sesuai dengan ekspektasi Anda.
  • Tutup pintu microwave dengan rapat sebelum menggunakannya: cara menggunakan microwave juga berkaitan dengan komponen pintunya. Anda wajib menutup pintu tersebut dengan rapat sebelum menyalakan microwave supaya gelombang menyebar secara merata dan makanan bisa mencapai suhu maksimal. Jika pintu microwave mengalami kerusakan sehingga tidak dapat ditutup rapat, maka Anda harus lekas memperbaikinya agar microwave kembali berfungsi normal.
  • Tentukan suhu dan waktu yang tepat: penentuan suhu dan waktu yang tepat saat menggunakan microwave tidak boleh dilakukan sembarangan untuk memperoleh hasil maksimal. Makanan yang jumlahnya sedikit dan berada dalam suhu ruang hanya perlu dipanaskan di microwave dalam waktu singkat serta suhu sedang. Sementara itu, makanan yang jumlahnya banyak atau suhunya dingin bahkan beku memang butuh suhu lebih tinggi dan waktu lebih lama untuk mencapai kondisi yang Anda inginkan.
  • Bersihkan microwave sceara rutin: sama seperti perabot dapur lainnya, microwave juga wajib dibersihkan secara teratur agar fungsinya tetap terjaga. Cara paling mudah untuk membersihkan microwave yaitu meletakkan secangkir air yang diberi irisan lemon lalu memanaskannya selama kurang lebih 1 menit. Selain itu, Anda juga mesti segera mengelap sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam microwave supaya tidak menimbulkan kerak noda membandel. Hindari penggunaan pembersih berbahan kimia yang malah berisiko menyebabkan kerusakan microwave.

Kalau sudah memahami cara menggunakan microwave serta beragam manfaatnya, Anda tentu tidak ragu menghadirkannya di rumah. Microwave AEM-S20 dari AQUA Elektronik bisa menjadi referensi yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Microwave berkapasitas 20 liter ini mempunyai fitur 6 Power Levels, yaitu tingkat suhu panas dari rendah ke tinggi yang mudah dikontrol berdasarkan jenis makanan dan proses pembuatannya. Selain itu, ada pula fitur Auto Cook Menus yang membantu Anda memasak menu rebus, kukus, tumis, goreng, atau menghangatkan makanan secara otomatis.

Defrost Setting pada Microwave AEM-S20 memungkinkan makanan kembali ke suhu ruangan normal sekaligus menjaga kandungan nutrisi di dalamnya. Kecanggihan microwave ini juga disempurnakan dengan Cooking End Signal yang memunculkan sinyal bunyi saat waktu yang ditetapkan sudah berlalu atau makanan telah matang.

Alhasil, Anda pun tak akan meninggalkan makanan terlalu lama di dalam microwave. Ruang bagian dalamnya berukuran luas sehingga dapat memuat lebih banyak makanan sekaligus lebih mudah dibersihkan.

Sekarang, tak ada alasan lagi untuk ragu menggunakan microwave canggih di rumah. Kehadiran produk berkualitas AQUA Elektronik siap mempermudah rutinitas Anda dalam mengolah makanan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003