7 Fungsi Lain Vacuum Cleaner, Tidak Hanya untuk Menyedot Debu!

Vacuum cleaner adalah salah satu peralatan rumah tangga yang saat ini banyak digunakan oleh rumah tangga di Indonesia. Dibandingkan dengan sapu biasa, kemampuan vacuum cleaner untuk menyedot debu dari sudut-sudut yang tidak terlihat membuat alat ini banyak digemari.

Namun, tahukah Anda kalau manfaat vacuum cleaner tidak hanya untuk menyedot debu di lantai saja? Berikut ini 7 fungsi lain vacuum cleaner yang perlu Anda ketahui:

1. Membersihkan Keyboard

Tidak dapat dipungkiri kalau karena sering digunakan, keyboard laptop yang Anda gunakan akan menjadi sarang debu dan kuman. Debu dan kuman ini memang bisa dibersihkan dengan cairan khusus dan lap yang bisa dibeli di toko alat elektronik.

Namun tidak dapat dipungkiri juga kalau membersihkan laptop dengan cara di lap saja seringkali tidak cukup. Supaya laptop Anda semakin bersih, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner sebelum mengaplikasikan cairan tersebut dan mengelapnya. Dengan demikian, debu dari bagian-bagian terkecil dari alat elektronik ini bisa dibersihkan.

2. Membersihkan Jok Mobil

Fungsi vacuum cleaner yang kedua adalah membersihkan jok mobil sebelum kendaraan ini dicuci. Sama seperti keyboard laptop, jok mobil umumnya dibersihkan dengan cara dicuci. Namun tentunya akan percuma jika jok tersebut langsung disiram air dan diberi sabun apabila debu-debu yang menempel di setiap sudutnya tidak dibersihkan, bukan? Oleh karena itu, Anda bisa menyedot debu tersebut menggunakan vacuum cleaner terlebih dahulu sebelum menyiramkan dengan air dan sabun.

3. Menghilangkan Debu di Peralatan Rumah Tangga Lainnya

Kemampuan vacuum cleaner untuk menyedot debu dari sudut terkecil juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran di sela-sela peralatan rumah tangga lainnya. Misalnya, di sela-sela air conditioner (AC), sela-sela kipas angin, kondensor kulkas dan lain sebagainya. Akan tetapi tentu saja sebelum membersihkan peralatan ini menggunakan vacuum cleaner, Anda harus mematikan sambungan listriknya terlebih dahulu supaya tidak terjadi tegangan arus listrik.

4. Membersihkan Rambut dan Bulu yang Rontok

Rambut manusia dan bulu hewan adalah salah satu bagian dari tubuh makhluk hidup yang mudah sekali rontok dan susah dibersihkan karena kecil dan ringan. Belum lagi bulu hewan peliharaan yang rontok bisa menjadi alergen bagi individu yang memiliki penyakit pernafasan.

Kegunaan vacuum cleaner yang selanjutnya adalah membersihkan lantai rumah dari bulu dan rambut yang rontok ini. Dengan demikian dapat dikatakan kalau salah satu manfaat vacuum cleaner adalah membuat rumah bisa menjadi lebih bersih dan sehat.

5. Memperbaiki Warna Kain

Debu yang menempel terlalu lama dan terlalu dalam di dalam serat kain dapat membuat kain tersebut tampak kotor dan kusam. Tidak jarang tangan kosong saja tidak cukup untuk membersihkan debu ini karena membutuhkan kemampuan mengucek yang kuat dan lama.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Caranya adalah taburkan baking soda ke atas kain yang akan dibersihkan, ratakan dengan menggunakan spon basah dan tunggu selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, baru sedot kotoran dari kain tersebut menggunakan vacuum cleaner yang Anda miliki dan lihat aslinya.

6. Membersihkan Kasur dari Tungau

Fungsi dari vacuum cleaner yang ke-6 adalah membersihkan kasur dari tungau dan debu. Tungau adalah hewan kecil yang umumnya ditemukan di kasur-kasur berbahan kapuk. Meskipun bentuk fisiknya kecil, namun gigitan tungau tetap terasa sakit, gatal dan bisa menimbulkan benjol-benjol di tubuh. Umumnya, tungau dan debu kasur dibersihkan dengan cara menjemur kasur tersebut ke bawah sinar matahari dan memukulnya dengan pemukul kasur.

Akan tetapi cara ini tentu kurang efektif, khususnya jika Anda tinggal di apartemen atau hunian bertingkat lainnya. Solusinya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menyebut debu sekaligus tungau yang bersembunyi di balik lekukan kasur. Dengan menggunakan alat ini, debu dan tungau dapat tersedot ke dalam mesin dan dikeluarkan di tempat sampah.

7. Menemukan Barang Kecil yang Terselip

Fungsi lain vacuum cleaner di luar dari manfaatnya untuk menyedot debu adalah menemukan barang-barang kecil yang terselip atau hilang. Barang-barang kecil tersebut, seperti anting, pulpen, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Kemampuan alat ini untuk menyedot debu dengan tegangan tinggi mau tidak mau akan membuat barang-barang di sekitar debu tersebut akan tersedot pula. Oleh karena itu, alat ini sangat berguna untuk digunakan sebagai alat bantu dalam menemukan barang kecil yang hilang.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membeli Vacuum Cleaner

Saat ini sudah banyak produk vacuum cleaner yang dijual di marketplace Indonesia. Mulai dari yang harganya ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah semuanya ada. Akan tetapi selain budget, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal lain sebelum membeli alat rumah tangga ini. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Jenis vacuum cleaner

Ada bermacam-macam jenis vacuum cleaner yang umumnya ada di pasaran, contohnya yang bermesin robot, sehingga bisa bergerak sendiri, ada juga yang manual menggunakan baterai maupun menggunakan kabel. Setiap jenis vacuum cleaner memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Jenis robot misalnya, kurang cocok untuk rumah bertingkat atau memiliki undakan, sementara jenis vacuum cleaner baterai membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi daya dan jenis kabel membutuhkan colokan sebelum digunakan.

2. Desain vacuum cleaner

Tidak hanya mempengaruhi kenyamanan Anda dalam menggunakan alat ini, desain vacuum cleaner juga mempengaruhi manfaat, kegunaan dan penyimpanan alat ini.

Desain AQUA AC-E171 yang kecil misalnya, membuat alat ini lebih mudah disimpan dan menjangkau sudut-sudut terkecil dalam rumah. Tidak hanya itu, alat ini juga dilengkapi dengan HEPA Filter yang mudah dibersihkan.

3. Lokasi service center

Sebagus apapun sebuah alat elektronik, suatu saat pasti akan ada bagian vacuum cleaner yang mengalami kerusakan, entah itu selang yang tidak berfungsi, pompa dalam yang tidak bisa dilepas dan lain sebagainya. Jika ada kerusakan di bagian sparepart, biasanya pengguna akan diminta untuk mengirimkan seluruh komponen alat ini ke service center terdekat.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memilih produk yang memiliki service center terdekat di kota Anda. Tujuannya adalah ketika alat ini rusak, Anda tidak perlu pusing dan mahal-mahal mengirimkannya ke luar kota atau bahkan luar pulau.

Vacuum cleaner merupakan teknologi home appliances serba guna yang sudah banyak meringankan beban kerja ibu rumah tangga. Dengan alat ini, pekerjaan rumah jadi lebih mudah dan kebersihan rumah tetap terjamin.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003