Mengenal UVC Sterilizer, Cara Kerja dan Manfaatnya

Kuman, virus dan bakteri umumnya dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih, seperti sabun atau shampoo. Kalaupun mikroorganisme tersebut sudah masuk ke dalam tubuh, umumnya mereka akan dibasmi menggunakan obat-obatan kimiawi, seperti Amoxicillin.

Tapi, tahukah Anda kalau kuman, bakteri dan virus juga bisa dibasmi menggunakan cahaya? Itulah mengapa, ketika pandemi covid19 lalu, masyarakat diminta untuk lebih sering berjemur di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari dikenal memancarkan sinar ultraviolet. Namun nyatanya, tidak semua sinar ultraviolet bisa digunakan untuk membasmi mikroorganisme.

Sinar ultraviolet yang bisa digunakan untuk membunuh organisme ini adalah sinar ultraviolet tipe C dan proses pembasmian mikroorganisme menggunakan sinar UVC inilah yang disebut dengan uvc sterilization.

Apa Itu UVC Sterilizer?

UVC sterilizer adalah alat yang dapat memancarkan sinar ultraviolet tipe C untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya. Berbeda dengan sinar UVA dan UVB, UVC adalah tipe sinar ultraviolet yang lebih samar dan pendek dengan jangkauan kurang lebih 100-280 nm.

Namun demikian, sejak ditemukan pada tahun 1878, sinar UVC ini dikenal mampu membunuh mikroorganisme dengan efektif hingga 99,9%. Maka dari itu, tidak heran jika sinar ini banyak digunakan untuk membunuh bakteri di berbagai rumah sakit di China, membersihkan bakteri dalam uang di bank dan lain sebagainya (BBC). Hanya saja memang sebaiknya sinar ini tidak terkena langsung ke kulit dan mata manusia karena dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Manfaat UVC Sterilizer

1. Membunuh virus dan mikroorganisme berbahaya lainnya

Manfaat utama dari uvc sterilizer adalah membunuh virus dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menyalakan alat ini untuk menerangi barang-barang yang akan dibersihkan selama 10 menit secara langsung dan dari jarak dekat. Dengan cara ini, Anda bisa membersihkan berbagai peralatan dan perlengkapan rumah tangga dengan lebih cepat dan praktis.

2. Relatif aman

Penggunaan teknik UVC sterilization untuk membersihkan produk peralatan rumah tangga juga tidak menimbulkan reaksi kimia pada produk tersebut, sehingga produk tersebut tetap aman digunakan. Ini artinya, penggunaan UVC Sterilizer relatif aman untuk manusia dan lingkungan, selama tentu saja tidak terpapar langsung dengan kulit, mata atau area tubuh manusia lainnya.

3. Bisa digunakan untuk mengeringkan peralatan

Manfaat lain dari uvc sterilizer adalah paparan cahayanya dapat digunakan untuk membersihkan dan mengeringkan berbagai peralatan rumah tangga dengan cepat. Mulai dari sendok, piring, hingga peralatan makan si kecil dapat dibersihkan dan dikeringkan menggunakan alat ini.

4. Praktis

Produk UVC sterilization dapat dijual terpisah dalam bentuk lampu maupun menjadi satu dengan alat elektronik lainnya untuk membersihkan bagian dalam alat elektronik tersebut. Salah satu kelebihan membeli produk UVC sterilization dalam bentuk lampu adalah bentuknya yang kecil dan praktis, sehingga dapat dibawa dan disimpan dimanapun. Tidak hanya itu, proses pembersihan dan pengeringan menggunakan alat ini juga singkat saja, hanya 5-10 menit menggunakan alat ini secara lanngsung ke alat yang akan dibersihkan, dapat membunuh 99,9% bakteri pada alat tersebut.

Cara Kerja UVC Sterilizer pada AC

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwasannya alat UVC sterilizer dapat diintegrasikan dengan alat elektronik lainnya. Salah satunya adalah AC. Fungsi dari UVC sterilizer adalah membunuh mikroorganisme yang ada di dalam udara yang masuk maupun keluar dari mesin pendingin ruangan ini.

Caranya adalah, lampu UVC sterilizer dipasang di berbagai bagian AC, seperti saluran udara, evaporator coil dan lain sebagainya. Dengan cara ini, udara yang masuk ke dalam AC otomatis akan terpapar cahaya dari lampu tersebut, sehingga mikroorganisme di dalam udara tersebut akan mati dan udara akan keluar sebagai udara bersih.

Tidak hanya udara, keberadaan lampu UVC sterilizer di dalam AC juga dapat membersihkan berbagai bagian AC itu sendiri. Dengan demikian, bagian dalam AC juga bersih dari virus, kuman maupun bakteri. Tapi Anda harus ingat, supaya tetap membersihkan AC ruangan Anda secara berkala.

Kelebihan AC dengan Fitur UVC Sterilizer

1. Membuat udara lebih bersih

Karena udara yang masuk dan keluar dari AC sudah dibersihkan menggunakan UVC sterilizer, maka udara yang ada di dalam ruangan Anda jadi lebih bersih dan terbebas dari bakteri, virus atau kuman yang dapat mengancam kesehatan. Dengan demikian, tubuh Anda bisa menjadi lebih sehat dan terbebas dari alergi yang disebabkan oleh cuaca.

2. Membuat udara menjadi lebih segar

Dengan tidak adanya virus, kuman dan mikroorganisme lainnya, udara di dalam ruangan rumah Anda juga bisa menjadi lebih segar dan aman untuk dihirup. Apalagi jika AC rumah Anda juga dilengkapi dengan PM 2.5 filter yang mampu menyaring debu dan partikel-partikel polusi udara lainnya. Tentu udara yang dihasilkan AC akan lebih sejuk dibandingkan dengan menggunakan kipas angin.

3. Membuat tubuh menjadi lebih sehat

Ketika udara terbebas dari polusi udara, seperti PM 2,5 dan berbagai virus dan bakteri dari udara, maka Anda bisa terbebas dari penyakit yang menular dari udara, seperti batuk dan flu. Tidak hanya itu, dengan terbebas dari PM 2,5, Anda juga akan terbebas dari risiko terkena penyakit pernafasan lainnya dan penyakit kulit.

Namun tantangannya tentu saja daya listrik yang dibutuhkan untuk AC relatif besar, khususnya apabila dibandingkan dengan kipas angin. Besar kecilnya daya listrik yang dibutuhkan AC tidak hanya bergantung pada frekuensi penggunaan alat elektronik ini, tetapi juga tata letaknya. AC yang diletakkan di ruangan yang memiliki banyak jendela dan bisa terpapar sinar matahari secara langsung tentu akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Oleh karena itu, pemilihan AC tidak hanya harus berdasarkan fiturnya saja, tetapi juga letak dan tata lokasi tempat AC tersebut akan dipasang.



Tapi Anda tidak perlu khawatir, AQUA hadir dengan AQA-KCR19VSW, produk AC hemat energi yang dilengkapi dengan UVC Sterilizer dan PM 2,5 filter. Jika umumnya AC 2 pk membutuhkan 1.900 watt per jamnya, maka AQA-KCR19VSW hanya membutuhkan 300-1.670 watt per jam.

Tidak hanya itu, AQA-KCR19VSW juga dilengkapi dengan eco sensor yang mampu mendeteksi adanya manusia di dekatnya. Dengan demikian, penggunaan AC di rumah Anda jadi lebih efektif karena alat elektronik ini akan mati secara otomatis apabila tidak ada orang di sekitarnya. AQA-KCR19VSW solusi cerdas untuk keluarga sehat!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003