10 Tanaman Penyejuk Ruangan, Segar & Aesthetic!

perempuan menyiram tanaman

Kenyamanan ruangan akan semakin maksimal jika Anda menambahkan sentuhan tanaman di dalamnya. Jika Anda perhatikan seperti di kafe atau restoran, mereka biasanya meletakkan pot tanaman di beberapa sudut ruangan. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kesejukkan dalam ruangan dan estetika.

Lalu, apakah perawatannya akan sulit? Pastinya tidak karena ada beberapa jenis tanaman yang memang tidak membutuhkan banyak asupan sinar matahari.

Tertarik untuk mencoba juga? Berikut ini ada 10 tanaman penyejuk ruangan yang bisa menyegarkan dan juga membuat runagan semakin aesthethic! Yuk, simak artikel di bawah ini!

Tanaman Penyejuk Ruangan untuk Rumah Anda

Berikut ada beberapa tanaman penyejuk ruangan yang estetik dan bermanfaat untuk bisa Anda letakkan di rumah:

1. Lidah Buaya

lidah buaya

Past Anda sudah tidak heran lagi dengan lidah buaya yang memiliki segudang manfaat. Hampir seluruh bagian dari lidah buaya bisa digunakan, seperti kosmetik, penumbuh rambut, hingga bahan makanan.

Nah, selain itu, lidah buaya juga ternyata bisa menyejukkan ruangan, loh! Banyaknya kandungan air dalam lidah buaya akan menguap dan memberi kesejukkan untuk lingkungan sekitarnya.

Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga bisa menghilangkan racun yang ada di udara. Sederhananya, lidah buaya akan menyerap CO2 (karbon dioksida) pada siang hari dan melepaskan oksigen pada malam hari.

Perawatan lidah buaya pun sangat mudah karena Anda tidak memerlukan banyak air dan sinar matahari. Anda bisa meletakannya di sudut ruangan yang minim cahaya sekali pun.

2. Lavenderlavender di pot

Siapa bilang lavender hanya bisa digunakan sebagai pengharum ruangan? Bunga lavender juga bisa dipakai sebagai penyejuk ruangan. Selain itu, nilai tambahnya adalah estetika ruangan semakin bertambah karena kecantikan bunga lavender itu sendiri.

Aromanya yang harum bisa membuat suasana sekitar nyaman dan senang. Selain harum, lavender juga dipercaya sebagai penghalau nyamuk yang efektif. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi ada nyamuk di malam hari!

3. Sirih Gadingsirih gading

Berikutnya, ada tanaman sirih gading yang dipercaya bisa menyejukkan ruangan karena daunnya yang rimbun. Dedaunan sirih gading menghasilkan oksigen yang sangat baik untuk dihirup oleh Anda di rumah.

Selain itu, tanaman ini juga ternyata bisa menyerap racun dan polutan, loh! Jadi, kalau Anda merasa udara di rumah kurang baik atau terlalu lembab, Anda bisa menanam sirih gading.

Perawatan tanaman ini pun tidak sulit karena bisa bertahan di berbagai kondisi. Apabila rumah Anda terlalu lembab atau terlalu kering, sirih gading akan tetap bisa mencari cara untuk bertahan hidup.

4. Pakis Bostonpakis boston

Mungkin Anda sering melihat tanaman pakis liar di luar. Namun, ternyata ada tanaman pakis yang bisa ditanam dalam ruangan yaitu pakis boston. Pakis boston berfungsi untuk menyejukkan ruangan karena bersifat menyerap racun dan polutan udara.

Tanaman ini bagus sekali untuk Anda yang baru pindah rumah, loh. Kenapa? Pakis boston bisa menyerap racun yang dihasilkan oleh furnitur baru atau cat dinding yang masih baru.

Jadi, Anda bisa menghirup udara dengan nyaman tanpa khawatir akan terkena penyakit.

5. Lidah Mertualidah mertua

Lidah mertua juga dipercaya bisa membuat udara di ruangan jadi lebih sejuk dan nyaman, khususnya saat cuaca panas. Tanaman ini mengeluarkan udara segar di malam hari dan menyerap karbon dioksida di siang hari.

Dengan begitu, kondisi siang dan malam hari di rumah Anda akan tetap stabil berkat proses pertukaran udara yang terjadi.

6. Palem Bambupalem bambu

Palem bambu memiliki daun yang panjang dan bercabang sehingga terlihat sangat rimbun. Semakin rimbun tanaman palem bambu, semakin sejuk udara yang ada di sekelilingnya. Jadi, jangan sangka kalau palem hanya bisa ditanam di luar ruangan saja, ya!

Perawatan palem bambu juga sangatlah mudah. Anda hanya memerlukan sedikit cahaya matahari dan tidak perlu banyak air. Namun, pastikan Anda tetap selalu menyiramnya secara rutin setiap hari, ya.

7. Aglonemaaglonema

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda sering melihat tanaman aglonema di kafe, restoran, mall, atau tempat lainnya. Tempat-tempat tersebut meletakkan aglonema bukan hanya sebagai penambah estetika.

Akan tetapi, aglonema juga bisa menyejukkan udara di sekelilingnya dengan perputaran transpirasi yang optimal. Jadi, karbon dioksida terserap dengan maksimal dan oksigen baik tersalurkan dengan baik.

8. Monsteramonstera

Monstera lebih dikenal dengan janda bolong oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya keindahannya yang membuat setiap orang terpana, monstera juga bisa bantu sejukkan ruangan Anda.

Namun, Anda harus memperhatikan perawatan monstera lebih teliti, ya. Hal ini disebabkan karena tanaman ini cukup beracun bagi sekelilingnya. Getah dari monstera ini yang beracun sehingga harus hati-hati saat disentuh. Akan tetapi, secara keseluruhan, manfaat monstera sangatlah baik untuk lingkungan.

9. Spider Plantspider plant

Ingin menciptakan suasana rumah yang rimbun dengan daun-daun yang menjuntai? Anda bisa menanam spider plant!

Sesuai dengan namanya, spider plant memang memiliki cabang yang panjang dan mudah tumbuh walaupun kurang mendapatkan cahaya matahari. Akan tetapi, jangan sampai suhu sekitar ruangan terlalu panas atau dingin, ya.

Spider plant akan cepat mati jika diletakkan pada suhu yang terlalu ekstrim.

10. Palem Kuningpalem kuning

Terakhir, Anda bisa coba menanam palem kuning dalam ruangan rumah Anda. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 3 meter.

Tanaman palem memang dipercaya baik untuk memberikan kesejukkan pada ruangan. Tertarik untuk menanamnya?

Ciptakan Udara Segar dan Sehat di Rumah dengan AC CLEAN COOL AQA-KCR9VQCL

AC CLEAN COOL AQA-KCR9VQCL

Supaya udara dalam ruangan semakin sejuk, Anda bisa juga menambah udara penyejuk dari air conditioner (AC). Namun, pastinya Anda harus memastikan bahwa AC yang digunakan memiliki fitur penyejuk yang efektif dan nyaman.

Salah satunya adalah AC CLEAN COOL AQA-KCR9VQCL dari AQUA Elektronik. Produk ini dilengkapi dengan fitur canggih seperti Self-Clean, Inverter Plus, hingga Eco Mode.

Udara dalam ruangan akan semakin sehat dan terbebas dari racun berkat fitur Self-Clean. Fitur ini menggunakan metode sterilisasi yang sudah tersertifikasi TUV. Tingkat efisiensi penyaringan udara ini pun hingga 99,99%, loh!

Selain itu, ada juga fitur Inverter Plus dan Eco Mode yang akan menjaga penggunaan daya listrik agar tidak berlebih. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tagihan listrik akan membengkak, ya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003