Apa Saja Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar?

memperbaiki mesin cuci

Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik yang sangat bermanfaat untuk mendukung rutinitas rumah tangga, terutama jika Anda menggunakan mesin cuci 1 tabung yang beroperasi secara otomatis. Itulah sebabnya Anda harus merawat mesin cuci secara rutin dan telaten agar performanya prima dan tidak mudah rusak. Salah satu masalah pada mesin cuci yaitu mesin cuci yang tidak berputar. Masalah yang mengakibatkan mesin cuci tidak berputar harus lekas diatasi supaya mesin cuci bisa digunakan kembali.

Ketahui berbagai penyebab mesin cuci tidak berputar berikut ini supaya Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Beberapa Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

Masalah mesin cuci tidak berputar biasanya diakibatkan oleh beberapa penyebab berikut ini.

1. Kabel mesin cuci putus

Gangguan kabel mesin cuci menjadi penyebab mesin cuci tidak berputar yang paling umum dan sering dialami banyak orang. Biasanya, hal ini disebabkan oleh gigitan tikus yang masuk ke bagian bawah mesin cuci.

2. Kapasitor mesin cuci terbakar

Selanjutnya, Anda juga bisa mengecek kapasitor mesin cuci jika ia tidak berputar. Komponen kapasitor pada mesin cuci berfungsi menghasilkan daya listrik tambahan agar motor dinamo dapat berputar. Biasanya, kapasitor rentan terbakar seiring dengan bertambahnya usia pakai mesin cuci, khususnya bila mesin tersebut digunakan setiap hari. Akibatnya, mesin cuci tidak berputar dan menghambat aktivitas Anda. Salah satu tanda yang menunjukkan kapasitor terbakar adalah kemunculan bunyi meskipun bak pengering tidak berputar.

3. Dinamo mesin cuci rusak

Selain kerusakan kapasitor, masalah dinamo yang rusak juga bisa menjadi penyebab mesin cuci tidak berputar. Sebenarnya, kerusakan dinamo tidak terlalu mengherankan sebab komponen tersebut memang rentan terhadap air.

4. Door switch rusak

Door switch adalah komponen yang posisinya dekat dengan timer. Komponen ini rentan mengalami kerusakan jika sensornya terkena air. Door switch yang terkena air harus segera dikeringkan sebelum kamu kembali mencoba mengoperasikan mesin cuci. Jika mesin cuci tetap tidak berputar, berarti kamu wajib mengganti door switch dengan yang baru.

5. As mesin cuci macet

Kondisi as mesin cuci juga tak boleh diremehkan karena as yang macet bisa membuat mesin cuci tidak berputar.

6. Lid switch tidak berfungsi

Mesin cuci 1 tabung bukaan depan (front load) biasanya memiliki lid switch yang berfungsi sebagai pendeteksi pintu mesin cuci. Keberadaan komponen tersebut membuat mesin cuci tidak berputar jika kondisi pintu masih terbuka. Kerusakan lid switch akan menjadi penyebab mesin cuci tidak berputar meskipun pintunya sudah tertutup sempurna.

7. Muatan mesin cuci melebihi kapasitas

Mesin cuci akan gagal berputar jika diisi dengan cucian dan air yang terlalu banyak. Bahkan, penyebab ini juga membuat mesin cuci menimbulkan bunyi yang sangat mengganggu. Sebaiknya, Anda mengurangi muatan mesin cuci supaya fungsinya kembali normal. Lantas berapa banyak kapasitas mesin cuci idealnya? Selebihnya, Anda dapat membacanya di artikel kami seputar karakteristik dan ukuran mesin cuci.

8. Permukaan lantai tidak rata

Banyak orang tidak menyadari bahwa meletakkan mesin cuci pada permukaan lantai yang tidak rata dapat membuatnya gagal berputar. Masalah ini bisa terjadi karena sensor pengering mati akibat perbedaan ketinggian lantai.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

Jangan panik dulu jika Anda menghadapi masalah mesin cuci tidak berputar. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Kurangi muatan mesin cuci

Kurangi muatan mesin cuci agar tidak melebihi kapasitas. Alangkah lebih baik jika Anda membagi proses pencucian dan pengeringan menjadi beberapa kali. Anda juga bisa menyiasatinya dengan cara mengelompokkan baju putih, baju aneka warna, dan baju yang mudah luntur lalu mencucinya secara terpisah. Kebiasaan ini sangat efektif membatasi muatan mesin cuci sekaligus membuat hasil pencucian jadi lebih bersih.

2. Letakkan mesin cuci pada lantai datar dan kering

Letakkan mesin cuci di permukaan lantai yang datar dan kering. Kondisi lantai yang datar akan mendukung kinerja mesin cuci. Sementara itu, lantai kering juga penting agar bodi dan komponen dalam mesin cuci tidak gampang rusak akibat terkena air terus-menerus.

3. Tutup pintu mesin cuci

Pastikan bahwa pintu mesin cuci sudah tertutup sempurna sebelum Anda mengoperasikannya. Jangan sampai ada baju yang tersangkut atau muatannya berlebihan hingga membuat pintu mesin cuci kurang rapat.

4. Ganti komponen yang rusak

Ganti komponen mesin cuci yang rusak sehingga mesin cuci bisa kembali berfungsi normal, misalnya kapasitor, dinamo, as, kabel, dan lid switch. Anda harus memeriksa kondisi mesin cuci secara teliti terlebih dahulu agar dapat mengidentifikasi kerusakan secara tepat.

Rasakan Pengalaman Mencuci dengan Mesin Cuci Terbaik dari AQUA FQW-950BF

Jika kerusakan mesin cuci Anda sudah tidak dapat diatasi lagi, sebaiknya Anda membeli mesin cuci baru agar kegiatan mencuci pakaian berlangsung lancar. Salah satu rekomendasi mesin cuci terbaik Aqua Japan yang siap mendukung aktivitas Anda adalah mesin cuci Front Load FQW-950BF 9kg Super Wash Series. Seri mesin cuci ini dilengkapi berbagai fitur unggulan sebagai berikut.

  • 525 Drum: Diameter drum lebih luas hingga 525 mm yang mempermudah Anda memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak tanpa risiko kusut dan terlilit. Fitur ini membuat pakaian jadi bersih sempurna dan lebih mudah disetrika.
  • Refresh: Air akan dipanaskan pada suhu 60-650C selama 5 menit hingga menjadi uap air yang menembus serat pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau. Selanjutnya, aliran udara dingin dihasilkan untuk menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya sehingga tidak berkerut.
  • Anti-Bacterial Treatment (ABT): Perawatan anti bakteri eksklusif yang lolos uji VDE dan terbukti ampuh menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.
  • Inverter Motor: Teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.
  • Dual Spray: Sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air pada gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.
  • Steam: Air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super. Uap tersebut dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen, dan tungau sehingga efektif menjaga kesehatan keluarga.

Selain mesin cuci Front Load FQW-950BF 9kg Super Wash Series, Aqua Japan masih memiliki berbagai seri mesin cuci lainnya yang bebas Anda pilih sesuai kebutuhan. Mari gunakan mesin cuci Aqua Japan yang berkualitas dan lakukan perawatan yang tepat supaya tidak gampang rusak.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003