Apa Saja Ciri-ciri Makanan Sehat dan Bergizi?

Mengonsumsi makanan bergizi sebaiknya dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan. Untunglah saat ini ada alat penyimpan makanan seperti kulkas yang dapat menjaga stok makanan sehat dan bergizi agar lebih tahan lama. Kebutuhan untuk keluarga pun dapat tercukupi.

Ada banyak alasan yang mendasari pentingnya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Pada dasarnya, makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Dari makanan, tubuh mendapat kalori dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Kelebihan ataupun kekurangan kalori dan zat gizi lain dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Alasan lain dari pentingnya selektif dalam memilih makanan adalah karena tidak semua makanan yang ada baik bagi tubuh. Mengonsumsi banyak makanan cepat saji dan melalui pemrosesan (ultra processed food), misalnya, dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental, hingga kematian.

Mengenal Ciri-Ciri Makanan Sehat dan Bergizi

Kini Anda sudah tahu alasan pentingnya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Tapi, apakah Anda tahu juga seperti apa ciri-ciri makanan sehat dan bergizi itu? Yuk, intip contekannya!

Higienis, bebas kontaminasi

Makanan yang aman dikonsumsi tentu saja harus bersih alias higienis. Pengolahan dan penyajian yang higienis berarti bebas dari kontaminasi kotoran atau bakteri. Sebaliknya, makanan yang memiliki potensi terkontaminasi dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari diare, tifus, hingga salmonellosis.

Mengandung antioksidan yang tinggi

Ciri-ciri makanan sehat selanjutnya adalah memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas di tubuh yang bisa memicu munculnya kanker. Antioksidan juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Beberapa jenis buah yang mengandung antioksidan yaitu stroberi, anggur, kubis ungu, dan lain-lain.

Memiliki komposisi zat gizi yang beragam

Tubuh membutuhkan beragam zat gizi yang terdapat di makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Semua zat gizi itu tidak ditemukan hanya pada satu jenis makanan, melainkan bermacam-macam. Oleh karena itu, kita harus mengonsumsi beragam jenis makanan dengan kandungan gizi yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Memiliki kandungan serat yang tinggi

Ciri-ciri makanan sehat yang terakhir adalah memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan dan menjaga tubuh agar tetap kenyang. Makanan yang mengandung serat contohnya seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

Tips menyimpan Makanan di Kulkas agar Kualitasnya Terjaga Baik

Tak bisa dipungkiri, keberadaan kulkas sangatlah penting untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama. Namun, tetap ada panduan cara menyimpan makanan dalam kulkas agar benar-benar bisa awet dan kualitasnya terjaga baik. Berikut tipsnya!

Perhatikan jenis makanan

Beda jenis makanan, beda pula tempat penyimpanannya. Misalnya, menyimpan daging mentah sebaiknya tidak ditaruh berdekatan dengan makanan lain, terutama makanan yang matang. Hal ini penting supaya tidak terjadi pencemaran bakteri.

Perhatikan waktu menyimpan makanan yang mudah basi

Makanan yang mudah basi bisa dibekukan atau didinginkan. Namun, kesegarannya tidak dapat bertahan lama. Biasanya makanan seperti ini masih layak makan setelah disimpan di kulkas selama sekitar empat hari.

Pilih wadah penyimpanan yang aman

Menggunakan wadah penyimpanan yang terbuat dari kaca dapat mempermudah pencariannya di dalam kulkas. Anda jadi tidak perlu membuka wadah satu-persatu. Bila Anda berniat menggunakan wadah plastik, pastikan bahannya berlabel BPA, yaitu yang aman bagi makanan.

Pisahkan buah dan sayuran

Sebagian buah dan sayuran tidak bisa disimpan secara berdekatan. Sebab ada buah yang mengeluarkan gas etilen yang bisa membuat sayur di dekatnya rusak sebelum waktunya. Contoh buah dan sayuran yang dapat melepaskan gas yaitu alpukat, pisang, pir, prem, dan tomat.

Kulkas Multidoor AQR-IG745AM(GB) untuk Beragam Kebutuhan Penyimpanan

Keberadaan kulkas di rumah dapat menunjang gaya hidup sehat keluarga. Bagi Anda yang memiliki banyak anggota keluarga, maka perlu memiliki kulkas yang mampu menampung banyak stok makanan hingga satu minggu ke depan.

Kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) 658 liter dari AQUA Elektronik adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan lemari es berkapasitas besar. Bagian atasnya berfungsi untuk menyimpan kebutuhan pangan harian, sesuai jangkauan pandangan dan nyaman digunakan.

Anda juga tak perlu khawatir saat harus menyimpan banyak stok makanan sehat dan bergizi di kulkas. Kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) sangat mendukung cara menyimpan makanan dalam kulkas supaya kesegarannya tahan lama karena dilengkapi fitur HCS - Humidity & My Zone. Dengan menyesuaikan ukuran pori, Membran Tanaman Ekologis di Humidity Zone dapat mengontrol kelembapan di laci sekitar 90%, sehingga buah dan sayuran dapat mempertahankan kelembapan alami dan menjaga kesegaran lebih lama.

Kulkas ini juga dilengkapi teknologi Twin Inverter yang mengoptimalkan pendinginan sehingga kulkas akan menjadi cepat dingin dan suhu yang stabil akan menghemat listrik di rumah Anda. Dilengkapi juga dengan fitur Precise Multi Flow yang akan mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan di lemari es, sehingga menghemat konsumsi energi.

Dengan berbagai kecanggihan fitur tersebut, kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) adalah pilihan yang tepat untuk beragam kebutuhan penyimpanan.

Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk memiliki kulkas istimewa ini!

Rekomendasi produk: kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB)

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003