5 Bahan Alami Pengharum Kulkas, Dijamin Anti Bau!

Kulkas merupakan salah satu alat rumah tangga yang penting untuk menyimpan makanan dan minuman agar kesegarannya bisa lebih awet. Kadang, bau tak sedap bisa muncul dari kulkas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup menggunakan pengharum kulkas.

Tapi, tahukah Anda apa yang menyebabkan kulkas bisa berbau tak sedap? Bau tak sedap bisa menandakan adanya pembusukan yang kemudian menarik bakteri. Ini tentu berbahaya karena bakteri akan memengaruhi kesegaran makanan yang lain. Berikut beberapa penyebab kulkas bau tak sedap:

  • Makanan atau bahan makanan yang memancarkan aroma kuat. Saat makanan tersebut disimpan di dalam kulkas, baunya pun menyebar ke seluruh penjuru kulkas dan memengaruhi makanan lain di sekitarnya.
  • Ada bakteri atau jamur yang umumnya berasal dari pembusukan makanan atau penumpukan kelembapan.
  • Jarang membersihkan kulkas. Bagian dalam kulkas sebagian besar terbuat dari plastik yang bersifat menyerap bau. Jadi kalau ada kotoran di dalam kulkas, akan memancing kehadiran bakteri atau jamur, yang kemudian menimbulkan bau busuk ke seluruh penjuru kulkas.
  • Filter udara yang memurnikan sirkulasi udara dan filter air untuk dispenser air atau pembuat es tidak pernah dibersihkan. Keduanya perlu dibersihkan setiap enam bulan sekali.
  • Tidak membersihkan wadah tetes saat pembersihan kulkas. Wadah terletak di bawah kulkas, menangkap uap air dari pipa kondensat yang dapat menyebabkan jamur dan bau tidak sedap dalam jangka panjang.

5 Bahan Alami Pengharum Kulkas

Jika kulkas menimbulkan bau tak sedap, segera lakukan langkah-langkah untuk mengatasinya. Anda bisa memanfaatkan bumbu dapur yang ada di rumah sebagai pengharum kulkas alami. Berikut 5 bahan alami yang bisa diandalkan untuk atasi bau kulkas.

Ampas kopi atau bubuk kopi

Anda hanya perlu siapkan mangkuk kecil berisi ampas kopi yang sudah dikeringkan atau bubuk kopi, lalu letakkan di dalam kulkas. Tunggu hingga 24 jam, dan bau tak sedap pun akan berkurang. Bila bau masih tercium, ganti ampas atau bubuk kopi untuk diletakkan di dalam kulkas.

Buah lemon

Pengharum kulkas alami selanjutnya adalah lemon. Anda hanya perlu mengiris lemon menjadi beberapa bagian, lalu letakkan di setiap rak di dalam kulkas. Tunggu selama beberapa hari, lalu ganti lemon yang sudah mengering. Aroma tak sedap pun akan tergantikan dengan wangi segar lemon.

Cengkeh

Rempah ini juga bisa dijadikan pewangi kulkas alami. Caranya mudah, siapkan beberapa butir bunga cengkeh kering, lalu letakkan di dalam kulkas. Wangi cengkeh akan menghilangkan bau tak sedap.

Cuka putih

Asam cuka dapat menetralkan bau tidak sedap. Campur cuka putih dan air hangat ke dalam botol spray, lalu semprotkan ke bagian dalam kulkas. Setelah itu, lap bagian dalam kulkas dengan kain bersih untuk menghilangkan aroma asam cuka.

Baking soda

Tuang baking soda ke dalam wadah kecil, lalu letakkan di dalam kulkas. Baking soda dapat menyerap bau busuk dan memurnikan kembali udara di dalam kulkas. Ganti baking soda setiap 3 bulan sekali agar bau yang sudah terserap tidak kembali mencemari kulkas.

Jika bau tak sedap di kulkas sudah hilang, selanjutnya perlu dijaga agar bau busuk tidak kembali lagi. Anda hanya perlu mengecek kulkas secara teratur untuk membuang sayuran layu serta makanan maupun bumbu yang sudah kedaluwarsa. Selain itu, pertahankan suhu kulkas agar selalu di bawah 40 C untuk memperlambat pertumbuhan bakteri.

Kulkas AQR-415IM: Menjaga Kesegaran Makanan dan Bebas dari Bau Tak Sedap

Saking banyaknya makanan yang disimpan di dalam kulkas, kadang bisa membuat bagian dalamnya berbau tak sedap. Namun, hal itu tak akan terjadi bila Anda menggunakan kulkas AQR-415IM persembahan dari AQUA Elektronik Indonesia.

Kulkas AQR-415IM dengan teknologi Inverter ini dilengkapi Deo Fresh yang memperkenalkan solusi baru untuk menghilangkan bakteri dan meminimalkan aroma tak sedap dengan mengintegrasikan karbon aktif, jaring Paladium dan agen antimikroba. Kulkas pun terbebas dari 99.9% bakteri dan bau tak sedap. Ditambah dengan AQUA Fast Cooling yang dapat menurunkan suhu dengan cepat dan mempercepat produksi batu es. Anda cukup menggerakkan tombol untuk mencapai fungsi pendinginan cepat.

Fungsi pendinginan pada kulkas AQR-415IM memang sangat unggul. Sistem Multi Air Flow pada kulkas ini akan mendistribusikan aliran udara yang konsisten ke setiap sudut dan memastikan udara sejuk bersirkulasi secara menyeluruh di seluruh lemari es. Sementara, Chiller Box menjadi zona ideal untuk mengawetkan makanan seperti daging, ikan, dan makanan dingin lainnya pada suhu -10 C. Cukup ambil makanan dari kotaknya, dan siap untuk dimasak segera tanpa pencairan, mudah dipotong, diiris, dan diproses. Selain itu merupakan tempat yang ideal untuk mengawetkan makanan penutup dan minuman, yang menjamin rasa segar dan segar sepenuhnya.

Teknologi Inverter menjadikan kulkas ini hemat energi bintang 5 dengan 2x lipat efisiensi kerja. Penggunaan mesin cuci ini juga mengurangi kebisingan di tempat tinggal Anda.

Dengan berbagai kelebihan itu, sulit untuk mengabaikan kulkas yang memiliki kapasitas 10% lebih besar pada freezer dan vegetable box ini. Ayo, segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik Indonesia sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003