Cara Mudah Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel

menghubungkan kabel ke tv

Bahagia sekali rasanya hidup di era digital seperti sekarang ini. HP bisa terhubung dengan TV sehingga kita bisa menikmati konten dari HP dengan kualitas yang jauh lebih bagus. Anda hanya perlu mengetahui cara menghubungkan HP ke TV, dan selanjutnya bisa menikmati konten dari berbagai aplikasi favorit.

Kabar baiknya lagi, cara menghubungkan HP ke TV bisa dilakukan tanpa perlu memasang kabel tambahan. Tidak seperti dulu ketika cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data. Anda juga tak perlu memanggil teknisi khusus untuk mengerjakan proses ini. Kalau Anda masih bingung dengan bagaimana cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel, yuk simak tips berikut ini.

Dengan kabel USB

Untuk cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data, ada dua jenis kabel yang bisa digunakan, yaitu Micro HDMI ke HDMI dan kabel MHL yang memiliki sambungan micro USB ke HDMI. Pastikan Anda memiliki kabel jenis HDMI yang kompatibel dengan HP dan TV Anda. Lalu, ikuti tahapan berikut:

  • Matikan TV.
  • Hubungkan HP Android ke TV menggunakan kabel HDMI.
  • Nyalakan TV.
  • Pindahkan saluran ke opsi HDMI.
  • Aktifkan menu HDMI Connection di HP dengan memberi checklist pada opsi tersebut.
  • HP Anda pun sudah terhubung dengan TV.

Dengan Chromecast

Chromecast adalah perangkat adapter atau dongle HDMI buatan Google. Berikut cara mengaktifkan Chromecast:

  • Install aplikasi Google Home di HP Android Anda.
  • Aktifkan WiFi di HP. Pastikan Chromecast, TV, dan HP terhubung dengan WiFi yang sama.
  • Pindahkan saluran TV ke HDMI dengan remote TV.
  • Lakukan sinkronisasi dengan memasukkan kode yang muncul di layar TV.

Dengan Miracast

Sebagian HP dilengkapi fitur Miracast atau Wireless Display, yaitu teknologi yang memungkinkan untuk berbagi layar atau screen mirror. Begini tahapan cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel ini:

  • Pastikan HP dilengkapi fitur Miracast atau Wireless Display.
  • Aktifkan pengaturan Miracast/Screen Mirroring pada TV.
  • Buka aplikasi “Settings” pada HP.
  • Klik “Connection & Sharing”, pilih opsi “Cast”.
  • Aktifkan “Cast”.
  • Tunggu sampai TV mendeteksi HP atau sebaliknya.

Dengan DLNA

Digital Living Network Alliance (DLNA) adalah fitur yang memungkinkan Anda mengakses berbagai dokumen multimedia seperti musik, video atau film, dan gambar yang tersimpan di satu perangkat melalui perangkat lain dengan koneksi WiFi atau router. Sebagian besar smart TV saat ini sudah terhubung dengan internet, jadi sudah mendukung DLNA. Cara menggunakan DLNA adalah dengan UPnP atau Universal Plug and Play, dengan catatan perangkat yang mau dihubungkan sudah terkoneksi dalam jaringan yang sama.

Dengan Bluetooth

Cara menghubungkan HP ke TV dengan bluetooth juga sangat mudah. Pertama, tentu saja, pastikan TV Anda sudah dilengkapi fitur bluetooth. Selanjutnya, ikuti tahapan ini:

  • Aktifkan fitur bluetooth di HP.
  • Aktifkan fitur bluetooth di TV.
  • Tunggu beberapa saat sampai notifikasi TV masuk ke HP.
  • Klik “Add” untuk menghubungkan keduanya.
  • Tampilan HP akan otomatis berpindah ke layar TV. Anda tinggal atur sesuai keinginan.

Nah, mudah bukan, cara menghubungkan HP ke TV? Dengan terhubungnya HP ke TV di rumah, aktivitas yang dilakukan di HP jadi terasa lebih nyaman karena Anda dapat melihatnya di layar TV yang jauh lebih lebar.

Android TV Canggih Bikin Aktivitas Menonton Jadi Lebih Seru!

Di era digital ini, menonton TV jadi lebih seru dengan TV Android. Jangan sampai Anda ketinggalan menikmati keseruan ini. Lengkapi ruang keluarga dengan Android TV persembahan AQUA Elektronik Indonesia: LE50AQT7000QU Pro dan LE55AQT7000QU Pro. Keduanya dilengkapi fitur-fitur canggih yang bikin pengalaman menonton TV di rumah bak di bioskop pribadi.

Android TV LE50AQT7000QU Pro berukuran 50 inci, sedangkan LE55AQT7000QU Pro berukuran 55 inci. Keduanya dilengkapi kecerdasan buatan Intelligent Voice Control, Android Device IoT Hub, dan Chromecast Built-in yang mengintegrasikan segala keunggulan fitur ponsel pintar ke dalam layar televisi yang lebih besar. Unduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play, dan nikmati di layar lebar dengan akses mudah dari layar utama TV Android Anda.

Pengalaman menonton bak di bioskop akan makin maksimal berkat Dolby Atmos dan Dolby Vision. Dolby Atmos membuat Anda dapat menikmati pengalaman hiburan premium dengan suara imersif. Sementara, Dolby Vision menampilkan video secara dinamis, berdasarkan adegan demi adegan dengan rentang warna, kontras, dan luminans yang lebih akurat sehingga memungkinkan melihat banyak detail dengan akurasi warna yang lebih baik.

Fitur Micro Dimming dapat menganalisis konten tampilan TV dengan ribuan zona terpisah, menyesuaikan kecerahan dan kegelapan. Kenyamanan menonton makin maksimal berkat Hands-free Voice Control. Bagaimana tidak, Anda cukup ucapkan “Hai Google” atau “OK Google” untuk memulai dan memberi instruksi kepada TV pintar ini, tanpa perlu beranjak dari tempat duduk.

Ayo, kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk memiliki Android TV LE50AQT7000QU Pro dan LE55AQT7000QU Pro yang luar biasa! Pengalaman menonton TV di rumah dijamin tidak lagi monoton!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003