Freezer Bau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya!


Fungsi utama freezer kulkas untuk membekukan makanan dan membuat es batu memang penting bagi mayoritas orang. Cuaca panas ekstrem rentan membuat makanan dan minuman cepat basi bila diletakkan pada suhu ruang. Itulah sebabnya masalah sekecil apa pun pada freezer harus segera diatasi agar tidak menyebabkan gangguan yang lebih serius. Salah satu hal penting yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah cara menghilangkan bau di freezer.

Freezer yang berbau tak sedap memang terkesan sepele tetapi tidak boleh dianggap remeh. Bau tersebut dapat memengaruhi kualitas makanan dan minuman yang disimpan di freezer, khususnya jika Anda menyimpannya dalam kondisi terbuka. Pada dasarnya, cara menghilangkan bau pada freezer box maupun freezer kulkas itu sama. Lakukan proses tersebut dengan cermat supaya freezer terbebas dari masalah bau tak sedap.

Penyebab Freezer Berbau Tak Sedap

Sebelum mempraktikkan cara menghilangkan bau di freezer, sebaiknya Anda mengenal penyebab bau tersebut terlebih dahulu. Beberapa hal yang memicu kemunculan bau pada freezer, yaitu:

  • Kemasan makanan dan minuman tidak tertutup rapat: kesalahan sepele seperti ini rupanya bisa menjadi biang keladi penyebab freezer bau. Aroma makanan atau minuman yang keluar dari kemasan akan menguap ke seluruh bagian freezer sehingga kemunculan bau pun tak dapat dihindari lagi.
  • Ada makanan atau minuman yang sudah membusuk: hal berikutnya yang menyebabkan freezer bau adalah makanan atau minuman yang sudah membusuk. Pembusukan akan membuat makanan atau minuman tersebut menghasilkan bau tak sedap yang memengaruhi isi freezer lainnya.
  • Suhu freezer kurang dingin: banyak orang tidak menyadari kalau suhu freezer juga bisa memicu bau tidak sedap. Suhu freezer yang kurang dingin menyebabkan proses pembekuan gagal. Akibatnya, makanan dan minuman lebih rentan terkontaminasi bakteri hingga busuk dan menimbulkan bau.
  • Banyak kotoran tertinggal di freezer: sisa-sisa makanan atau minuman yang tertinggal di freezer akan melekat kuat hingga menimbulkan noda serta bau tak sedap. Semakin banyak sisa makanan dan minuman yang terabaikan, biasanya semakin bau pula isi freezer tersebut.

Waktu Terbaik untuk Membersihkan Freezer

Cara menghilangkan bau busuk dalam freezer juga mencakup tentang waktu terbaik untuk membersihkannya. Idealnya, freezer kulkas dibersihkan 2 hingga 3 minggu sekali bila kondisinya senantiasa penuh. Namun, kamu bisa mengurangi intensitas pembersihan freezer jika isinya tidak penuh atau bahkan hanya untuk membuat es batu saja.

Cara Menghilangkan Bau di Freezer

Faktanya, cara menghilangkan bau di freezer bisa dipraktikkan untuk kulkas maupun freezer box. Langkah pertama yang patut Anda lakukan bila ingin membersihkan freezer yang berbau adalah mengosongkan isinya. Keluarkan semua isi freezer agar proses pembersihan berlangsung lebih mudah.

Singkirkan makanan dan minuman yang sudah tidak layak konsumsi sehingga tidak disimpan lagi di freezer yang sudah bersih. Kemudian, gunakan larutan air sabun dan kain lap microfiber untuk membasuh seluruh bagian dalam freezer. Bila semua bagian dalam freezer sudah bersih dari noda dan kotoran, bilas kain lap supaya bersih kembali lalu gunakan satu kali lagi untuk membasuh freezer.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan beberapa bahan berikut ini agar upaya mencegah bau freezer semakin ampuh dan bau pun tak muncul lagi:

  • Koran: kertas koran ternyata ampuh menyerap bau tak sedap yang kerap timbul di freezer. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda tinggal meremas beberapa lembar kertas koran lalu meletakkannya di bagian dalam freezer. Gantilah kertas koran seminggu sekali untuk menjaga kesegaran aroma freezer.
  • Soda kue atau baking soda: larutan yang terbuat dari 2 sendok makan soda kue dan 1 liter air hangat bisa diandalkan untuk membersihkan freezer. Caranya, kosongkan seluruh isi freezer lalu basuh bagian dalamnya dengan larutan soda kue tersebut. Kalau bau freezer tak kunjung hilang, cabut aliran listrik ke kulkas lalu letakkan semangkuk kecil soda kue dalam freezer yang pintunya tertutup. Diamkan semalaman sehingga bau freezer sudah hilang ketika Anda memeriksa pada keesokan harinya.
  • Biji atau ampas kopi: khasiat biji atau ampas kopi untuk menghalau bau memang tak perlu diragukan lagi. Letakkan dua mangkuk kecil ampas kopi atau beberapa biji kopi utuh pada bagian dalam freezer yang sudah dibersihkan lalu biarkan semalaman. Biji atau ampas kopi tersebut akan menyerap bau tak sedap sehingga aroma freezer kembali netral dan siap digunakan lagi.
  • Kantong teh bekas: jangan langsung membuang kantong teh celup usai menggunakannya. Anda bisa memanfaatkan barang tak terpakai tersebut untuk menghilangkan bau di freezer. Letakkan beberapa kantong teh bekas di mangkuk lalu tempatkan di dalam freezer yang sudah dibersihkan. Kantong-kantong teh tersebut akan menyerap bau tak sedap yang terdapat pada freezer.

Masalah freezer berbau yang tak kunjung tuntas rupanya tidak akan terjadi bila Anda menggunakan kulkas berteknologi canggih seperti KULKAS AQR-350RBM(EBK) dari AQUA Elektronik. Kulkas 2 pintu berkapasitaa 324 liter tersebut dilengkapi teknologi DEO Fresh yang ampuh menghilangkan bakteri dan meminimalkan aroma tak sedap dengan mengintegrasikan karbon aktif, jaringan paladium, dan agen antimikroba. Tempat penyimpanan makanan senantiasa bersih dan menjaga makanan tetap segar lebih lama.

KULKAS AQR-350RBM(EBK) juga dilengkapi Fast Cooling System yang menurunkan suhu dengan cepat sekaligus mempercepat produksi es. Anda cukup menekan satu tombol untuk mencapai fungsi pendinginan cepat. Seri kulkas AQUA Elektronik ini punya sistem pendingin Multi Air Flow yang mendistribusikan aliran udara secara konsisten ke setiap sudut sekaligus memastikan udara bersirkulasi secara menyeluruh pada seisi lemari es. Keberadaan Adjustable dan Tempered Shelves-nya memungkinkan Anda menyimpan makanan ukuran apa pun secara leluasa karena raknya mudah diatur, dibongkar, dan dibersihkan.

Kulkas mewah untuk dapur lebih indah siap hadir untuk menyempurnakan kebutuhan rumah tangga Anda. Mari ucapkan selamat tinggal pada masalah freezer bau setelah menggunakan kulkas canggih dari AQUA Elektronik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003