Peluang, Risiko dan Tips Memulai Usaha Es Batu Kristal

es batu

Banyaknya cafe, restoran, dan rumah makan menjadi ladang cuan tersendiri bagi pengusaha es batu kristal. Bagaimana tidak? Setiap tempat makan pastinya akan menyajikan menu minuman dingin yang membutuhkan es batu kristal.

Itulah mengapa sangat besar peluang bagi pebisnis untuk mempertimbangkan keuntungan dari bisnis ini. Namun, tentunya usaha es batu kristal pun tidak terlepas dari risikonya, ya.

Oleh karena itu, Anda perlu paham dahulu seperti apa peluang, risiko, serta tips memulai usaha es batu kristal. Mari simak artikel di bawah ini untuk informasi lebih jelasnya!

Peluang Usaha Es Batu Kristal

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, usaha es batu kristal memiliki peluang cukup besar yang tawarkan keuntungan maksimal. Berikut adalah beberapa peluang usaha es batu kristal:

1. Permintaan pasar cukup tinggi

Tidak dapat dipungkiri lagi jika permintaan pasar terhadap es batu kristal cukuplah tinggi. Ditambah lagi dengan adanya program pemerintah melalui peningkatan UMKM (usaha mikro kecil menengah).

Keberadaan bisnis baru di bidang makanan dan minuman menjadi target pasar utama bagi para pebisnis es batu. Mulai dari restoran besar, restoran hotel, cafe, hingga penjual makanan kecil di pinggir jalan.

Bahkan, permintaan terhadap es batu kristal pun tidak hanya berputar di industri FnB (food and beverage). Es batu kristal juga banyak dibutuhkan untuk mengawetkan makanan di industri pengolahan makanan (frozen food) bahkan dalam laboratorium untuk penelitian.

Jadi, tidak heran, bukan, jika peluang es batu kristal memang cukup menjanjikan.

2. Modal awal tidak terlalu besar

Tidak seperti jenis bisnis lainnya, usaha es batu kristal tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Mesin atau peralatan utama yang harus Anda miliki adalah mesin pencetak es dan freezer (pendingin).

Bahan bakunya sendiri tidak terlalu mahal dan bahkan Anda pun bisa mengurangi jumlah tenaga kerja.

Mesin-mesin yang digunakan pun tidak selamanya harus membeli baru. Anda bisa menyewa mesin pendingin dan mesin pencetak es sebagai pemula dalam bisnis ini. Ketika sudah cukup modalnya, barulah Anda membeli mesin yang baru.

Berikut adalah gambaran modal awal usaha es batu kristal dengan modal Rp20 juta:

Alat dan Bahan

Harga

Mesin pembuat es

Rp8.000.000,00

Freezer es batu kristal

Rp4.000.000,00

Air bersih

Rp500.000,00

Kemasan plastik (packaging)

Rp500.000,00

Sewa tempat (apabila produksi di luar)

Rp1.500.000,00

Listrik dan air

Rp1.000.000,00

Gaji karyawan (perkiraan 1 orang)

Rp2.000.000,00

TOTAL

Rp17.500.000,00

3. Tidak perlu spesifikasi keahlian tertentu

Peluang usaha es batu kristal lainnya adalah Anda tidak memerlukan keahlian tertentu. Keahlian yang diperlukan hanyalah kemampuan mengoperasikan mesin dan mengantarkan pesanan ke tempat lain.

Namun, tentunya Anda harus memiliki keahlian seperti promosi, manajemen keuangan, pembuatan laporan keuangan, negosiasi, kerja sama, dan lainnya.

Risiko Usaha Es Batu Kristal

Di balik peluang usaha es batu kristal, pastinya tetap ada risiko yang mengintai. Risiko ini bisa dihadapi dengan menganalisis terlebih dahulu hal apa saja yang harus diperhatikan:

1. Cepat cair jika tidak punya pendingin berkualitas

Pada dasarnya, es batu kristal sama seperti es batu rumahan pada umumnya yaitu cepat mencair. Maka dari itu, sangat penting bagi pebisnis untuk memiliki freezer berkualitas.

Freezer berkualitas di sini harus mempertimbangkan banyak hal, mulai dari tingkat tegangan listrik, fitur yang tersedia, hingga kapasitas penyimpanan. Dengan memperhatikan hal ini, Anda pun bisa mengurangi risiko usaha sedini mungkin.

2. Kualitas dan kebersihan produk

Sebagai produsen, pastinya Anda tidak ingin menjual es batu kristal yang kotor dan terbuat dari sumber air tidak jelas, bukan? Namun, tidak jarang terjadi ketika sumber air tempat Anda biasa mengambil air suatu saat tercemar sehingga memengaruhi kualitas dan kebersihan produk.

Jika sudah demikian, Anda pastinya harus segera mencari supplier baru dengan harga produksi yang sama. Hal ini akan membutuhkan waktu cukup banyak sehingga Anda perlu mempertimbangkan kemungkinan terburuk.

3. Sudah banyak kompetitor

Permintaan pasar yang tinggi juga mengakibatkan munculnya banyak kompetitor di usaha serupa. Terlebih jika tidak ada spesialisasi produk yang menawarkan inovasi baru.

Usaha es batu kristal bisa dibilang sebagai usaha dalam pasar persaingan sempurna. Jenis pasar ini mengharuskan Anda untuk bersaing harga termurah di antara kompetitor lainnya.

Harga murah pastinya harus mengorbankan beberapa hal, seperti hasil produk yang tidak terlalu baik, ukuran produk tidak maksimal, dan sebagainya.

Tips Memulai Usaha Es Batu Kristal

Seluruh peluang dan risiko usaha es batu kristal di atas bisa Anda hadapi dengan menerapkan beberapa tips memulai bisnis di bawah ini:

1. Ketahui dan beli peralatan penunjang operasional

Tips yang pertama adalah riset pasar terlebih dahulu terkait peralatan penunjang operasional usaha es batu kristal. Peralatan penunjang operasionalnya kurang lebih adalah:

  • Mesin pencetak es batu
  • Lemari pendingin (freezer)
  • Alat pemotong
  • Dll sesuai kebutuhan

2. Sesuaikan jenis freezer dengan kebutuhan

Pasalnya, ada banyak jenis freezer yang memiliki fungsi berbeda. Ada freezer yang dikhususkan untuk menyimpan bahan makanan, freezer untuk bahan kimia tertentu, dan sejenisnya.

Adapun jenis-jenis freezer antara lain deep freezer, air blast freezer, chest freezer, dan sebagainya. Khusus untuk menyimpan es batu kristal, Anda bisa menggunakan curve glass freezer atau cold storage.


Penjelasan tentang jenis freezer lainnya misalnya pada produk AQF-220 DF dari AQUA Elektronik yang merupakan chest freezer. Chest freezer beda penggunaannya dengan kulkas biasa dan jenis freezer lainnya.

Chest freezer umumnya lebih banyak digunakan untuk penyimpanan frozen food, ice cream, dan panganan olahan lainnya.

3. Pastikan sumber air berkualitas dan jernih

Kepuasan dan kenyamanan konsumen adalah hal utama yang harus diperhatikan. Maka dari itu, sebelum memulai bisnis, pastikan Anda sudah menemukan supplier sumber air yang berkualitas dan jernih, ya.

Pasalnya, akan berisiko tinggi jika Anda menjual es batu kristal yang kotor. Kotor di sini berhubungan dengan cara pengemasan hingga kualitas air yang digunakan itu sendiri.

Pelanggan akan merasa kecewa karena takut akan memengaruhi kesehatan pelanggan restoran mereka. Pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

4. Perhatikan kapasitas watt listrik

Kunci utama dari keberhasilan usaha es batu kristal adalah ketahanan dari es batu itu sendiri. Penggunaan freezer, alat pemotong es, dan alat bertenggangan listrik lainnya sangatlah membutuhkan watt yang besar.

Jadi, sebelum mencari tempat sewa, pastikan Anda sudah mengetahui seberapa besar kapasitas watt listrik di tempat tersebut, ya. Tujuannya agar operasional bisnis Anda tidak terganggu karena listrik tidak memadai atau bahkan berpotensi terjadi korsleting listrik.

5. Promosi dan kerja sama

Tips memulai usaha es batu kristal yang terakhir adalah gencar dalam promosi dan kerja sama. Anda bisa mengajukan kerja sama dengan bisnis-bisnis makanan dan minuman yang ada di sekitar tempat produksi agar tidak mengeluarkan ongkos kirim yang mahal dan efisiensi waktu.

Itulah pembahasan terkait peluang, risiko, dan tips memulai usaha es batu kristal yang bisa dipahami bersama. Pastikan Anda memahami kelebihan dan kekurangan usaha yang satu ini terlebih dahulu serta jalankan tips memulai usaha di atas agar bisa mengurangi risiko

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003