Cara Membersihkan Dispenser yang Baru Dibeli

dispenser

Membersihkan dispenser adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan air yang ada dalam dispenser tersebut. Sebab, sebagai tempat untuk menampung air, dispenser rawan terisi dengan debu, bakteri dan kuman yang dapat mengganggu kesehatan. Tidak hanya itu, mikroorganisme ini juga dapat menghambat kinerja alat elektronik dapur ini.

Namun demikian, membersihkan dispenser tentu memiliki tantangan tersendiri, khususnya dispenser dengan galon bawah. Hal ini karena dalam peralatan elektronik ini akan ada banyak kabel dan struktur mesin yang apabila mengalami kesalahan penanganan dapat menimbulkan dampak fatal.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Tidak perlu menggunakan jasa tukang service untuk membersihkan peralatan ini. Yuk simak cara membersihkan dispenser yang baru dibeli berikut ini:

Cara Membersihkan Dispenser yang Baru Dibeli

1. Baca buku manual

Langkah pertama dalam membersihkan dispenser maupun alat elektronik lainnya adalah dengan membaca buku manual. Hal ini untuk berjaga-jaga supaya tidak ada baut yang salah pemasangan atau menggunakan bahan yang sebaiknya tidak dipakai.

2. Bongkar penutup dispenser

Tahukah Anda kalau penutup dispenser bagian bawah dan atas bisa dilepas? Ini berlaku baik untuk dispenser galon bawah maupun galon atas dengan tujuan supaya bagian dalam alat elektronik ini bisa dibersihkan.

Pertama, pastikan air dalam dispenser sudah kosong dan pastikan alat elektronik ini sudah tidak tersambung dengan listrik lagi. Setelah itu, lepaskan baut-baut yang tersebar di penutup bagian belakang dan atas dispenser menggunakan obeng. Beberapa jenis dispenser membutuhkan obeng khusus dengan besi yang panjang. Pastikan Anda sudah menyiapkan alat ini juga ya.

Setelah penutup bagian belakang dilepaskan, Anda bisa membersihkan badan penutup tersebut menggunakan air dan sabun cuci piring sampai bersih. Tunggu hingga kering dan seluruh proses pembersihan selesai untuk kemudian dipasang kembali.

3. Bersihkan bak penampungan air

Terdapat beberapa campuran bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan bak penampungan air (dispenser galon bawah) atau cone cover (dispenser galon atas). Beberapa campuran bahan tersebut, seperti air hangat dan sabun cuci biasa, air bekas rebusan jeruk lemon, alkohol dan cuka. Bahan-bahan ini terkenal bermanfaat untuk membunuh mikroorganisme kecil sekalipun.

Pertama, Anda bisa menyabun bak penampungan air atau cone cover menggunakan sabun biasa terlebih dahulu, lalu siram menggunakan air hangat. Jika menggunakan alkohol, maka Anda bisa mengganti sabun cuci tersebut dengan bahan kimia ini. Tapi, pastikan Anda menggunakan sarung tangan, sebab kulit yang terpapar alkohol secara langsung dapat terasa perih.

Oleskan alkohol ke kapas, lalu oleskan kapas tersebut ke cone cover dari bagian dalam dulu baru bagian atas (karena bagian atas lebih banyak debu). Setelah itu, baru bilas menggunakan air lemon dan tunggu selama beberapa saat sebelum air lemon dikeluarkan.

4. Bersihkan pipa menggunakan spons dan kawat

Selain bak penampungan air, bagian lain dari dispenser yang harus dibersihkan adalah selang atau pipa. Bagian ini bertugas mengalirkan air dari bak penampungan ke kran, sehingga apabila kotor atau berkerak, kran tidak bisa mengeluarkan air secara maksimal dan atau air yang dikeluarkan tidak sehat.

Untuk membersihkan bagian ini, Anda bisa melepaskan selang tersebut satu per satu terlebih dahulu. Lalu, siapkan kawat atau lidi dengan panjang yang sama seperti selang tersebut. Gunakan kawat atau lidi itu untuk memasukkan spons kecil yang sudah diberi sabun ke dalam pipa, lalu bilas sampai bersih.

5. Bersihkan kran

Kran adalah salah satu bagian dispenser yang paling penting untuk dijaga kebersihannya. Sebab, alat ini menyalurkan air dari bak penampungan langsung ke dalam gelas pengguna. Untuk membersihkan alat kecil ini, Anda bisa menggunakan cotton bud yang telah diolesi dengan sabun pencuci piring atau alkohol.

Olesi cotton bud dengan salah satu dari dua bahan di atas, lalu gosokkan alat ini ke bagian dalam kran dan katup kran. Setelah dirasa sudah merata, Anda bisa mengalirkan air bekas pembersihan dari bak penampungan air supaya turut membersihkan bagian dalam kran juga. Sementara itu, bagian luar alat ini bisa dibilas menggunakan air bersih saja.

6. Bersihkan bagian dalam dispenser menggunakan lap

Bagian lain dari dispenser bisa dibersihkan menggunakan lap basah yang telah diberi sedikit sabun. Gosok bagian tersebut sampai bersih, lalu keringkan menggunakan lap kering. Hal ini berguna untuk membersihkan bagian dispenser lainnya yang tetap rawan terkena debu.

Setelah dibersihkan, tunggu seluruh bagian dispenser Anda mengering selama beberapa saat. Setelah kering, pasang kembali komponen dispenser tersebut satu per satu menggunakan tali pengikat selang, baut dan obeng di atas. Tunggu selama beberapa saat untuk kemudian alat elektronik ini bisa diisi air kembali.

Membersihkan dispenser relatif tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup kurang dari 30 menit saja, alat ini sudah bisa Anda gunakan kembali. Lalu, seberapa sering frekuensi membersihkan dispenser yang baik? Meskipun tidak ada patokan tertentu, namun alangkah baiknya jika alat ini dibersihkan setiap kali mengganti galon atau dua minggu sekali. Hal ini karena semakin jarang dibersihkan, kotoran dan kuman yang ada dalam alat ini juga bisa menumpuk dan semakin susah dibersihkan.

Semakin bersih dispenser yang Anda gunakan, maka semakin bersih dan sehat pula air yang Anda konsumsi bersama keluarga.

Yuk Upgrade Dispenser Anda ke AWD-605BC & AWD 1180 BC

dispenser aqua awd-1180bc & awd 605bc

Anda sedang mencari dispenser baru untuk dapur? Atau mencari barang untuk kado pernikahan saudara? Anda bisa membeli produk dispenser terbaru dari AQUA Elektronik AWD-605BC dan AWD-1180BC. Dilengkapi dengan tombol khusus untuk mencegah anak-anak mengakses air panas, alat elektronik rumah tangga ini baik untuk dimiliki oleh keluarga dengan balita maupun anak kecil.

Tidak hanya itu, AWD-605BC dan AWD-1180BC juga dilengkapi dengan wide dispensing area yang membuat air dapat keluar dengan lebih cepat dari kran. Dalam konteks pembersihan, fitur ini dapat membuat proses pembersihan dispenser menjadi lebih cepat. Jadi tunggu apa lagi? Yuk dapatkan AWD-605BC dan AWD-1180BC sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003