Berapa Jarak Ideal antara Kulkas ke Dinding?

dapur dengan kulkasKarena badannya yang relatif besar, memasang kulkas di sebuah rumah atau apartemen seringkali menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika Anda membelinya sendiri dengan tanpa teknisi untuk membantu instalasi alat elektronik ini di rumah.

Padahal, penempatan kulkas berpengaruh besar pada efisiensi kinerja alat elektronik ini dan daya tahannya. Semakin baik lokasi yang Anda pilih untuk meletakkan kulkas, semakin awet pula kulkas tersebut.

Salah satu aspek yang harus dipertimbangkan saat memilih lokasi instalasi alat elektronik ini adalah jaraknya dengan dinding atau tembok. Mengapa demikian? Simak selengkapnya berikut ini:

Berapa Jarak Ideal antara Kulkas ke Dinding?

Sama seperti alat elektronik lainnya, kulkas juga merupakan alat yang perlu membuang panas dan gelombang elektromagnetik dengan baik supaya bisa bekerja dengan efektif. Oleh karena itu, kulkas sebaiknya tidak diletakkan di dekat alat elektronik lainnya, seperti microwave atau kompor, tidak diletakkan dekat dengan jendela atau sumber cahaya matahari langsung dan tidak diletakkan terlalu mepet dengan dinding.

Apabila alat elektronik ini diletakkan di lokasi-lokasi tersebut, kondensor kulkas akan susah membuang energi panas yang keluar dari alat elektronik ini. Akibatnya, gelombang panas tersebut akan kembali ke dalam mesin, membuat kinerja mesin ini jadi tidak efektif dan membuatnya gampang rusak.

Oleh karena itu, pada desain dapur bentuk U, umumnya kulkas diletakkan berseberangan dengan microwave atau oven, sementara kompor diletakkan di tengah. Sehingga, panas yang keluar dari kedua alat elektronik tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja kulkas, begitu pula panas dari kulkas tidak mempengaruhi kinerja keduanya.

Adapun jarak alat elektronik yang juga disebut dengan lemari es ini dengan dinding dibelakangnya adalah sebesar 10 cm. Begitu pula dengan jarak kulkas dengan benda disamping kanan kirinya (entah itu kabinet atau benda lain), sebaiknya juga sepanjang 10 cm. Hal ini berbeda dengan jarak kulkas dengan atap atau benda lain di atasnya bisa sepanjang 2,5 cm atau lebih.

Selain bermanfaat untuk memastikan sirkulasi udara dari dan ke dalam kulkas berlangsung dengan lancar, jarak 10 cm ini juga bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam membersihkan alat elektronik ini. Misalnya, ada tikus yang terjepit di belakang kulkas, dengan adanya jarak ini, Anda bisa dengan lebih mudah mencopot colokan kulkas, menggesernya dan membuang bangkai hewan tersebut.

Kesalahan Umum saat Penempatan Kulkas

1. Tidak mengukur ruangan

Sebelum membeli lemari es baru, sebaiknya Anda mengukur ruangan yang tersedia. Khususnya ruangan yang memiliki akses langsung dengan sumber listrik rumah. Hal ini karena alat elektronik besar seperti kulkas membutuhkan akses listrik langsung supaya arus listrik di dalamnya stabil.

Dengan mengukur area yang tersedia terlebih dahulu, Anda bisa mengetahui dimensi kulkas yang Anda butuhkan dan tidak perlu mendesain ulang dapur Anda.

2. Meletakkan kulkas di permukaan bergelombang

Kesalahan kedua yang acap kali terjadi saat menempatkan kulkas di dapur adalah meletakkannya di bidang bergelombang, seperti lantai tanah yang masih belum rata atau karpet. Meletakkan kulkas di permukaan bergelombang dapat membuat vibrasi di dalam mesin ini tidak stabil, sehingga kinerjanya terganggu.

Selain itu, kulkas yang diletakkan di atas permukaan yang bergelombang juga akan membuat fisiknya tidak stabil apabila ada gempa atau musibah lainnya. Meletakkan kulkas di atas karpet juga bisa membuat panas yang dibuang alat ini dari bawah menjadi tidak sempurna.

Sebagai gantinya, Anda bisa melapisi bagian bawah kulkas dengan alas khusus. Jika lantai di dapur rumah Anda masih bergelombang, Anda juga bisa menggunakan tatakan berongga dari kayu sebagai alas agar sirkulasi di lemari es ini bisa bekerja dengan baik dan dapat dipindahkan dengan mudah jika dibutuhkan.

3. Tidak meletakkan kulkas dengan dekat sumber listrik dan air

Karena membutuhkan daya listrik yang besar dan terus menerus, maka sebaiknya kulkas langsung disambungkan dengan sumber listrik utama rumah atau apartemen Anda. Hindari memasang kulkas menggunakan rol kabel, khususnya jika rol kabel tersebut disambungkan dengan alat elektronik lain.

Selain itu, jika Anda membeli kulkas baru yang sudah dilengkapi dengan dispenser, pastikan Anda menaruhnya dekat dengan sumber air apartemen atau rumah juga. Sebab, lemari es dengan tipe ini umumnya akan mengambil air secara langsung dari sumbernya.

4. Meletakkan kulkas terlalu mepet dengan dinding dan atau kabinet

Kesalahan lain yang sering terjadi saat menempatkan kulkas adalah meletakkannya mepet dengan dinding atau kabinet, baik itu di atas, di samping maupun di belakang alat elektronik ini. Jika Anda ingin lemari es Anda awet, maka pastikan jarak antara barang elektronik ini dengan benda-benda di sekitarnya sekitar 10 cm, ya.

5. Meletakkan kulkas dengan paparan panas

Kesalahan umum saat meletakkan kulkas yang ke-5 adalah dengan meletakkan alat elektronik ini dekat dengan sumber panas. Sumber panas di sini ada dua, yaitu alat elektronik, seperti kompor dan microwave yang memancarkan gelombang panas dan paparan panas matahari secara langsung.

Oleh karena itu, lemari es sebaiknya tidak diletakkan di dekat jendela atau pintu yang menghadap ke halaman, dan tidak diletakkan di bawah atap yang terbuat dari seng. Sebab berbeda dengan bahan-bahan lainnya, atap seng cenderung lebih mudah menghantarkan panas.

6. Tidak berkonsultasi dengan teknisi

Banyak lemari es yang saat ini dilengkapi dengan roda, sehingga lebih mudah dipindahkan. Namun demikian, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan teknisi supaya tidak salah penempatan maupun perawatan. Hal ini khususnya jika Anda membeli lemari es ukuran besar atau 4 pintu.

Pertimbangkan juga menggunakan fasilitas pemindahan kulkas yang disediakan oleh toko elektronik. Selain lebih praktis, keahlian teknisi yang dipekerjakan oleh pihak toko juga penting dalam proses instalasi kulkas pertama kali.

7. Kulkas langsung dinyalakan

Setelah proses pemasangan selesai, kulkas jangan langsung dinyalakan. Tunggu hingga 24 jam supaya oli kompresor alat elektronik ini bisa kembali ke lokasi semula dari yang awalnya berpindah saat proses pengangkutan kulkas dari toko ke rumah.

Setelah 24 jam, baru nyalakan kulkas, Tapi ingat, diamkan alat elektronik ini selama kurang lebih 2 jam terlebih dahulu supaya udara dinginnya bisa merata dan konsisten ke seluruh bagian lemari es. Baru setelah itu, lemari es ini siap untuk diisi. Buka tautan artikel berikut untuk mengetahui cara efektif mengisi kulkas.

Nah, jika Anda sedang mencari kulkas dengan fitur lengkap dan mudah ditempatkan di rumah atau apartemen, AQR-IG685AMT(GB) dari AQUA Elektronik adalah jawabannya. Dengan dimensi 905*697*1775 milimeter (lebar, kedalaman dan tinggi), lemari es yang satu ini memiliki kapasitas hingga 598 liter dan dilengkapi dengan kontrol menggunakan smartphone. Warnanya yang hitam legam cocok untuk dipadukan dengan perabotan dapur lainnya dengan warna apapun. AQR-IG685AMT(GB) dapat menjadi solusi lemari es minimalis untuk rumah Anda.



AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003