Butuh Waktu Berapa Lama Kulkas Baru Boleh Dinyalakan?

kulkas

Memiliki perangkat elektronik baru memang menghadirkan suasana menyenangkan di rumah. Rasa senang tersebut tentu harus diimbangi wawasan yang memadai tentang proses perawatan elektronik sejak pertama kali dipakai.

Salah satu kekeliruan yang sering dilakukan banyak orang adalah langsung menyalakan kulkas baru. Padahal, ada ketentuan khusus tentang berapa lama kulkas baru boleh dinyalakan karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja kulkas.

Bukan hanya penggunaan kulkas baru yang wajib dilakukan secara cermat, kulkas lama pun membutuhkan perlakuan yang sama setelah posisinya dipindahkan. Selengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini

Berapa Lama Kulkas Baru Boleh Dinyalakan?

Waktu yang diperlukan sebelum menyalakan kulkas baru sebenarnya tergantung pada beberapa faktor, di antaranya:

1. Setelah Dipindahkan dalam Posisi Berdiri

Jika kulkas baru tersebut dalam posisi tegak atau vertikal selama proses pengiriman hingga pemasangan, maka kulkas baru bisa dinyalakan setelah 2-4 jam.

2. Setelah Dipindahkan dalam Posisi Miring atau Horizontal

Jika kulkas dipindahkan dalam posisi miring atau horizontal saat dalam pengiriman, maka kulkas baru bisa dinyalakan setelah (kurang lebih) 24 jam.

Tentunya, rekomendasi waktu di atas adalah saran secara general. Untuk lebih spesifik, Anda dapat melihat pada buku manual untuk model kulkas yang Anda pakai. Selain itu, penentuan jeda waktu juga bisa berbeda-beda tergantung ukuran kulkas, durasi pengangkutan, dan jarak perpindahan. Ukuran kulkas yang ekstra besar, durasi pengangkutan yang lama, serta jarak perpindahan yang jauh membuat Anda wajib meluangkan waktu lebih lama sebelum menyalakan kulkas.

Mengapa Kulkas Tidak Boleh Langsung Dinyalakan Setelah Dipindahkan?

Pertanyaan tentang berapa lama kulkas baru boleh dinyalakan bukanlah hal aneh dalam proses pemakaian kulkas. Faktanya, kulkas baru maupun kulkas lama yang dipindahkan tentu mengalami guncangan ketika berpindah posisi.

Proses tersebut rentan membuat oli kompresor berpindah bahkan rentan bocor mencapai sistem pendinginan. Semakin jauh jarak tempuh atau semakin lama durasi pengangkutan, maka semakin besar pula risiko perpindahan oli kompresor.

Oleh karena itu, kulkas yang baru dipindahkan harus didiamkan sejenak dalam posisi tegak di tempat yang Anda inginkan. Meskipun terkesan sederhana, ketersediaan jeda waktu penting untuk memastikan oli kompresor telah kembali ke posisi semula.

Bila Anda tergesa-gesa menyalakan kulkas yang baru dipindahkan, kemungkinan besar oli kompresor masuk ke sistem pendinginan lalu menyumbat sirkulasi freon.

Persiapan Apa yang Harus Dilakukan saat Menggunakan Kulkas Baru?

Bukan hanya bujet yang mesti Anda siapkan untuk membeli kulkas baru. Anda juga wajib melakukan beberapa persiapan ini sewaktu hendak menggunakan kulkas baru.

1. Posisi kulkas yang tepat

Pastikan bahwa Anda sudah memiliki kapasitas ruangan yang sesuai dengan ukuran kulkas pilihan Anda. Lakukan perbandingan antara ukuran ruangan dan dimensi kulkas secara teliti sebelum membeli.

Langkah awal ini tentu membuat Anda tidak kesulitan meletakkan kulkas baru pada posisi yang Anda inginkan. Jangan lupa menyisakan jarak kurang lebih 10 cm antara kulkas dan dinding supaya sirkulasi udara bodi kulkas senantiasa lancar.

2. Bersihkan bagian dalam dan luar kulkas

Setelah kulkas diletakkan pada posisi yang tepat, selanjutnya Anda bisa bergegas membersihkan seluruh bagian kulkas. Gunakan campuran air dengan sabun cuci piring untuk membasuh bagian dalam dan luar kulkas.

Kebersihan bagian dalam kulkas sangat penting agar makanan dan minuman yang Anda simpan senantiasa higienis serta tahan lama. Gunakan lap micro fiber yang bersih sehingga tidak menimbulkan goresan pada permukaan kulkas. Jangan lupa mempertimbangkan berapa lama kulkas baru boleh dinyalakan sebelum Anda mulai menyambungkan kulkas dengan sumber listrik.

3. Atur suhu kulkas dan freezer yang ideal

Suhu ideal kulkas berkisar antara 1,70C hingga 3,30C, sedangkan suhu ideal freezer di bawah -170C. Besaran suhu tersebut efektif mencegah pembusukan dan mengurangi risiko perkembangbiakan bakteri. Berbagai bahan makanan, minuman, maupun benda lainnya yang disimpan di kulkas jadi lebih awet dalam ambang suhu tersebut.

4. Kosongkan kulkas terlebih dahulu selama kurang lebih 2 jam

Setelah Anda menyalakan kulkas, tunggulah kurang lebih 2 jam sebelum menyimpan makanan atau minuman di dalamnya. Usahakan untuk tidak buka tutup pintu kulkas maupun freezer dalam kurun waktu 2 jam tersebut agar distribusi udara dinginnya lekas merata. Kalau bagian dalam kulkas sudah dingin sempurna sesuai dengan suhu yang Anda inginkan, barulah Anda bisa mulai mengisinya sesuai kapasitas.

Kesalahan Umum Saat Menggunakan Kulkas Baru

Agar kulkas baru Anda lebih awet, berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat menggunakan kulkas baru:

1. Langsung menyalakan kulkas setelah dibeli

Kenapa kulkas baru tidak boleh langsung dinyalakan? Hal ini karena kulkas bekerja dengan menggunakan refrigerant yang mengalir melalui pipa di dalam sistem pendinginan. Saat kulkas dipindahkan atau dimiringkan waktu pengiriman/pemindahan barang dari toko, cairan refrigerant dapat bergerak dan tidak berada pada posisi yang seharusnya.

Nah, jika kulkas langsung dinyalakan setelah dibeli, maka refrigerant tersebut bisa saja belum berada di tempat seharusnya. Hal ini bisa mengakibatkan penurunan efisiensi pendinginan. Inilah mengapa, Anda perlu menunggu beberapa jam (kurang lebih 2-4 jam) agar refrigerant tersebut kembali ke posisi yan tepat dalam sistem.

2. Menaruh kulkas terlalu dekat dengan dinding

Hal selanjutnya yang tidak disarankan saat menggunakan kulkas baru adalah tidak menyisakan ruang belakang kulkas. Hal ini penting untuk mencegah overheating, sehingga panas dari kondensor dapat dikeluarkan dengan efektif. Tidak hanya itu, pemberian jarak ini juga berfungsi agar kulkas menjadi lebih awet dan lebih efisien energi. Lantas, berapa jarak ideal antara kulkas dengan dinding? Umumnya, jarak 5-10 cm di belakang kulkas sudah cukup untuk memberi ventilasi dan memungkinkan udara panas yang dikeluarkan oleh kondensor dibuang dengan efektif.

3. Peletakan yang salah

Saat meletakkan kulkas, pastikan posisinya tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak dekat pula dengan perabotan-perabotan yang memiliki sumber panas, seperti oven dan kompor. Selain itu, kulkas juga harus ditempatkan pada permukaan yang rata.

Apa yang Terjadi Jika Menyimpan Makanan saat Kulkas Belum Dingin?

Sebaiknya Anda mengurungkan niat menyimpan makanan saat kulkas belum dingin karena hal sepele tersebut bisa menyebabkan berbagai hal negatif. Makanan yang Anda simpan jadi lebih mudah basi karena bagian dalam kulkas belum dialiri udara dingin secara maksimal.

Di samping itu, aroma makanan yang tajam pasti menyebar ke seluruh bagian dalam kulkas. Aroma yang terperangkap dalam waktu lama akan berubah jadi bau tak sedap yang sulit dihilangkan meskipun kulkas dibersihkan.

Setelah mengetahui berapa lama kulkas didiamkan setelah dipindahkan, tunggu sejenak saat kulkas baru dinyalakan sehingga kondisinya cukup dingin untuk menyimpan makanan dan minuman.

Sekarang, Anda pasti makin mantap membeli kulkas baru yang canggih karena sudah memahami cara pengoperasian yang benar bahkan sebelum mulai digunakan. AQUA Elektronik telah menyiapkan rekomendasi Kulkas AQR-695IM untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seri kulkas side by side berkapasitas 630 liter[GU1] ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan sebagai berikut:

  • New Sterilization Technique: H-Deo menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri.
  • Revolutionizing Technology: Inovasi HCS-Plus meningkatkan sifat antioksidan, menjaga kesegaran lebih lama dengan teknik kontrol oksigen, dan 90% lebih efektif menjaga kelembapan buah serta sayuran.
  • Antibacterial Panel Odor: mencegah penyebaran bakteri hingga 99,9% dengan menghindari kontaminasi silang dari luar ke dalam sehingga menciptakan lingkungan makanan yang aman dan bersih.
  • Twin Inverter Technology: mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan sehingga kulkas lebih cepat dingin sekaligus mendukung penghematan listrik secara stabil.
  • Vacuum Foaming: busa padat AQUA Vacuum Foam yang meningkatkan efisiensi pendinginan dengan mengurangi risiko kehilangan udara dingin.
  • Precise Multi Flow: proses pembekuan lebih cepat dan rasa lebih segar dengan sistem aliran multi flow yang mempertahankan nutrisi serta tekstur makanan dalam freezer.
  • TOP LED: pencahayaan sejuk yang tidak menghasilkan panas di dalam lemari es sehingga memberikan tampilan terang sekaligus mengurangi hilangnya udara dingin.
  • Flexible Shelves: ketinggian rak dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan yang berbeda. Mudah diatur, dibongkar, dan dibersihkan.
  • 950 Anti-Tipping Bottle Holder: dirancang untuk menyimpan botol dengan aman di tempatnya bahkan saat Anda membuka pintu. Tak ada lagi tumpahan air atau botol yang miring di dalam kulkas.

Semua kecanggihan pada Kulkas AQR-695IM tentu membuat Anda semakin yakin memilihnya sebagai lemari pendingin andalan. Segera dapatkan kulkas AQUA Elektronik yang canggih ini dan rasakan sendiri manfaatnya untuk mendukung kebutuhan rumah tangga Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003