Cara Buat Home Theater di Rumah Sesuai Budget

home teather

Saat ini membawa pengalaman menonton film di bioskop ke rumah bukan lagi hal yang mustahil. Pasalnya, dengan teknologi terbaru, seperti smart T, speaker terbaik, hingga aplikasi over the top, seperti Netflix membuat hampir semua film bisa disaksikan di rumah.

Adanya home theatre di dalam rumah membuat Anda dan keluarga tidak harus ke bioskop untuk menonton film dengan kualitas audio terbaik, kecuali jika ingin menonton film yang memang baru rilis di bioskop. Selain itu, dengan adanya ruangan ini, Anda juga dapat menjamu tamu dan teman-teman Anda dengan pengalaman berkunjung yang tiada duanya.

Hanya saja untuk membangun satu set home theater ini memang dibutuhkan anggaran yang lumayan. Berikut ini tips cara membuat home theater di rumah sesuai dengan budget:

1. Tentukan Ruangan yang Pas

Menentukan ruangan yang pas untuk home theatre adalah hal yang penting. Pertama, karena ukuran ruangan menentukan ukuran TV yang akan digunakan serta menentukan jumlah dan ukuran kursi yang harus dipasang. Ingat, untuk pengalaman maksimum, jarak antara TV dan kursi atau sofa harus diperhatikan dengan detail.

Selain itu, ruangan untuk home theater umumnya merupakan ruangan yang gelap. Bahkan di luar negeri, tidak jarang menggunakan basement untuk keperluan ini. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, sebab pada dasarnya home theater bisa dibuat di ruangan apa saja, bisa di ruang tamu, tempat tidur atau bahkan garasi.

Jika membutuhkan ruangan dengan nuansa yang gelap, Anda bisa menyiasatinya dengan membeli gorden khusus yang bisa menutupi semua area jendela dan pintu agar tidak ada cahaya yang masuk.

2. Buat Daftar Alat yang Harus Dibeli dan Harganya

Untuk menentukan budget home theater, Anda harus bisa membuat daftar alat yang akan dibeli beserta perkiraan harganya. Alat ini tidak hanya TV, speaker dan alat tayangan lainnya, tetapi juga termasuk pelapis dinding, supaya suara dari TV tidak mengganggu orang lain dan tentunya gorden dan sofa untuk pengalaman nonton maksimal.

Tidak perlu langsung membeli barang dengan teknologi terkini, Anda juga bisa membeli alat elektronik dengan kualitas yang biasa saja tapi harganya masih terjangkau. Hal ini tentunya dengan catatan bahwa suatu saat Anda bisa membeli alat dengan kualitas yang lebih baik lagi (upgrade).

3. Membeli Produk Bekas

Salah satu cara untuk menyiasati budget yang terbatas adalah dengan membeli produk bekas yang masih berkualitas baik. Anda bisa mencari berbagai komponen bekas untuk home theater Anda dengan berselancar di media sosial atau atau platform jual beli barang bekas lainnya. Tapi ingat, cek dulu kondisinya sebelum membeli.

Tidak hanya lebih hemat, barang bekas juga akan lebih mudah di-upgrade begitu Anda ingin meningkatkan kualitas home theater rumah Anda. Pasalnya, harganya jauh lebih murah dibandingkan kalau beli baru. Namun agar cepat laku, pastikan alat tersebut dirawat dengan baik ya.

4. Sediakan Fitur Pendukung Agar Home Theater Semakin Menarik

Agar pengalaman menyaksikan film kesayangan semakin menyenangkan, Anda juga bisa menyediakan fitur tambahan di home theatre rumah Anda. Fitur tambahan tersebut, seperti poster film kesayangan di dinding, coffee table untuk meletakkan camilan saat menonton film atau bahkan popcorn bar untuk mengambil popcorn ketika dibutuhkan.

Dijamin dengan berbagai fitur pendukung ini, teman-teman Anda akan semakin rajin mengunjungi home theater tersebut dan rumah Anda jadi tidak sepi lagi.

5. Berlangganan OTT Tertentu Saja

Tentu Anda ingin menyaksikan film apapun yang Anda mau. Tapi masalahnya adalah untuk langganan aplikasi tersebut dibutuhkan biaya juga. Apalagi jika Anda tidak hanya menggunakannya di handphone saja, tapi di TV juga. Tentu, paket langganan yang harus dipilih akan lebih mahal.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan berlangganan aplikasi OTT tertentu saja. Tentukan mana aplikasi yang menayangkan lebih banyak film atau acara favorite Anda dan berlangganan aplikasi tersebut saja. Baru ketika budget Anda meningkat, Anda bisa berlangganan aplikasi lain.

6. Menggunakan Google TV

Ingin pengalaman menyaksikan film di home theatre rumah semakin maksimal? Gunakan Google TV atau Android TV. Berbeda dengan jenis televisi lainnya, dengan Google TV, Anda tidak hanya bisa menyaksikan tayangan dari kanal TV nasional, tetapi juga bisa menyaksikan film yang hanya tayang di aplikasi OTT, seperti Netflix atau Disney+.

TV AQUA AQT50K800UX

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai aplikasi yang Anda butuhkan dari Google Play. Oleh karena itu, TV ini tidak hanya cocok untuk nonton film atau series, tetapi juga pas untuk dipakai bermain game.

AQUA Elektronik menghadirkan salah satu Google TV kualitas terbaik, yaitu AQT50K800UX. Sesuai dengan namanya, televisi yang satu ini berukuran 50 inci, sehingga cocok untuk dipasang di home theatre ukuran kecil. Meskipun demikian, TV yang satu ini memiliki resolusi 4K HDR, sehingga gambar yang dihadirkan sangat tajam dan detail.

Lengkapi pengalaman menonton film kesayangan Anda di rumah dengan televisi kualitas terbaik dari AQUA Elektronik. Karena dengan AQUA Elektronik, pengalaman menonton film di bioskop bisa dibawa ke rumah.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003